Manfaat Daun Kucai Tak Cuma Sekadar Perlancar Pencernaan

(0)
21 Jan 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat kucai untuk kesehatanTanaman kucai masih satu keluarga dengan bawang
Daun kucai biasa digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, seperti sup dan bubur ayam. Anda juga mungkin pernah menggunakannya sebagai bumbu dapur.Mungkin sebagian besar dari Anda menganggap bahwa daun ini hanyalah ‘pemanis’ tampilan hidangan. Namun manfaat daun kucai untuk kesehatan ternyata sangat melimpah.

Kandungan nutrisi daun kucai

Satu sendok makan yang mengandung 3 gram daun kucai cincang menyediakan nutrisi sebagai berikut:
  • 1 kalori
  • <1 gram lemak, protein, dan karbohidrat
  • 1,7 miligram vitamin C
  • 131 IU vitamin A
  • 3 miligram kalsium
  • 2 miligram fosfor
  • 1 miligram magnesium
  • 9 miligram kalium

Berbagai manfaat daun kucai

Daun kucai adalah tanaman dari genus allium yang masih satu keluarga dengan bawang. Sayuran jenis allium telah lama dipercaya dapat mengobati penyakit-penyakit tertentu. Bahkan ada yang menduga bahwa penggunaan daun kucai sebagai obat sudah dilakukan sebelum zaman Kekaisaran Romawi. Penggunaan daun hijau ini ternyata memang tak salah. Pasalnya, manfaat daun kucai untuk kesehatan di bawah ini tak bisa diremehkan: 

1. Mencegah kanker

Sayuran jenis allium amat kaya akan flavonol, termasuk daun kucai. Senyawa antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan tumor. Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi lebih banyak sayuran allium memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah dibanding mereka yang kurang mengonsumsinya. Tak hanya kanker prostat, asupan sayuran allium juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker esofagus dan kanker perut.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Zat allicin yang terkandung dalam daun kucai diduga dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. LDL yang melebihi batas normal dapat menaikkan risiko terjadinya stroke maupun penyakit jantung. Dengan ini, mengonsumsi daun kucai secara teratur bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda. Selain allicin, kalium dalam daun hijau ini juga meningkatkan manfaat daun kucai. Pasalnya, tanaman ini juga memiliki peran dalam mengurangi ketegangan kardiovaskular.

3. Menguatkan tulang

Daun kucai mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin K akan membantu Anda dalam menjaga kepadatan tulang, sehingga gangguan osteoporosis dapat dihindari. Vitamin K juga membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak osteocalcin. Osteocalcin adalah protein yang berperan penting dalam mempertahankan kepadatan tulang Anda. Karena itu, manfaat daun kucai untuk tulang tak boleh diremenkan.  

4. Menangani masalah pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk rutin menyertakan daun kucai ke dalam makanan sehari-hari. Daun kucai mengandung alil sulfida dan senyawa organik lain yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Senyawa-senyawa ini juga dapat menghilangkan banyak bakteri jahat dalam sistem pencernaan, salah satunya salmonella.Lebih lanjut, zat-zat tersebut dapat menambah efisiensi penyerapan nutrisi di usus Anda. Hal ini memungkinkan gizi dari makanan terserap dengan lebih sempurna ke dalam tubuh.

5. Menurunkan depresi

Manfaat daun kucai berikutnya adalah dapat membantu dalam menurunkan depresi serta meredakan stres. Ini berkat zat folat yang ada di dalamnya.  Folat mampu mencegah pembentukan homosistein yang berlebih dalam tubuh. Dengan ini, produksi hormon serotonin dan dopamine akan lebih lancar. Kedua hormon ini dapat memengaruhi suasana hati Anda. 

6. Menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam daun kucai, seperti lutein dan zeaxanthin, memiliki manfaat besar untuk kesehatan mata. Keduanya diyakini dapat mengurangi stres oksidatif dalam sistem penglihatan, memperlambat terjadinya katarak, serta mencegah degenerasi makula akibat penuaan.Dengan demikian, manfaat daun kucai untuk kesehatan mata bisa Anda nikmati hingga tua nanti. 

7. Memiliki sifat antibakteri

Daun kucai bisa dijadikan kekuatan tambahan untuk mengancurkan bakteri sembari sambil Anda mengonsumsi antibiotik dari dokter. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan saponin dalam daun hijau ini dapat berfungsi sebagai antibakteri dengan menghancurkan membran sel bakteri.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi daun kucai

Meski manfaat daun kucai baik untuk kesehatan, konsumsinya tentu tak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Pilihlah daun kucai yang berwarna hijau cerah dengan warna merata. Daun kucai yang kekuningan biasanya menandakan kalau mereka sudah tua, sehingga cepat layu.
  • Jangan mengonsumsi daun kucai terlalu banyak karena bisa menimbulkan masalah pencernaan. Jadi pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.
  • Bagi Anda yang memiliki alergi bawang jenis apapun, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi daun kucai. 
  • Jangan sampai tertukar dengan daun bawang. Bentuk dan penampilan daun kucai sepintas memang sama. Namun berbeda dengan daun bawang yang akarnya berwarna putih, seluruh permukaan daun kucai berwarna hijau.
Manfaat daun kucai bukanlah hanya sebagai pelengkap atau penghias makanan semata. Daun ini berguna untuk mencegah kanker hingga menjaga kesehatan mata.Pilihlah daun kucai yang masih segar dan berwarna hijau terang untuk diolah dan dikonsumsi. Dengan ini, khasiatnya bisa lebih optimal.Namun jika Anda memiliki alergi bawang, Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi daun kucai. Tanaman ini juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena bisa berbaik memicu gangguan pencernaan.Untuk lebih amannya, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi klinis sebelum mengonsumsi daun kucai.
makanan sehattips kesehatanhidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275009.php
Diakses pada 20 Januari 2020
Oxford Academic Journals. https://academic.oup.com/jnci/article/94/21/1648/2912294#cited-by
Diakses pada 20 Januari 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/chives.html
Diakses pada 20 Januari 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/chive-benefits-side-effects-and-preparations-4178968
Diakses pada 20 Januari 2020
Neliti. https://www.neliti.com/id/publications/278003/uji-daya-hambat-ekstrak-daun-kucai-allium-schoenoprasum-l-terhadap-pertumbuhan-s
Diakses pada 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait