Jarang Diketahui, Manfaat Buah Rambai Ternyata Besar, Lho!


Kandungan nutrisi pada rambai membuat buah ini berpotensi mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengobati diabetes hingga merawat kesehatan jantung.

(0)
24 Feb 2021|Rhandy Verizarie
manfaat buah rambai untuk kesehatanBuah rambai memiliki banyak manfaat berkat kandungan sejumlah nutrisi penting di dalamnya
Rambai adalah buah yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sama seperti buah pada umumnya, rambai menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah rambai untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kandungan nutrisi buah rambai

Rambai adalah buah yang berasal dari keluarga (famili) Phyllanthaceae. Buah ini tumbuh dari pohon dengan nama yang sama. Di Indonesia, rambai tersebar di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku.Buah rambai (Baccaurea motleyana) berbentuk bulat dengan diameter 2-4 cm. Kulit buahnya berwarna hijau saat masih mentah dan akan berubah kekuningan saat matang. Sementara, daging buahnya berwarna putih.Di balik rasanya yang asam manis nan menyegarkan, rambai menyimpan sejumlah manfaat bagi tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan zat yang dimilikinya, yaitu:
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Fosfor
Selain itu, studi pada tahun 2016 menemukan adanya kandungan fenolik (phenolics) pada buah yang dalam Bahasa Thailand bernama ‘mafai-farang’ ini. Fenolik sendiri merupakan senyawa antioksidan.

Manfaat buah rambai untuk kesehatan

Jika melihat kandungan nutrisi pada buah rambai, mengonsumsinya secara rutin berpotensi mendatangkan sejumlah manfaat berikut ini:

1. Mengobati diabetes

Manfaat buah rambai yang pertama adalah untuk mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit yang ditandai tingginya kadar gula darah yang terus-menerus tinggi di dalam tubuh.Menurut penelitian tahun 2018, buah rambai mengandung senyawa etanol. Setelah melalui uji coba pada tikus (mencit), buah rambai terbukti dapat meningkatkan glikogen pada organ hati (liver).Glikogen sendiri merupakan bentuk simpanan gula darah (glukosa) yang berfungsi sebagai energi cadangan.Penelitian tersebut menyebutkan bahwa peningkatan kadar glikogen dalam liver memberikan efek antidiabetik. Akan tetapi, belum dapat dipastikan apakah efek yang sama berlaku untuk manusia. 

2. Mengatasi infeksi bakteri

Tidak hanya dagingnya, kulit buah rambai ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh.Penelitian menunjukkan jika ekstrak kulit rambai mengandung fenolik yang bersifat antimikroba.Mengonsumsi ekstrak kulit rambai disebut-sebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti:
  • S. Aureus
  • B. Cereus
  • B. subtilis
  • E. coli
  • P. aeruginosa
  • P. vulgaris

3. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

Rambai juga mengandung thiamin, atau yang kita kenal sebagai vitamin B1. Adanya kandungan vitamin B1 ini membuat buah tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak dan juga sistem saraf.

4. Meminimalisir risiko kanker

Selain vitamin B1, buah rambai juga mengandung jenis vitamin B kompleks lainnya, yakni riboflavin alias vitamin B2.Studi tahun 2020 yang dirilis oleh International Journal of Molecular Sciences menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu menurunkan risiko sejumlah jenis penyakit kanker.Akan tetapi, kandungan vitamin B2 pada rambai terbilang sedikit, yakni hanya sekitar 0,09 mg per 100 gramnya berdasarkan data dari Food and Agriculture Organization (FAO).Dengan demikian, keampuhan kandungan vitamin B2 di dalam buah tersebut untuk mencegah kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menurunkan tekanan darah

Rambai adalah salah satu makanan sumber vitamin C. Data FAO menunjukkan bahwa setiap 100 gram rambai mengandung 55 mg vitamin C.Mengonsumsi buah rambai akan mendatangkan manfaat dari vitamin C tersebut, salah satunya membantu menurunkan tekanan darah.Hasil penelitian tahun 2012 menyebutkan bahwa vitamin C terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik.Sayangnya, efek tersebut hanya berlaku dalam jangka pendek. Belum ada penelitian yang dapat membuktikan efek jangka panjang vitamin C terhadap tekanan darah.Selain itu, belum bisa dipastikan juga tingkat efektivitas vitamin C pada buah rambai dalam menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah rambai lainnya yang tak kalah penting adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Lagi-lagi, ini karena pada buah tersebut terkandung vitamin C. Menurut pakar kesehatan, salah satu fungsi vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang sistem imunitasnya rendah.

6. Merawat kesehatan jantung

Jantung adalah organ tubuh yang perannya sangat vital sehingga perlu dijaga kesehatannya. Masalah pada jantung bisa berakibat fatal bagi tubuh, termasuk kematian.Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan makan buah rambai.Pasalnya, buah ini mengandung kalsium. Dilansir dari Mayo Clinic, kalsium memiliki beragam fungsi yang salah satunya menjaga organ jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Catatan dari SehatQ

Makan buah rambai tentu sangat disarankan karena kandungan nutrisinya yang berpotensi menyehatkan tubuh. Potensi khasiat buah ini mungkin saja sama dengan buah-buahan lain seperti manfaat mangga atau jeruk. Akan tetapi, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat lain, seperti sayur-sayuran.Selain itu, beberapa manfaat buah rambai di atas belum didukung bukti ilmiah yang cukup sehingga kebenarannya masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai rambai dan potensi manfaatnya bagi kesehatan, jangan ragu untuk bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ gratis di App Store dan Google Play.
nutrisihidup sehatbuah dan sayuranzat gizi
Food and Agriculture Organization (FAO). http://www.fao.org/3/ab777e/ab777e05.htm#bm5.6 Diakses pada 9 Februari 2021Hindawi Publishing Corporation. https://downloads.hindawi.com/journals/ecam/2016/7591951.pdf Diakses pada 9 Februari 2021Jurnal Bioleuser. http://jurnal.unsyiah.ac.id/bioleuser/article/view/14964 Diakses pada 9 Februari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097#:~:text=Your%20body%20needs%20calcium%20to,diabetes%20and%20high%20blood%20pressure Diakses pada 9 Februari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219545#benefits Diakses pada 9 Februari 2021The American Journal of Clinical Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22492364/ Diakses pada 9 Februari 2021WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 Diakses apda 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait