Kenali Manfaat Daun Suruhan yang Baik untuk Kesehatan

(0)
14 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat daun suruhan baik bagi kesehatan tubuhDaun suruhan banyak tumbuh di Indonesia
Salah satu contoh di antara banyaknya tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengobatan adalah daun suruhan. Penelitian awal menunjukkan manfaat daun suruhan bagi kesehatan sangat banyak, mulai dari mengatasi asma hingga menetralisir racun ular.Daun suruhan (Peperomia pellucida) adalah tananam herbal yang tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia. Tinggi tanaman ini hanya 10-20 cm dengan batang yang tegak, lunak, dan berwarna hijau muda.Penyebutan nama daun suruhan sendiri beraneka ragam, tergantung daerah masing-masing. Anda mungkin juga mengenal nama daun ini sebagai sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer, ataupun gofu doroho.

Kandungan dan manfaat daun suruhan

Daun suruhan banyak digunakan sebagai makanan maupun obat tradisional. Berdasarkan penelitian, daun suruhan terbukti mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan manusia, seperti alkaloid, flavonoids, saponins, terpenoids, steroids, dan glycosides.Dalam jumlah yang lebih sedikit, ekstrak daun suruhan juga mengandung beberapa zat berguna lainnya, misalnya phytol, stigmasterol, sitosterol, peperomins, sesamin, dan isoswertisin. Berdasarkan kandungan-kandungan ini, manfaat daun suruhan untuk kesehatan adalah sebagai berikut.
  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun suruhan yang paling diunggulkan adalah dapat mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung. Pasalnya, daun ini mengandung antioksidan yang terutama paling banyak ditemukan pada ekstrak daun suruhan kering.Antioksidan pada daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Kolesterol jahat ini dapat mengakibatkan Anda menderita tekanan darah tinggi alias hipertensi yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit jantung lain, termasuk serangan jantung dan stroke.
  • Mengurangi peradangan

Manfaat daun suruhan yang satu ini didapat berdasarkan penelitian dengan menyuntikkan ekstrak daun ke tikus yang menderita edema kaki. Hasilnya, peradangan pada kaki tikus dapat berkurang.
  • Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi mengungkap bahwa menyuntikkan ekstrak daun suruhan ke tikus yang menderita diabetes dapat menurunkan kadar gula darahnya. Di saat yang sama, tikus tersebut juga menunjukkan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL) di dalam darah.
  • Membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh

Tidak semua bakteri terpengaruh oleh ekstrak daun suruhan. Bakteri yang dapat mati oleh suntikan ekstrak daun suruhan di antaranya adalah Trichophyton mentagrophytes, bakteri Gram positif dan Gram negatif.Meski lemah, manfaat daun suruhan sebagai pembunuh bakteri jahat juga ditemukan pada Aspergillus flavus dan Candida albicans. Meski demikian, penelitian ini baru sebatas dilakukan pada hewan percobaan, bukan manusia.Sekalipun manfaat daun suruhan dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit, khasiatnya belum terbukti secara medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit-penyakit di atas, langsung periksakan diri ke dokter dan minta saran dokter bila Anda tetap ingin mengonsumsi daun suruhan.

Efek samping dari manfaat daun suruhan

Meski manfaat daun suruhan sudah terkenal dalam pengobatan tradisional, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman ini sebagai pengganti obat dokter. Pasalnya, obat herbal bisa menyebabkan efek samping yang tidak diketahui karena tumbuhan ini baru sebatas diteliti di laboratorium dan belum diuji coba keamanannya pada manusia.Untuk menghindari risiko, ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak minum ekstrak daun suruhan dalam bentuk apa pun. Begitu pula Anda yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap tanaman ini karena dapat menimbulkan gejala yang mirip serangan asma.Belum ada bukti bahwa daun suruhan dapat berinteraksi dengan obat lain. Namun secara teori, daun suruhan dapat mengakibatkan efek samping berupa konstipasi dan memar pada bagian tubuh tertentu.
herbaltanaman obat
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/1638/3/BAB%20II_ELI%20NURDIYATI_FARMASI%2717.pdf
Diakses pada 13 Januari 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/322984851_ETHNOBOTANICAL_USES_PHYTOCHEMISTRY_AND_PHARMACOLOGICAL_ACTIVITIES_OF_PEPEROMIA_PELLUCIDA_L_KUNTH_PIPERACEAE-A_REVIEW
Diakses pada 13 Januari 2020
Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JIS/article/view/2116/1679
Diakses pada 13 Januari 2020
Drugs. https://www.drugs.com/npp/peperomia-pellucida.html
Diakses pada 13 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait