Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Kering dan Kusut yang Tak Terduga

(0)
23 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat cuka apel untuk rambut adalah menjaga keseimbangan pH rambutCuka apel ternyata punya manfaat untuk kesehatan rambut
Cuka apel merupakan salah satu bahan rumahan yang serbaguna dan kaya akan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat cuka apel untuk rambut didapatkan dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.Akan tetapi, penggunaan cuka apel tentunya harus disesuaikan untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Maka dari itu, mari kita kenali lebih jauh manfaat cuka apel untuk rambut dan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat cuka apel untuk rambut

Salah satu manfaat cuka apel untuk rambut adalah menjaga keseimbanan pH rambut. Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang diklaim dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut yang kering dan kusut.Rambut yang terlihat kusam, kering, dan kusut umumnya bersifat lebih basa. Kandungan asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH rambut.Dengan penggunaan cuka apel yang benar, rambut Anda dapat menjadi lebih lembap, sehat, dan kuat. Cuka ini juga kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala, seperti vitamin B, C, dan polifenol yang memiliki manfaat antioksidan.Beberapa pihak juga mengklaim bahwa cuka apel mengandung AHA yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe di kulit kepala.

Cara menggunakan cuka apel untuk rambut

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk rambut, Anda tidak disarankan untuk menggunakannya secara langsung. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko iritasi kulit kepala. Cuka apel harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan untuk rambut. Berikut cara pemakaian yang direkomendasikan:
  • Campur beberapa sendok makan cuka apel dengan air.
  • Tuangkan campuran cuka apel secara merata hingga ke kulit kepala pada rambut yang telah dikeramas dan diberi kondisioner sebelumnya.
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.
Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial jika Anda merasa aroma cuka apel terlalu tajam. Campuran ini dapat digunakan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya

Selan manfaat cuka apel untuk rambut, ada pula sejumlah manfaat kesehatan lainnya yang bisa Anda dapatkan

1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler

Penumpukan plak pada arteri dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Cuka apel mengandung fitonutrien yang dapat menghentikan proses oksidasi kolesterol jahat yang menyebabkan plak tersebut.

2. Mengatasi infeksi kulit

Manfaat cuka apel lainnya adalah meredakan peradangan kulit. Sifat antibakteri pada cuka apel dapat dimanfaatkan sebagai disinfektan luka. Selain itu, bahan ini juga dapat membantu meringankan dan mengatasi infeksi jamur kuku, kutu, kutil, eksim, dan infeksi kulit lainnya.

3. Menyehatkan pencernaan

Cuka apel memiliki serat larut pektin yang dapat membantu kinerja usus. Konsumsi cuka apel dianggap dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus besar, sembelit, serta menciptakan sistem pencernaan yang lebih sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Cuka apel juga terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini didasari dengan kemampuan cuka apel dalam:
  • Membuat perut lebih cepat kenyang
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Menurunkan kadar lemak perut.
Selain menggunakan cuka apel, Anda juga perlu menyadari bahwa pengaturan pola makan dan gaya hidup sehat juga harus diperhatikan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

5. Mengatur kadar gula

Selain manfaat cuka apel untuk rambut, bahan yang satu ini juga dapat menguntungkan penderita diabetes. Pasalnya, menurut penelitian cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 19-34 persen dan menurunkan kadar gula darah.Akan tetapi, perlu Anda perhatikan bahwa mengonsumsi cuka apel tidak boleh digunakan untuk menggantikan pengobatan medis.

6. Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C, dapat membantu melawan radikal bebas. Kandungan ini dapat menurunkan risiko kerusakan sel akibat stres oksidatif dan risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan cuka apel. Khususnya, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau tengah mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter.Pastikan cuka apel higienis dan jangan berlebihan dalam menggunakannya. Segera hentikan pemakaian dan perisakan diri ke dokter jika penggunaan cuka apel membuat kondisi yang Anda alami memburuk atau muncul gejala tertentu setelah mengonsumsinya.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatkesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-hair
Diakses 9 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar
Diakses 9 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-apple-cider#2
Diakses 9 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait