8 Manfaat Daun Srikaya untuk Hidup yang Lebih Sehat

(0)
17 Jan 2020|Maria Natasha
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat daun srikaya bisa dirasakan dengan mengonsumsi teh yang dibuat dari daun tersebut.Salah satu manfaat daun srikaya adalah untuk mencegah penuaan dini.
Srikaya, termasuk tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia dan Amerika Selatan. Bagian buahnya biasanya diambil untuk dimakan karena rasanya manis dan kaya vitamin C. Namun selain buahnya, ternyata ada juga manfaat daun srikaya sebagai obat herbal.Sejumlah tanaman, telah dipercaya manfaatnya dalam mengatasi sejumlah gejala penyakit. Srikaya pun menjadi salah satunya. Tanaman ini bahkan telah dimanfaatkan dalam metode Ayurveda, untuk perawatan sejumlah penyakit.

Manfaat daun srikaya sudah diteliti di Indonesia

Suplemen srikaya berpotensi mengurangi hipertrigliserida,
penyebab perut buncit.
Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta menerbitkan sebuah hasil penelitian mengenai efektivitas tumbuhan srikaya bagi kesehatan. Dokter penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas, dr. Haidar Alatas, Sp.PD.KGH. melakukan penelitian dengan menggunakan suplemen, ekstrak, biji, serta daun srikaya.Penelitian tersebut membuktikan bahwa konsumsi suplemen srikaya oleh penderita hipertrigliserida (trigliserida tinggi), bisa mengurangi tingkat trigliserida.Trigliserida merupakan lemak dalam darah, yang digunakan tubuh sebagai energi. Apabila jumlahnya berlebihan, tubuh akan mengalami tumpukan lemak di sejumlah bagian, termasuk pinggul dan perut.

Manfaat daun srikaya bisa dirasakan untuk apa saja?

Daun srikaya biasanya digunakan secara tradisional dalam perawatan untuk berbagai jenis penyakit. Menurut penelitian, bagian daun dari tumbuhan srikaya mengandung senyawa alkaloid yang antara lain berguna sebagai antidiare dan antimikroba, juga mengandung senyawa ketones yang berguna bagi tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.Mungkin belum banyak yang mengetahui maupun mempraktikkan pengobatan dengan daun srikaya. Padahal sebenarnya, dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah, Anda bisa mengolah daun srikaya untuk beberapa manfaat berikut ini.
  1. Menstabilkan gula darah:

    Kaya akan serat, daun dari tanaman srikaya telah dikenal khasiatnya dalam memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh kita. Sehingga, daun srikaya bisa menjaga kadar gula darah tetap pada batas normal.
  2. Memelihara kesehatan jantung:

    Daun yang juga kaya akan kalium dan magnesium ini juga memberikan manfaat untuk menenangkan otot jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi daun ini bisa menurunkan risiko terhadap stroke dan penyakit jantung.
  3. Memperlancar metabolisme dan menambah energi: 

    Daun srikaya juga berfungsi untuk membilas racun dari dalam tubuh. Air rebusan daun srikaya ini juga bisa meningkatkan metabolisme dan menambah energi Anda, untuk beraktivitas sepanjang hari.
  4. Meredakan nyeri rematik:

    Manfaat antiradang dan analgesik juga ditemukan pada daun srikaya. Oleh karena itu, meminum air rebusan daun srikaya juga membantu meredakan nyeri yang muncul, karena penyakit rematik maupun nyeri sendi.
  5. Mencegah penuaan dini pada kulit:

    Kandungan antioksidan pada daun srikaya bisa melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari, dan menghambat penuaan sel-sel kulit.
  6. Membantu mengurangi kutu rambut:

    Anda juga bisa menghilangkan kutu rambut secara alami dengan campuran daun srikaya halus dan minyak kelapa. Untuk kasus yang lebih parah sebaiknya segera ke dokter agar mendapat hasil maksimal.
  7. Mengatasi kanker

    Daun sirsak dipercaya mengatasi kanker, tidak hanya itu bahkan dikenal juga sebagai pencegah kanker mulai dari kanker payudara hingga paru-paru. Untuk mendapatkan khasiatnya, daun sirsak dapat dibuat menjadi teh atau mengonsumsi suplemennya.
  8. Memberikan efek menenangkan:

    Khasiat lain dari daun sirsak adalah sebagai anti spasmodik dan memberi efek menenangkan sehingga membantu mengurangi rasa cemas dan stres.

Bagaimana cara mengonsumsi daun srikaya?

Pakar Ayurveda menganjurkan untuk merebus daun srikaya dan meminum airnya. Daun srikaya mengandung serat yang dipercaya bisa memperlambat penyerapan glukosa, sehingga membantu menjaga kadar gula tetap stabil. Air rebusan daun srikaya juga dapat diminum untuk mengobati disentri.Untuk meredakan rasa nyeri karena penyakit rematik, penderita rematik dapat menggunakan air rebusan ini sebagai air mandi.Air rebusan daun srikaya juga mengandung annonacin, yaitu senyawa organik yang mampu menyerang sel kanker tanpa memengaruhi sel normal di sekitarnya.Daun srikaya yang ditumbuk juga dikenal sebagai obat tradisional. Masyarakat India menghirup tumbukan daun srikaya untuk menenangkan kondisi panik dan mencegah pingsan. Tumbukan ini juga bisa dibalurkan pada luka untuk mempercepat penyembuhan.
Teh daun srikaya tidak mengandung kafein.
Saat ini juga telah tersedia teh herbal yang terbuat dari daun srikaya. Sebenarnya, teh daun srikaya bukanlah teh sesungguhnya, seperti halnya teh hitam maupun teh hijau.Teh daun srikaya ini hanya menggunakan daun srikaya sebagai bahannya. Jadi, berbeda dari teh pada umumnya, teh daun srikaya tidak mengandung kafein.

Meski bermanfaat, tetap waspadai efek samping daun srikaya

Meski menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tak main-main, srikaya ternyata mengandung sejumlah komponen racun. Srikaya dan buah lain dengan spesies Annona ini, memiliki kandungan annonacin, yaitu racun yang berisiko menimbulkan gangguan pada otak dan sistem saraf.Dalam pemakaian jangka panjang, srikaya pun berisiko memicu gangguan fungsi gerak, bahkan menyebabkan gejala serupa penyakit Parkinson. Misalnya tremor atau otot yang kaku.Oleh karena itu, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, dalam masa kehamilan maupun menyusui, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, sebelum mengonsumsi srikaya, termasuk daunnya.
Faktanya, berbagai manfaat daun sirsak masih belum diketahui pasti efektivitas serta keamanan bagi tubuh, sehingga masih harus diteliti kembali.
kolesterolherbalteh
Universitas Gadjah Mada. https://www.ugm.ac.id/en/news/16544-studies-in-soursop-supplement-effect-in-people-with-hypertension
Diakses pada 17 Januari 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737
Diakses pada 17 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php#possible-side-effects-and-risks
Diakses pada 16 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cherimoya#section9
Diakses pada 16 Januari 2020
Agricultural Research Communication Centre. https://arccjournals.com/uploads/articles/14DR921.pdf
Diakses pada 15 Januari 2020
NDTV Food. https://food.ndtv.com/food-drinks/5-surprising-benefits-of-custard-apple-leaves-1723866
Diakses pada 15 Januari 2020
International Journal Of Pharmaceutical Sciences And Research. https://ijpsr.com/bft-article/annona-squamosa-linn-custard-apple-an-aromatic-medicinal-plant-fruit-with-immense-nutraceutical-and-therapeutic-potentials/?view=fulltext
Diakses pada 15 Januari 2020
International Journal Of Chemical Studies. https://www.researchgate.net/publication/332329163_A_review_on_insight_of_immense_nutraceutical_and_medicinal_potential_of_custard_apple_Annona_squamosa_Linn
Diakses pada 15 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait