Manfaat Buah Berenuk Serta Daun dan Kulit Kayunya untuk Kesehatan


Ada banyak potensi manfaat buah berenuk, mulai dari mencegah risiko kanker sampai mempercepat penyembuhan luka. Khasiat buah berenuk didapat dari senyawa tanaman yang terkandung di dalamnya.

0,0
Manfaat buah berenuk berpotensi menjaga kesehatanManfaat buah berenuk berpotensi untuk kesehatan dan mengurangi risiko penyakit
Manfaat buah berenuk ternyata belum sepopuler buah-buahan lainnya. Bahkan, tidak sedikit orang yang masih asing dengan nama buah satu ini. Lantas, apa itu buah berenuk?
Buah berenuk adalah buah tropis yang berasal dari Meksiko dan menyebar ke Brazil melalui Amerika Tengah dan Karibia. Biasanya, pohon buah yang juga disebut calabash ini ditemukan pada tepi hutan dan semak belukar. Nama latin berenuk adalah Crescentia cujete.

Kandungan gizi buah berenuk

Tentu, khasiat buah berenuk bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisinya. Dalam satu buah berenuk, kandungan nutrisinya terdiri dari:
  • Kalori: 14 kkal
  • Karbohidrat: 3,39 gram
  • Protein: 0,62 gram
  • Total lemak: 0,02 gram
  • Serat: 0,5 gram
  • Folat: 6 gram
  • Vitamin A: 16 IU atau 4,8 mcg
  • Vitamin C: 10,1 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 150 mg
Selain itu, buah berenuk juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6.

Manfaat buah berenuk

Sebagai salah satu makanan sehat, khasiat buah berenuk yang bisa Anda dapatkan adalah:

1. Mencegah penyebaran sel kanker dan tumor

Manfaat buah berenuk berpotensi mengurangi risiko kanker dan tumor
Manfaat buah berenuk berpotensi mengurangi risiko kanker dan tumor
Manfaat buah berenuk diklaim mampu mencegah perkembangan sel kanker dan tumor. Potensi khasiat ini pernah dibuktikan oleh riset milik mahasiswa Universitas Notre Dame of Dadiangas di Filipina.Dikutip dari Philippine Council for Health Research and Development, buah berenuk terbukti mengadung senyawa tanaman flavonoid, seperti quercetin dan anthraquinone yang mampu bekerja sebagai antiangiogenic.Sifat antiangiogenic berarti menghambat tumbuh kembang pembuluh darah baru pada tubuh. Bila pertumbuhan pembuluh darah pada sel-sel ganas terhambat, asupan nutrisi menuju sel kanker dan tumor pun terhambat. Efeknya, penyebaran sel-sel ganas pun ikut terhambat.

2. Menurunkan kadar gula darah

Caption
Manfaat buah berenuk juga berpotensi mengurangi kadar gula darah puasa atau kadar gula darah ketika tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa.Sebab, kandungan cyanhindric acid, alkaloid, iridoids, pectin, dan citric acid yang diambil terbukti merangsang produksi insulin dan mendorong proses pembentukan glukosa menjadi energi. Penelitian ini diterbitkan oleh Davao Medical School Foundation.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kaya kalium, manfaat buah berenuk baik untuk jantung
Kaya kalium, manfaat buah berenuk baik untuk jantung
Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, buah berenuk kaya akan kalium. Ternyata, kalium baik agar jantung tetap sehat. Kalium membantu jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh. Jadi detak jantung pun tetap normal.Selain itu, kalium juga membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, melalui urine, kalium membuat tubuh mengeluarkan kadar natrium berlebih penyebab hipertensi.

4. Mengurangi risiko bahaya bisa ular

Manfaat buah berenuk juga berpotensi menurunkan risiko kematian akibat gigitan ular berbisa jenis Russell's Viper.Dalam riset terbitan Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, ekstrak ethanol buah berenuk sebanyak 400 mg mampu meningkatkan kemungkinan bertahan hingga 83%. Namun, manfaat ini perlu dibuktikan lebih lanjut mengingat studi masih diuji coba di laboratorium.

Manfaat daun dan kulit pohon buah berenuk

Daun berenuk bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka
Daun berenuk bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka
Tidak hanya buahnya, daun dan kulitnya pun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan adalah:

1. Mencegah bakteri

Daun dan kulit kayu tanaman berenuk mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri. Beberapa contoh di antaranya Staphyloccocus aureus, Escherichia coli, dan Salmonella typhi.

2. Mengurangi peradangan

Daun dan kulit kayu pada tanaman berenuk juga menghambat peradangan atau inflamasi.Berdasarkan hasil uji coba pada anak ayam, ekstrak daun dan kulit kayu berenuk mampu menekan pembengkakan pada tubuhnya. Namun, ini baru potensi manfaatnya sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Siapa sangka, manfaat daun berenuk mampu menyembuhkan luka pada kulit lebih cepat? Dikutip dari penelitian yang diterbitkan American Institute of Physics, daunnya kaya akan snyawa alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin.Senyawa ini membantu mengatasi bakteri agar luka tidak mengalami infeksi sehingga proses penyembuhan pun tidak terganggu.Selain itu, ekstrak daun berenuk juga mengandung senyawa yang bekerja untuk mencegah peradangan. Selain itu, manfaat daun berenuk juga mampu mengurangi pendarahan.

Cara mengolah buah berenuk

Untuk mendapatkan manfaat buah berenuk, Anda perlu mengetahui cara mengolahnya. Buah berenuk yang muda biasanya diolah menjadi acar. Bijinya pun bisa ditumbuk halus, dicampurkan dengan gula pasir dan air, lalu direbus menjadi sirup. Daun berenuk juga bisa disajikan di dalam sup.

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah berenuk memang telah dibuktikan berpotensi untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, Anda tidak bisa mengonsumsinya sebagai satu-satunya obat untuk penyakit Anda. Selalu konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui khasiat buah berenuk, manfaat buah-buahan, hingga makanan sehat lainnya.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Missouri Botanical Garden. https://www.missouribotanicalgarden.org/PlantFinder/PlantFinderDetails.aspx?taxonid=277886&isprofile=0&
Diakses pada 13 Agustus 2021
Fruits Info. https://www.fruitsinfo.com/calabash-fruit.php
Diakses pada 13 Agustus 2021
Philippine Council for Health Research and Development. https://www.pchrd.dost.gov.ph/index.php/14-r-d-updates/3132-calabash-contains-active-ingredients-potential-for-cancer-treatment
Diakses pada 13 Agustus 2021
Davao Medical School Foundation. https://www.researchgate.net/publication/326689976_Effect_of_ED90_dose_of_Calabash_Crescentia_cujete_Decoction_on_the_Blood_Sugar_Levels_of_Pre-Diabetic_Individuals
Diakses pada 13 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/heart-disease/potassium-and-your-heart
Diakses pada 13 Agustus 2021
The American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure
Diakses pada 13 Agustus 2021
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2021/6683708/
Diakses pada 13 Agustus 2021
American Institute of Physics. https://doi.org/10.1063/1.5066816
Diakses pada 13 Agustus 2021
Useful Tropical Plants. https://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Crescentia+cujete
Diakses pada 13 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait