Manfaat Kopi untuk Kejantanan Pria, Ternyata Bantu Optimalkan Ereksi Penis


Manfaat kopi bagi kejantanan pria antara lain dipercaya dalam membantu mengatasi disfungsi ereksi. Namun, konsumsinya pun tidak boleh berlebihan, untuk mencegah efek samping yang memicu hipertensi.

(0)
28 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kopi untuk kejantanan pria dinilai dalam meningkatkan kemampuan ereksiKopi dipercaya mampu meningkatkan kemampuan ereksi
Bagi sebagian orang, baik pria maupun wanita, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Selain memberikan energi instan, kopi menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Ternyata, beberapa manfaat kopi juga berefek pada kejantanan dan performa fisik pria. Apa saja manfaat kopi untuk keperkasaan pria?

Manfaat kopi untuk kejantanan pria

Berikut ini potensi manfaat kopi untuk kejantanan pria yang menarik perhatian dan mungkin belum banyak diketahui.
Kopi dipercaya membantu meringankan impotensi

1. Berpotensi untuk mengatasi disfungsi ereksi

Kopi berpotensi memberikan manfaat untuk menjaga ereksi pria tetap optimal. Gangguan pada ereksi penis, atau disebut juga dengan impotensi maupun disfungsi ereksi, dapat menjadi masalah yang menyiksa bagi kaum pria, karena dianggap menimbulkan kesulitan dalam memuaskan pasangan.Beberapa ahli meyakini bahwa kafein atau kopi dapat merangsang relaksasi otot polos di penis, sehingga dapat membantu ereksi. Kopi juga kaya dengan polifenol, yaitu kelompok zat yang diyakini dapat memperbaiki kemampuan ereksi, meningkatkan level testosteron, dan memacu aliran darah menuju penis.Menurut sebuah riset, pria yang mengonsumsi 170-375 miligram kafein atau setara dengan 2-3 cangkir sehari berisiko lebih rendah mengalami disfungsi ereksi dibanding yang tidak mengonsumsinya.Hanya saja, walau temuan manfaat kopi untuk kejantanan pria ini menarik, para peneliti yang melakukan riset tersebut belum bisa menemukan hubungan antara kafein dengan peningkatan aliran darah. Dengan demikian, riset lanjutan masih diperlukan untuk menguatkan premis manfaat kopi ini.

2. Meningkatkan performa fisik

Bukan rahasia lagi bahwa kopi dapat memberikan energi instan dan meningkatkan performa fisik. Kafein dalam kopi pun sering dikonsumsi oleh para atlet demi memperbaiki performa.Menurut penelitian konsumsi 2-3 miligram kafein per kilogram berat badan tubuh dapat memberikan efek peningkatan energi. Riset lain mengemukakan, mengonsumsi 5 miligram kafein per kilogram berat badan meningkatkan kecepatan dan kekuatan.Fokus utama penelitian tersebut adalah manfaat kafein bagi performa atletik, bukan pada kemampuan seksual pria. Dengan demikian, riset lanjutan mengenai manfaat kopi untuk kejantanan pria masih sangat diperlukan.

Manfaat kopi untuk seksualitas perempuan

Selain menawarkan manfaat untuk kejantanan pria, kopi juga berpotensi bermanfaat untuk seksualitas wanita. Namun, manfaat tersebut hanya terbukti pada hewan uji.Menurut hasil riset yang diterbitkan jurnal Pharmacology, Biochemistry, and Behavior tersebut, tikus betina sebagai hewan uji yang diberikan kafein menunjukkan perilaku seksual yang lebih tinggi dibandingkan tikus betina yang tidak mendapatkanya.Hanya saja, walau menarik, belum ditemukan adanya efek serupa bagi manusia. Kopi dan kafein juga belum bisa dianggap sebagai afrodisiak, yakni zat yang menaikkan gairah seksual.

Bahaya kopi jika dikonsumsi berlebihan

Konsumsi kopi berlebihan berpotensi memicu hipertensi
Manfaat kopi untuk kejantanan pria di atas memang menarik perhatian. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi kopi dalam batas wajar dan tidak sembrono.Sebab, konsumsi kopi berlebihan dapat memicu efek negatif berikut ini:Untuk mencegah efek samping kopi dan kafein di atas, Anda bisa menjaga asupan kafein sehari yaitu di bawah 400 miligram saja. Jumlah ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi dalam satu hari.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang manfaat kopi, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di App Store dan Play Store.
disfungsi ereksikopikafeinateh
Black Doctor. https://blackdoctor.org/4-benefits-of-caffeine-on-mens-health
Diakses pada 17 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/caffeine-side-effects
Diakses pada 18 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20045678
Diakses pada 18 Januari 2020
MD Linx. https://www.mdlinx.com/article/does-caffeine-have-an-effect-on-your-sex-life/lfc-4693
Diakses pada 17 Januari 2020
Journal PLOS. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0123547
Diakses pada 17 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait