Manfaat Daun Karet Kebo sebagai Tanaman Hias dan Obat Tradisional

0,0
17 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat daun karet kebo untuk kesehatan adalah mengurangi polusi udaraDaun karet kebo memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan
Tanaman karet kebo (ficus elastica) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Daun karet kebo yang tebal dan memiliki warna menarik, membuatnya cocok ditempatkan di halaman ataupun di dalam ruangan. Selain mudah dirawat, ada sejumlah manfaat daun kebo yang bisa Anda nikmati.

Manfaat daun karet kebo bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat daun karet kebo yang bisa Anda dapatkan, baik sebagai tanaman hias ataupun pengobatan.

1. Untuk membersihkan udara

Salah satu khasiat daun karet kebo sebagai tanaman hias adalah kemampuannya untuk mengurangi polusi udara.Anda bisa menempatkan pohon karet kebo di halaman atau di dalam ruangan untuk membantu membersihkan udara di area tersebut. Udara yang bersih tentunya baik bagi paru-paru dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Menurunkan risiko alergi

Manfaat daun karet kebo dalam membersihkan udara juga membawa keuntungan lain, yakni menurunkan risiko alergi, misalnya pada pengidap asma.Tanaman daun karet kebo dapat meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga mencegah polutan dan partikel lainnya berubah menjadi debu.

3. Membasmi bakteri dan jamur di udara

Sebagai tanaman hias, manfaat daun karet kebo lainnya yang bisa Anda nikmati adalah kemampuannya dalam mengurangi bakteri dan jamur hingga 50 persen.Ada ribuan jenis bakteri di udara. Walaupun sebagian besar bakteri bersih dan aman, tidak sedikit bakteri jahat yang dapat merusak kesehatan dan menyebabkan infeksi.Menanam pohon karet kebo dapat membantu membasmi bakteri dan jamur sehingga menurunkan risiko infeksi.

4. Mengatasi ruam kulit

Khasiat daun karet kebo sebagai antiradang alami dipercaya bisa membantu menyembuhkan ruam pada kulit. Selain itu, mempercepat penyembuhan luka pada kulit juga dianggap sebagai salah satu khasiat daun ini.Untuk mendapatkan manfaat daun karet kebo, Anda dapat menghaluskan atau melumatkan daun karet kebo yang segar, kemudian mengoleskannya pada bagian yang sakit secara rutin.

5. Analgesik alami

Daun karet kebo juga dianggap sebagai pereda nyeri alami dan mampu mengurangi peradangan. Cara mengolah daun karet kebo untuk mengatasi nyeri dapat dilakukan dengan menumbuk daun karet kebo dan digosokkan pada area yang sakit.Cara ini juga dipercaya bisa mengatasi peradangan pada bagian mulut dan gigi. Hanya saja, daun karet kebo yang sudah dihaluskan tidak langsung dioleskan, melainkan dicampurkan dengan secangkir air dan digunakan untuk berkumur.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun karet kebo selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat ini berasal dari sifat antibakteri dan antiradang pada daun karet kebo yang dipercaya bisa membantu mengatasi masalah pada pencernaan.

7. Sumber antioksidan

Salah satu khasiat daun karet kebo yang tidak kalah penting adalah sebagai sumber antioksidan. Sebuah penelitian dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya menunjukkan bahwa daun karet kebo kaya akan senyawa antioksidan polifenol, saponin, dan tanin.Antioksidan sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi stres oksidatif, yaitu salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), penurunan fungsi otak, dan sebagainya.Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi zat antioksidan supaya kesehatan tubuh Anda terjaga dalam jangka panjang.

Cara mengolah daun karet kebo untuk mendapatkan manfaatnya

Pohon karet kebo
Karet kebo dapat diolah menjadi obat tradisional
 Untuk mendapatkan manfaat daun karet kebo sebagai tanaman hias sangat mudah. Anda cukup menanamnya di halaman atau menempatkannya pada pot di dalam ruangan. Daun karet kebo termasuk tanaman hias yang murah dan mudah dirawat.Sedangkan, untuk mendapatkan khasiat daun karet kebo untuk pengobatan, ada beberapa cara mengolah daun karet kebo yang dapat Anda lakukan.
  • Melumat daun karet kebo hingga hancur, lalu mengoleskannya pada bagian yang ingin diobati.
  • Mencampur daun karet kebo yang telah dihaluskan, lalu digunakan dengan berkumur untuk mengatasi peradangan pada gigi dan mulut.
  • Daun karet kebo juga dapat diminum air rebusannya. Iris daun karet kebo, kemudian jemur hingga kering. Rebus daun karet kebo kering secukupnya dengan tiga gelas air dan dididihkan hingga tersisa 1,5 gelas. Biarkan dingin sebelum diminum.
  • Daun karet kebo yang masih muda bisa dijadikan sayur untuk dimakan.
  • Pucuk daun karet kebo dapat dipetik sebelum membesar untuk dikonsumsi sebagai lalapan.
Sebelum memanfaatkan daun karet kebo, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Terutama, jika Anda ingin memperoleh khasiat daun karet kebo dengan cara mengonsumsinya.Demikian juga bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti berusia lanjut, memiliki riwayat penyakit kronis, ibu hamil dan menyusui, sedang mengonsumsi obat resep dokter, hingga memiliki daya tahan tubuh lemah.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tanaman obatpolusi udara
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/rubber-plant/
Diakses 2 April 2021
Bacony Garden Web. https://balconygardenweb.com/7-amazing-rubber-plant-benefits/
Diakses 2 April 2021
Gardening Zeal. https://gardeningzeal.com/rubber-plant-benefits/#Anti_Bacterial
Diakses 2 April 2021
Unversitas Katolik Widya Mandala. http://repository.wima.ac.id/23424/51/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/23424/2/BAB%201.pdf
Diakses 2 April 2021
STIP Graha Karya. https://stipgrahakaryamuarabulian.ac.id/2019/12/15/manfaat-karet-kebo-ficus-elastisica/
Diakses 2 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait