10 Manfaat Buah Anggur Hijau, Mulai dari Jaga Berat Badan Hingga Cegah Kanker


Manfaat buah anggur hijau berasal dari nutrisi yang dikandungnya. Khasiat anggur hijau terbukti turunkan tekanan darah hingga menurunkan risiko penyakit kanker.

0,0
Manfaat buah anggur hijau berasal dari nutrisinyaManfaat buah anggur hijau bisa Anda dapatkan dari nutrisi yang terkandung
Manfaat buah anggur hijau perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan.
Dengan nutrisinya, khasiat anggur hijau baik untuk melindungi tubuh dari beragam risiko penyakit sekaligus meningkatkan kualitas fungsi tubuh.Untuk itu, Anda perlu mengetahui gizi yang terkandung pada anggur hijau.

Kandungan nutrisi anggur hijau

Anggur hijau kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan
Anggur hijau kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan
Supaya maksimal mendapat manfaat buah anggur hijau, tentu Anda harus memahami kandungan gizi pada anggur hijau. Lantas, buah anggur banyak mengandung vitamin apa saja? Dalam 100 gram buah anggur ijo mengandung mineral dan vitamin berupa:
  • Air: 80,5 gram
  • Kalori: 69 kkal
  • Protein: 0,72 gram
  • Lemak: 0,16 gram
  • Karbohidrat: 18,1 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Gula: 15,5 gram
  • Kalsium: 10 mg
  • Magnesium: 7 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalium: 191 mg
  • Zat besi: 0,36 mg
  • Vitamin C: 3,2 mg
  • Folat: 2 mcg
  • Beta-karoten: 39 mcg
  • Alfa-karoten: 1 mcg
  • Vitamin A: 66 IU
  • Lutein+Zeaxanthin: 72 mcg
  • Vitamin K: 14,6 mcg
  • Vitamin E: 0,19 mg

Manfaat buah anggur hijau

Tidak hanya buah anggur merah dan buah anggur hitam yang sehat untuk dikonsumsi.Sebagai makanan yang sehat, khasiat buah anggur hijau yang bisa Anda dapatkan:

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat buah anggur hijau bantu turunkan tekanan darah
Manfaat buah anggur hijau bantu turunkan tekanan darah
Manfaat buah anggur hijau adalah untuk menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Sebab, anggur hijau mengandung kalium dan serat.Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, natrium dalam darah akan larut dan dibuang melalui urine. Natrium diketahui mampu meningkatkan tekanan darah.Studi yang diterbitkan International Journal of Cardiology menemukan bahwa kalium mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga sebesar sebesar 4,48 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 2,96 mmHg.Riset dari PLos One menemukan bahwa asupan kalium adalah salah satu penanganan hipertensi yang aman tanpa efek samping.Sementara itu, studi dari Archives of Internal Medicine menemukan bahwa serat dari buah mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 1,13 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 1,26 mmHg. 

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Kaya mineral penyusun tulang, khasiat anggur hijau baik untuk kurangi risiko osteoporosis
Kaya mineral penyusun tulang, khasiat anggur hijau baik untuk kurangi risiko osteoporosis
Siapa sangka, selain olahan susu, ternyata anggur hijau juga mampu menjaga kesehatan tulang. Khasiat anggur hijau ini bisa didapat dari kandungan vitamin K, kalsium, fosfor, dan magnesiumnya.Menurut temuan terbitan Nutrition Journal, kalsium dan fosfor berguna untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Sebab, fosfor adalah salah satu komponen mineral yang menyusun tulang.Riset ini juga menyatakan bahwa asupan fosfor dan kalsium dari anggur hijau yang memadai dapat mengurangi risiko osteoporosis.Di sisi lain, studi yang dipublikasikan pada jurnal Nutrients menemukan bahwa asupan magnesium mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, terutama kelompok usia menengah hingga lanjut.Terbukti, magnesium juga mampu meningkatkan massa otot rangka, kekuatan genggaman, serta menghambat sarkopenia, yaitu massa otot yang hilang seiring pertambahan usia.Nah, kandungan vitamin K dalam anggur ijo membantu mengaktifkan protein yang berkaitan dengan pembentukan tulang agar tetap kuat.Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition juga mengungkap bahwa kekurangan asupan vitamin K berisiko meningkatkan pengeroposan tulang yang memperbesar risiko patah tulang pinggul pada perempuan.

3. Menjaga kesehatan mata

Beta-karoten, vitamin, A, serta lutein dan zeaxanthin pada anggur hijau bantu jaga kesehatan mata
Beta-karoten, vitamin, A, serta lutein dan zeaxanthin pada anggur hijau bantu jaga kesehatan mata
Manfaat buah anggur hijau lainnya adalah agar mata tetap sehat. Sebab, anggur hijau kaya akan vitamin A serta beta-karoten. Beta-karoten adalah provitamin A yang akan diubah ke dalam vitamin A di dalam tubuh.Vitamin A berguna untuk menjaga fungsi kornea untuk mengatur fokus pandangan. Vitamin A juga mampu melindungi selaput lapisan mata agar tetap lembap sehingga mata bisa membuka dan menutup dengan lancar. Ditambah lagi, asupan makanan tinggi vitamin A membantu kerja selaput lendir mata lebih efektif melindungi mata dari iritasi akibat dari debu dan kotoran penyebab infeksi.Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Molecules menemukan bahwa lutein dan zeaxanthin bekerja sebagai antioksidan untuk menyaring cahaya biru yang membahayakan retina. Lutein dan zeaxanthin juga mampu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah anggur hijau membanu mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit
Manfaat buah anggur hijau membanu mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit
Manfaat buah anggur hijau terbukti membuat kulit lebih sehat karena kandungan resveratrol, vitamin C, dan vitamin E-nya.Dikutip dari jurnal Natural Medicine Journal, resveratrol adalah antioksidan yang berguna untuk mengurangi garis halus, kerutan, serta memperbaiki warna kulit akibat paparan radikal bebas.Anggur hijau juga mengandung vitamin C yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, sementara membantu meningkatkan produksi kolagen.Efeknya, kulit jadi tidak mudah berkerut dan timbul garis halus, lebih lembap dan kenyal, dan bisa sembuh dari luka dengan lebih cepat.Sementara itu, kandungan vitamin E di dalam anggur membantu kulit menghasilkan minyak alami (sebum) sehingga kelembapannya tetap terjaga dari dalam.

5. Menjaga berat badan

Resveratrol di dalam anggur hijau bantu kurangi berat badan berlebih
Resveratrol di dalam anggur hijau bantu kurangi berat badan berlebih
Menurut temuan yang diterbitkan pada jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, resveratrol dalam anggur hijau juga mampu mengurangi berat badan dan lemak tubuh secara dramatis, yang dapat berimbas pada penurunan skor indeks massa tubuh (BMI) Anda.Penelitian ini beranggapan bahwa resveratrol berpotensi mendongkrak manfaat buah anggur hijau untuk mengurangi risiko obesitas.Selain itu, kandungan flavonoid pada anggur hijau mampu membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

6. Mengurangi risiko kanker

Senyawa fenolik pada anggur hijau tangkal radikal bebas penyebab sel kanker
Senyawa fenolik pada anggur hijau tangkal radikal bebas penyebab sel kanker
Khasiat anggur hijau  yang satu ini berasal dari kulit dan bijinya. Ya, kulit anggur terbukti kaya akan senyawa fenolik yang bekerja sebagai antioksidan.Nantinya, senyawa fenolik ini membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker hingga mematikan sel kanker. Hal ini pun dipaparkan dalam riset terbitan Journal of Oncology.

7. Menurunkan stres

Magnesium di dalam anggur hijau terbukti bantu redakan stres dan cemas
Magnesium di dalam anggur hijau terbukti bantu redakan stres dan cemas
Manfaat buah anggur hijau ternyata mampu menenangkan Anda saat stres. Kandungan magnesium pada anggur hijau membantu kerja otak agar mengurangi stres dan kecemasan.Magnesium bekerja memengaruhi bagian otak hipotalamus yang mampu memunculkan respon terhadap stres. Hal ini pun dipaparkan dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Neuropharmacology.

8. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Manfaat buah anggur hijau adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Manfaat buah anggur hijau adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Temuan yang dikutip dari jurnal Lipids in Health and Disease menemukan bahwa resveratrol dalam anggur hijau terbukti bantu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh.Sebab, resveratrol terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kadar kolesterol tubuh berkurang.

9. Meningkatkan kesehatan hati (liver)

Antioksidan pada anggur hijau bantu cegah peradangan dan kerusakan liver
Antioksidan pada anggur hijau bantu cegah peradangan dan kerusakan liver
Manfaat buah anggur hijau juga terbukti baik untuk menjaga kesehatan hati. Sebab, anggur mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kadar antioksidan pada hati, dan mencegah kerusakan hati.Riset dari Saudi Journal of Gastroenterology juga menemukan bahwa pemberian ekstrak biji anggur mampu memperbaiki fungsi liver pada penderita perlemakan hati pada orang yang non-alkoholik.Sayangnya, penelitian ini menggunakan suplemen ekstrak biji anggur hijau alih-alih mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh.

10. Menjaga kesehatan otak

Manfaat buah anggur hijau bagus untuk cegah Alzheimer dan demensia
Manfaat buah anggur hijau bagus untuk cegah Alzheimer dan demensia
Manfaat buah anggur hijau satu ini berasal dari kandungan senyawa polifenolnya.Penelitian dari Frontiers in Pharmacology membuktikan bahwa polifenol adalah antioksidan yang berfungsi melindungi otak dari kerusakan saraf akibat radikal bebas, terutama pada orang lanjut usia.Selain itu, polifenol juga mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi, berbahasa, dan ingatan pada kelompok usia lanjut.Oleh karena itu, khasiat buah anggur hijau ini dikatakan berpotensi bagus untuk orang yang telah mengalami tanda-tanda awal Alzheimer dan demensia.

Batas konsumsi anggur hijau yang aman

Dalam sehari, asupan anggur hijau yang aman sebanyak 16 butir
Dalam sehari, asupan anggur hijau yang aman sebanyak 16 butir
Dilihat, dari nutrisinya, manfaat buah anggur hijau baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit tertentu.Karena itu, ada hasrat untuk mengonsumsi anggur dalam jumlah yang banyak. Lantas, bolehkah makan anggur setiap hari?Sebenarnya, boleh saja. Namun, pastikan jumlahnya tidak melebihi 16 butir anggur hijau per hari. Bila terlalu banyak, asupan kalori dapat meningkat drastis karena buah anggur juga tinggi gula alami.

Perbandingan kualitas anggur merah, hitam, dan hijau

Anggur hitam dan merah mengandung resveratrol lebih banyak daripada anggur hijau
Anggur hitam dan merah mengandung resveratrol lebih banyak daripada anggur hijau
Di antara ketiga warna tersebut, mana yang lebih bagus antara anggur merah, anggur hitam, atau hijau? Rupanya, anggur merah dan hitam lah yang lebih sehat.Terbukti, warna merah dan hitam pada kulit anggur ternyata lebih banyak mengandung resveratrol sebagai antioksidan daripada anggur hijau. Namun, secara umum, perbedaan nutrisi di dalam ketiga jenis anggur ini tidak terlalu berbeda.Untuk itu, dianjurkan untuk tidak mengelupas kulit anggur saat dikonsumsi agar asupan resveratrol Anda tidak berkurang. Resveratrol paling tinggi ditemukan pada kulit anggur, lho!

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah anggur hijau bisa Anda nikmati secara maksimal bila dikonsumsi secara utuh. Agar khasiat anggur hijau bisa lebih optimal, pastikan Anda juga menjalani pola hidup sehat, seperti olahraga cukup, hindari alkohol dan rokok, serta konsumsi makanan sehat lainnya.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait manfaat makan buah secara umum, Anda bisa konsultasikan dengan dokter gizi atau ahli gizi Anda.Anda juga bisa chat dokter untuk mendapatkan tips-tips menjalani pola hidup sehatmelalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatcamilan sehatkesehatan otakkesehatan kulithipertensikolesterolkesehatan tulanghidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/174683/nutrients Diakses pada 2 Juni 2021Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-green-grapes Diakses pada 2 Juni 2021American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure Diakses pada 2 Juni 2021International Journal of Cardiology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28024910/ Diakses pada 2 Juni 2021PLos One. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5395164/ Diakses pada 2 Juni 2021Archives of Internal Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15668359/ Diakses pada 2 Juni 2021Nutrition Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4389665/ Diakses pada 2 Juni 2021Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5707661/ Diakses pada 2 Juni 2021Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/do-you-need-vitamin-k-supplements-for-your-bone-health/ Diakses pada 2 Juni 2021The American Journal of Clinical Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12540415/ Diakses pada 2 Juni 2021American Optometric Association. https://www.aoa.org/news/clinical-eye-care/health-and-wellness/vitamin-a-good-for-the-eyes?sso=y Diakses pada 2 Juni 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/cornea-definition-3422145 Diakses pada 2 Juni 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/conjunctiva-4773408 Diakses pada 2 Juni 2021Web MD. https://www.medicalnewstoday.com/articles/252758 Diakses pada 2 Juni 2021Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6154331/ Diakses pada 2 Juni 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156 Diakses pada 2 Juni 2021Natural Medicine Journal. https://www.naturalmedicinejournal.com/journal/2013-10/effects-resveratrol-and-collagen-supplementation-facial-aging Diakses pada 2 Juni 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin Diakses pada 2 Juni 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin Diakses pada 2 Juni 2021Journal of Oncology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3420094/ Diakses pada 2 Juni 2021Neuropharmacology. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0028390811003054?via%3Dihub Diakses pada 2 Juni 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/magnesium-anxiety Diakses pada 2 Juni 2021Lipids in Health and Disease. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7026982/ Diakses pada 2 Juni 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-for-your-liver Diakses pada 2 Juni 2021Saudi Journal of Gastroenterology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20616415/ Diakses pada 2 Juni 2021Frontiers in Pharmacology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5671585/ Diakses pada 2 Juni 2021Fruits and Veggies for Better Health. https://fruitsandveggies.org/expert-advice/how-many-grapes-are-you-allowed-to-eat-every-day/ Diakses pada 2 Juni 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-grapes-good-for-you Diakses pada 2 Juni 2021Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/grapes-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4111390 Diakses pada 2 Juni 2021Healthy Eating SFGate. https://healthyeating.sfgate.com/grapes-better-you-red-white-2764.html Diakses pada 2 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait