Manfaat Daun Kelor untuk Anak, Tambah Energi hingga Menjaga Kesehatan Mata


Manfaat daun kelor untuk anak didapatkan dari kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya. Beberapa manfaatnya seperti menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas, hingga menambah energi

(0)
Manfaat daun kelor untuk anak tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnyaManfaat daun kelor untuk anak, salah satunya tingkatkan kekebalan tubuh
Daun kelor merupakan tanaman yang menawarkan beragam manfaat kesehatan untuk semua kalangan usia, termasuk anak-anak. Manfaat daun kelor untuk anak tak lepas dari kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya.

Kandungan nutrisi daun kelor

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor sangatlah beragam. Tanaman dengan nama ilmiah Moringa oleifera ini adalah sumber vitamin dan mineral yang baik dan bermanfaat untuk tubuh.Berikut berbagai macam nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 21 gram daun kelor segar:
  • Protein: 2 gram
  • Zat besi: 11% dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 12% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 19% dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 8% dari kebutuhan harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari kebutuhan harian
  • Vitamin A ( dari beta-karoten): 9% dari kebutuhan harian

Manfaat daun kelor untuk anak

Kaya akan  vitamin dan mineral, konsumsi daun kelor menawarkan beragam potensi manfaat untuk kesehatan anak Anda. Moringa oleifera dapat membantu meningkatkan kesehatan organ tubuh tertentu hingga melawan infeksi.Sejumlah potensi manfaat daun kelor untuk anak, di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi daun kelor untuk anak membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin C dalam Moringa oleifera, yang dapat membantu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Menambah energi

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam daun kelor dapat membantu menambah energi si Kecil. Mendapatkan asupan energi yang cukup sangatlah penting untuk menunjang aktivitas dan perkembangan anak Anda.

3. Memperkuat struktur sel

Daun kelor mengandung asam amino yang dapat membantu perkembangan sel dalam tubuh si Kecil. Asam amino merupakan sumber makanan yang ideal untuk memastikan sel dalam tubuh tetap kuat.

4. Menunjang metabolisme

Saat sakit, tingkat metabolisme anak akan mengalami penurunan yang signifikan. Kandungan mineral yang ada dalam daun kelor dapat menjaga metabolisme si Kecil tetap normal. Tingkat metabolisme yang normal penting untuk memastikan buah hati Anda mempunyai berat badan dan tinggi seperti anak-anak seusianya. 

5. Melawan infeksi

Daun kelor mempunyai sifat antiinflamasi (anti-peradangan). Hal tersebut membuat Moringa oleifera berguna untuk melawan infeksi yang menjadi penyebab penyakit. Konsumsi kelor dalam bentuk bubuk dapat membantu meredakan penyakit yang disebabkan infeksi ringan seperti batuk dan pilek pada anak.

6. Meningkatkan kesehatan ginjal dan hati

Orangtua kerap kali memberikan anak makanan cepat saji untuk meningkatkan nafsu makan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anak Anda. Daun kelor diketahui memiliki potensi manfaat detoksifikasi.Proses detoksifikasi berguna untuk mengeluarkan racun-racun berbahaya yang terdapat di dalam tubuh si Kecil. Manfaat tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal serta hati.

7. Menyembuhkan luka

Zat besi, vitamin C, dan vitamin A yang ada dalam daun kelor bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada anak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup mengoleskan bubuk daun kelor pada luka. Namun ingat, jangan mengoleskan daun kelor pada luka terbuka. Segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan apabila ia mengalami luka besar maupun luka terbuka.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan beta-karoten yang ada di dalam daun kelor dapat membantu memenuhi asupan vitamin A dalam tubuh. Vitamin A mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan fungsi penglihatan anak.

9. Menjaga kesehatan rambut

Daun kelor memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang diperlukan dalam pembentukan keratin. Keratin merupakan protein yang penting untuk memastikan pertumbuhan rambut pada anak. Selain itu, vitamin A yang ada di dalamnya juga dapat membantu mengatasi ketombe.

10. Menjaga kesehatan kulit

Punya kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi,  konsumsi daun kelor bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit si Kecil secara keseluruhan. Selain itu, Moringa oleifera dapat membantu menghilangkan ruam dan iritasi.Selain dikonsumsi, Anda juga bisa mengoleskan daun kelor pada kulit anak untuk mendapat manfaat tersebut. Penggunaan daun kelor sebagai masker juga membantu mencerahkan kulit wajah.

11. Mengatasi mood swing

Dalam masa pertumbuhan, kesehatan emosional anak rentan mengalami masalah. Konsumsi daun kelor dapat membantu mengatasi mood swing dan mengurangi risiko anak mengalami depresi.

12. Meningkatkan berat badan

Konsumsi daun kelor untuk anak dapat membantu meningkatkan berat badan, Menurut sebuah penelitian, menambahkan bubuk kelor pada makanan selama 2 bulan membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak yang mengalami malnutrisi.

Catatan dari SehatQ

Konsumsi daun kelor untuk anak menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan. Beberapa potensi manfaat yang mungkin didapatkan si kecil mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, menambah energi, hingga menjaga kesehatan mata.Sebelum memberikan daun kelor untuk anak, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mendapatkan dosis yang pas. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari efek  samping yang mungkin ditimbulkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat daun kelor untuk anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan anaknutrisi anaktumbuh kembang anakvitamin anak
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera
Diakses pada 19 Februari 2021
eMedicineHealth. https://www.emedicinehealth.com/moringa/vitamins-supplements.htm
Diakses pada 19 Februari 2021
Parenting Healthy Babies. https://parentinghealthybabies.com/11-health-benefits-moringa-kids/
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait