9 Manfaat Bermain Catur Ini Baik untuk Kesehatan Otak


Manfaat bermain catur untuk kesehatan otak dan mental tidak banyak diketahui orang-orang. Permainan yang melibatkan dua orang ini dipercaya bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

(0)
20 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bermain catur untuk kesehatan mental sangatlah beragam. (Sumber foto: https://www.instagram.com/netflix/)Manfaat bermain catur sangat beragam, salah satunya meningkatkan daya ingat. (Sumber foto: https://www.instagram.com/netflix/)
Sudahkah Anda menonton serial The Queen's Gambit yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy? Ya, film ini menceritakan tentang seorang wanita yang berambisi untuk menjadi pemain catur terbaik di dunia. Ternyata, bermain catur itu ada banyak manfaatnya!Manfaat bermain catur tidak hanya sebatas menghilangkan kebosanan saja. Permainan papan strategi yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini dipercaya bisa menjaga kesehatan otak dan mental para pemainnya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari catur?

9 manfaat bermain catur untuk kesehatan otak dan mental

Bermain catur dianggap memiliki segudang manfaat, mulai dari menjaga daya ingat, meningkatkan kecerdasan, mengasah kreativitas, hingga mencegah demensia. Bagi Anda para pencinta catur, mari kenali lebih jauh seputar manfaat bermain catur bagi kesehatan otak dan mental.

1. Melatih diri untuk melihat dari sudut pandang orang lain

Setiap pemain catur akan dituntut untuk mengantisipasi gerakan lawannya. Untuk memprediksi strategi lawannya, pemain catur harus belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain.Para peneliti menyebut kemampuan ini sebagai theory of mind. Kemampuan ini sangat penting untuk membangun rasa empati dan hubungan sosial yang sehat.

2. Meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah studi, dibuktikan bahwa pemain catur lebih pandai dalam mengingat kembali kata-kata yang pernah didengar, dibandingkan orang yang tidak bermain catur sama sekali.Selain itu, bermain catur dipercaya dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat dan mengenali pola visual.

3. Meningkatkan kecerdasan

Manfaat bermain catur sangatlah beragam, salah satunya meningkatkan daya ingat
Manfaat bermain catur dapat tingkatkan kecerdasan
Orang yang sudah berpengalaman bermain catur ternyata memiliki kemampuan berpikir pada dua bidang, yakni fluid intelligence dan processing speed.Fluid intelligence adalah kemampuan untuk mempertimbangkan masalah baru dan menggunakan nalar dalam menyelesaikannya. Sedangkan processing speed adalah kemampuan untuk memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien.Sebuah riset membuktikan, para pemain catur yang sudah berpengalaman memiliki kedua kemampuan berpikir ini.

4. Mengasah kreativitas

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji kemampuan berpikir kreatif pada dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih catur, sedangkan satunya lagi tidak. Di dalam tes tersebut, para siswa diminta untuk menafsirkan pola dan makna dalam bentuk abstrak.Hasilnya, para siswa yang sudah terlatih bermain catur mendapatkan nilai yang lebih baik dalam ujian. Para peneliti menyimpulkan bahwa catur dapat melatih kemampuan berpikir yang berbeda dan kreatif.

5. Melatih kemampuan untuk membuat perencanaan

Permainan catur dapat berlangsung selama berjam-jam, di mana para pemainnya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat perencanaan strategi agar bisa mengalahkan lawannya.Di dalam sebuah riset, peneliti membuktikan bahwa mereka yang sering bermain catur mampu membuat perencanaan yang lebih baik, dibandingkan partisipan yang jarang bermain catur.Selain itu, para peneliti juga menyadari bahwa partisipan yang sering bermain catur membutuhkan waktu lebih lama dalam membuat sebuah perencanaan.

6. Mencegah penyakit demensia

Para peneliti menemukan hubungan antara bermain catur dengan penurunan risiko penyakit demensia.Dalam sebuah studi yang dirilis dalam The New England Journal of Medicine, orang-orang berusia 75 tahun ke atas yang terlibat dalam aktivitas santai, seperti bermain catur, cenderung mengalami penundaan berkembangnya gejala demensia dibandingkan mereka yang tidak bermain catur.

7. Meredakan gejala ADHD

Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi medis yang umumnya dialami oleh anak-anak. Anak laki-laki lebih berisiko mengidapnya kondisi ini. Biasanya, ADHD akan terlihat di tahun awal sekolah.Dalam sebuah studi, bermain catur ternyata dianggap sebagai cara efektif untuk meredakan gejala ADHD pada anak-anak. Para pasien ADHD yang ikut dalam studi tersebut mengalami penurunan gejala ADHD sebanyak 41 persen setelah bermain catur.

8. Meredakan serangan panik

Manfaat bermain catur dipercaya bisa meredakan serangan panik
Bermain catur dipercaya bisa meredakan serangan panik
Di dalam sebuah riset, para partisipan yang pernah mengalami serangan panik diminta untuk bermain catur lewat aplikasi di smartphone. Hasilnya, mereka mampu mendapatkan ketenangan dan meredakan serangan panik.Di dalam permainan catur elektronik itu, para partisipan direkomendasikan untuk menemukan tingkat kesulitan yang mampu mendistraksi mereka dari perasaan panik.Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat bermain catur yang satu ini.

9. Baik untuk perkembangan kognitif dan mental anak

Ternyata, manfaat bermain catur pun juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Sebuah studi juga menyatakan kalau bermain catur dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, sosialisasi, dan cara berpikir pada anak-anak.

Catatan dari SehatQ:

Catur adalah salah satu permainan strategi yang dapat mengasah kemampuan otak. Jika Anda belum pernah mencobanya, mintalah seseorang yang sudah mahir untuk mengajarkan Anda.Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak olahraga yang baik untuk kesehatan, langsung saja bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan mentaladhdgangguan panikmainan anak
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-playing-chess#develops-perspective
Diakses pada 6 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6617066/#:~:text=Researchers%20have%20found%20a%20link,and%20other%20debilitating%20mental%20illnesses.
Diakses pada 6 November 2020
Web MD. https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/attention-deficit-hyperactivity-disorder-adhd
Diakses pada 6 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait