Manfaat Garam untuk Rambut Bebas Ketombe Serta Risiko Bahaya Penggunaannya


Manfaat garam untuk rambut ternyata bisa mengatasi ketombe hingga merangsang pertumbuhan rambut, Namun, Anda perlu tahu cara menggunakannya agar terhindar dari bahaya garam untuk rambut.

(0)
11 Apr 2021|Azelia Trifiana
Salah satu manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi ketombeManfaat garam untuk rambut disebut dapat mengatasi ketombe
Garam mungkin lebih dikenal sebagai salah satu penyedap rasa asin dalam makanan. Namun, tahukah Anda kalau garam ternyata bisa pula dimanfaatkan sebagai perawatan rambut? Apa saja manfaat garam untuk rambut? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini. 

Apa manfaat garam untuk rambut?

Beberapa masalah rambut, seperti ketombe dan rambut rontok, memang dapat diatasi menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Akan tetapi, ternyata bahan alami, seperti garam, ternyata dipercaya dapat membantu mengatasi masalah rambut tertentu. Berikut adalah berbagai manfaat garam untuk rambut lengkap dengan cara menggunakannya pada rambut. 

1. Mengatasi ketombe

Manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi ketombe
Garam bersifat eksfoliasi sehingga bisa mengatasi ketombe
Salah satu manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Ketombe bersifat eksfoliasi yang diyakini dapat mengelupas kerak ketombe dari kulit kepala. Fungsi garam tersebut sekaligus dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori. Garam juga disebut dapat menyerap minyak berlebih pada kulit kepala yang kadang kala menjadi penyebab ketombe muncul. Di samping itu, garam dipercaya memiliki sifat antijamur yang mampu meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dilakukan dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu .Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala. Kemudian, lakukan gerakan seperti pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok.Selanjutnya, gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa.Selain digunakan sendiri, cara menghilangkan ketombe dengan garam juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain untuk meningkatkan efektivitasnya. Misalnya, cuka apel, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. 

2. Membuat rambut lebih tebal

Manfaat garam untuk rambut berikutnya adalah membuat rambut lebih tebal. Namun, Anda hanya dapat memperoleh manfaat satu ini bila menggunakan garam Epsom. Garam Epsom adalah garam yang terbuat dari magnesium sulfat. Jenis garam ini tidak umum digunakan untuk memasak, melainkan lebih sering digunakan untuk berendam saat mandi. Garam Epsom bekerja dengan menghilangkan minyak pada helaian rambut sehingga kondisi rambut berminyak atau terasa lengket dapat dihindari. Meski tampak menjanjikan, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. 

3. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

rambut dan kulit kepala jadi sehat berkat manfaat garam untuk rambut
Rambut dan kulit kepala jadi sehat berkat garam Epsom
Menyehatkan rambut dan kulit kepala juga disebut bisa jadi manfaat garam untuk rambut. Lagi-lagi, Anda perlu menggunakan garam Epsom untuk memperoleh khasiat satu ini. Kandungan magnesium dari magnesium sulfat, yang terdapat pada garam Epsom diyakini bisa jadi mineral esensial untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan manfaat garam untuk rambut ini. 

4. Merangsang pertumbuhan rambut

Tahukah Anda kalau manfaat garam untuk rambut ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambut? Dengan kata lain, garam dapat mencegah kerontokan rambut.Baca Juga: Manfaat Garam untuk Wajah yang Tak Disangka-SangkaAnda juga bisa memperoleh berbagai manfaat garam untuk rambut dengan cara mencampurkan garam secukupnya pada produk perawatan rambut yang hendak digunakan, seperti sampo atau kondisioner. 

Adakah bahaya garam untuk rambut?

Walaupun manfaat air garam untuk rambut terasa menggiurkan, Anda juga perlu mempertimbangkan efek samping yang mungkin terjadi.Pasalnya, ada beberapa bahaya garam untuk rambut, seperti: 

1. Kulit kepala terasa kering

Bahaya garam untuk rambut ternyata bisa membuat kulit kepala terasa keringHal ini karena garam dapat menghilangkan kelembapan alami pada rambut sehingga helaian rambut dan kulit kepala jadi rentan kering. Ketika rambut terasa kering, maka lebih rentan melemah dan mudah patah. Lebih parahnya, Anda bisa mengalami rambut bercabang karenanya. 

2. Memudarkan warna rambut

Bahaya garam untuk rambut berwarna juga perlu diwaspadai. Pasalnya, garam bisa membuat warna rambut jadi mudah luntur. Jadi, berhati-hatilah bagi Anda yang punya rambut berwarna. 

3. Reaksi alergi

Reaksi alergi juga jadi bahaya garam untuk rambut lainnya.Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah kulit berarti, penggunaan air garam untuk rambut mungkin cenderung aman.Sayangnya, berbeda bagi orang-orang dengan jenis kulit atau masalah kulit tertentu.Apalagi bagi orang yang mempunyai alergi. Sebab, reaksi alergi sebagai bahaya garam untuk rambut mungkin saja terjadi.Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa mengalami gejala, seperti kulit gatal, muncul ruam, biduran, hingga sulit bernapas sesaat setelah menggunakan air garam pada wajah.Efek samping garam untuk rambut di atas tidak hanya dirasakan ketika menggunakan garam secara langsung pada rambut, tetapi bisa pula saat Anda berenang di laut atau air pantai.

Bagaimana cara memperoleh manfaat air garam untuk rambut yang aman?

Untuk memperoleh manfaat air garam untuk rambut dengan aman, penting untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu pada sedikit area kulit. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya efek samping atau bahaya garam untuk rambut. Caranya, oleskan sedikit air garam ke area kulit bawah siku terlebih dahulu.Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.Jika kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker ini pada wajah.Sebaliknya, apabila muncul reaksi alergi, jangan gunakan air garam untuk rambut.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda berniat memperoleh manfaat garam untuk rambut, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya.Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan alami apa pun pada wajah, termasuk garam.Dokter kulit akan membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda dapat menggunakan garam untuk rambutDengan demikian, manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan aman dan terhindar dari bahaya garam untuk rambut yang ditimbulkan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutketombepertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/epsom-salt-for-hair
Diakses pada 11 April 2021
Prevention. https://www.prevention.com/beauty/a20468412/how-to-use-salt-for-smoother-skin-whiter-teeth-and-dandruff-preventi/
Diakses pada 11 April 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-treat-dandruff-with-salt/#gref
Diakses pada 11 April 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/salt-water-hair-damage_n_3683042
Diakses pada 11 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait