Manfaat Masker Oatmeal untuk Wajah Serta Cara Membuat dan Menggunakan Masker dengan Aman


Manfaat masker oatmeal untuk wajah ternyata mampu melembapkan kulit hingga memperlambat tanda penuaan. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan madu atau bahan alami lainnya. Bagaimana cara membuatnya?

(0)
Manfaat masker oatmeal adalah melembapkan kulitManfaat masker oatmeal dan madu adalah mengangkat sel kulit mati agar kulit lebih cerah
Masker oatmeal dipercaya sebagai salah satu masker wajah alami yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Terlebih jika dikombinasikan dengan madu dan bahan alami lainnya. Memang, apa manfaat masker oatmeal untuk wajah? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat masker oatmeal untuk wajah?

Banyak orang meyakini oatmeal sebagai olahan gandum yang biasa disantap untuk sarapan memiliki manfaat untuk kulit. Meski banyak orang meyakini keefektifan manfaat masker oatmeal selain untuk sarapan, perlu diketahui bahwa kedua bahan alami ini mungkin belum sepenuhnya aman untuk wajah.Jadi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum mendapatkan manfaat masker oatmeal untuk wajah. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu.Adapun beberapa manfaat oatmeal untuk wajah, di antaranya:

1. Melembapkan kulit wajah

Di balik manfaatnya untuk sarapan, masker dari oatmeal untuk wajah ternyata mampu membuat kulit lembap. Ini karena oatmeal dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan berperan sebagai pelembap alami.Kandungan beta-glukan pada oatmeal berfungsi untuk membentuk lapisan halus tidak hanya pada permukaan kulit, melainkan juga ke sel-sel kulit paling dalam sehingga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit.

2. Mencerahkan wajah

Tak hanya untuk kesehatan, salah satu manfaat masker oatmeal diyakini dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga membuat kulit tampak cerah. Bahkan, cara kerjanya diyakini lebih baik dibandingkan masker buah-buahan atau produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), seperti asam laktat dan asam glikolat, yang dapat memicu eksfoliasi kulit berlebihan.Manfaat masker oatmeal ini bisa Anda dapatkan bersama dengan beberapa tetes madu. 
Manfaat masker oatmeal adalah wajah menjadi cerah
Masker dari oatmeal mampu mencerahkan kulit wajah
Perpaduan bahan alami masker oatmeal dan madu bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki wajah lebih cerah. Madu mengandung zat eksfoliasi yang berfungsi mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Dengan kandungan eksfoliator yang terdapat pada oatmeal dan madu, tak ayal bila manfaat masker oatmeal dan madu dapat mencerahkan wajah.Meski demikian, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan manfaat masker oatmeal dan madu untuk mencerahkan wajah.

3. Mengangkat sel kulit mati

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, manfaat masker oatmeal adalah membantu mengeksfoliasi wajah.Khasiat satu ini juga didukung dengan kandungan saponin di dalamnya yang diklaim mampu mengangkat penumpukan sel kulit mati di wajah.

4. Meredakan jerawat meradang

Meredakan jerawat meradang adalah salah satu manfaat masker oatmeal untuk kulit berjerawat.Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami oleh banyak orang, baik pria dan wanita. Jerawat yang sedang meradang tentu dapat mengganggu penampilan.Manfaat masker oatmeal untuk kulit berjerawat ini muncul berkat kandungan antioksidan bernama avenanthramide yang memiliki efek antiradang.
manfaat masker oatmeal adalah meredakan peradangan jerawat
Jerawat meradang tentu dapat menganggu penampilan
Oatmeal juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, fosfor, mangan, selenium, dan zinc yang memiliki manfaat untuk membantu menyeimbangkan hormon penyebab jerawat. Jika digunakan bersamaan dengan madu, maka manfaat yang didapat bisa jadi akan maksimal. Pasalnya, manfaat masker madu untuk kulit berjerawat juga berasal dari bakteri baik di dalamnya yang mampu meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat. Namun, pastikan jenis madu yang digunakan untuk masker adalah madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

5. Membersihkan pori-pori kulit

Masker dari oatmeal juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit. Minyak alami pada kulit atau produksi minyak berlebih serta kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti pori-pori tersumbat hingga jerawat.Kandungan saponin pada oatmeal tidak hanya mengangkat sel kulit mati, melainkan juga untuk menghilangkan dan membersihkan minyak dan kotoran pada pori-pori. Dengan demikian, pori-pori kulit akan mengecil sehingga kulit menjadi tampak lebih halus.

6. Mengurangi produksi minyak berlebih

Selain membersihkan pori-pori kulit, manfaat masker oatmeal yang tak kalah penting adalah mengurangi produksi minyak berlebih bagi pemilik kulit berminyak.Anda bisa mengurangi produksi minyak berlebih dengan menggunakan masker dari oatmeal setiap hari sehingga dapat mencegah timbulnya flek hitam hingga jerawat di wajah.

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga menjadi manfaat masker oatmeal untuk wajah.Manfaat oatmeal untuk masker ini muncul berkat kandungan lemak yang berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar ultraviolet (UV).Anda pun bisa mendapatkan manfaat ini dalam masker oatmeal dan madu manuka.

8. Memperlambat tanda-tanda penuaan dini

Manfaat masker oatmeal adalah memperlambat penuaan
Seiring bertambahnya usia, tampilan keriput di wajah semakin nyata
Masker oatmeal untuk wajah bermanfaat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini.Oatmeal mengandung asam amino, seperti arginine, histidine, methionine, dan lysine, yang membantu meregenerasi lapisan kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Kandungan tersebut yang diklaim mampu meningkatkan elastisitas kulit serta meminimalisir garis-garis halus dan keriput akibat paparan sinar UV.Jika oatmeal untuk masker digunakan bersamaan dengan madu, maka tentu manfaat ini akan didapat secara optimal.

Bagaimana cara membuat masker oatmeal?

Manfaat masker oatmeal untuk wajah harus digunakan dengan aman
Anda bisa menggunakan masker oatmeal dan madu atau campuran bahan alami lainnya
Setelah mengetahui manfaat masker oatmeal yang dicampur dengan madu, Anda mungkin jadi tertarik untuk membuatnya di rumah dan menggunakannya pada wajah.Anda bisa mencampurkan masker dari oatmeal dengan bahan alami lainnya, seperti yoghurt, air lemon, susu cair putih, atau potongan buah-buahan, guna mendapatkan manfaat masker wajah alami secara maksimal.Namun, sebaiknya Anda memilih bahan-bahan alami sesuai dengan jenis masalah kulit yang dialami, ya. Nah, sederet rekomendasi cara membuat masker oatmeal dan bahan-bahan alami lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah sebagai berikut. 

1. Cara membuat masker oatmeal dan madu untuk scrub wajah

Cara untuk membuat masker oatmeal dan madu sebagai scrub wajah sangat mudah.Anda hanya perlu menyiapkan oatmeal, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Takaran jumlah oatmeal dan madu di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan masker wajah yang Anda buat. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Secara terpisah, buat bubur oatmeal yang biasa Anda buat untuk sarapan terlebih dahulu. Lalu, dinginkan. 
  • Kemudian, campurkan bubur oatmeal, madu, dan minyak zaitun ke dalam sebuah mangkuk berukuran sedang.
  • Aduk secara merata sampai menjadi pasta masker yang kental.
  • Oleskan campuran masker pada seluruh permukaan wajah menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih. Namun ingat, hindari area mata, bibir, dan leher.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Jika sudah, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.
Lakukan langkah ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

2. Cara membuat masker oatmeal dan susu untuk mencerahkan wajah

Untuk mendapatkan manfaat oatmeal dalam mencerahkan wajah, Anda bisa membuat campuran oatmeal dan susu putih bubuk atau cair. Selain mencerahkan wajah, masker wajah alami ini juga cocok untuk menenangkan luka bakar dan kulit yang meradang.Anda cukup menyiapkan 1 sendok makan oatmeal dan 2 sendok makan susu putih bubuk atau cair. Selanjutnya, lakukan cara untuk membuatnya di bawah ini:
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan oatmeal dan susu putih.
  • Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental. 
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Diamkan selama 20 menit atau sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air hangat sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

3. Cara membuat masker oatmeal untuk kulit berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, menggunakan oatmeal untuk masker bisa menjadi rutinitas perawatan yang bisa dilakukan. Anda bisa menyiapkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh baking soda, dan air secukupnya. Lalu, simak cara untuk membuatnya berikut ini. 
  • Haluskan oatmeal dalam blender atau food processor
  • Pindahkan oatmeal yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan baking soda dan air secukupnya. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker yang kental. 
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Diamkan selama 10 menit atau sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air dingin sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

4. Cara membuat masker oatmeal untuk kulit kering

Pemilik kulit kering biasanya menginginkan kulitnya menjadi terasa lebih lembap. Anda bisa menggunakan 2 sendok makan oatmeal yang dicampur dengan 1 sendok teh air lemon dan 1 sendok makan madu. Bagaimana cara membuatnya? Simak langkah-langkah di bawah ini. 
  • Haluskan oatmeal, air lemon, dan madu dalam sebuah mangkuk. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker yang kental. 
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Diamkan sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air hangat sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

5. Cara membuat masker oatmeal untuk kulit berminyak

Punya masalah dengan kulit berminyak? Membuat masker oatmeal dengan campuran bahan-bahan alami di bawah ini cocok untuk Anda terapkan di rumah, lho. Siapkan ½ cangkir bubur oatmeal yang sudah didinginkan, 1 butir telur, 1 sendok makan air lemon, dan  ½ buah apel yang dihaluskan. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini
  • Campurkan seluruh bahan-bahan di atas dalam sebuah mangkuk. 
  • Pastikan agar sudah diaduk secara merata.
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Diamkan selama 10 menit atau sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air dingin sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

6. Cara membuat masker oatmeal untuk kulit kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi, tak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan manfaat masker oatmeal untuk wajah. Pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan, seperti ¼ gelas bubur oatmeal, 2-3 sendok makan yogurt tanpa rasa, dan 1 sendok makan madu. Lalu, ikuti cara untuk membuatnya dengan:
  • Campurkan seluruh bahan-bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk. 
  • Jika sudah diaduk secara merata, oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10-15 menit atau sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air dingin sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

7. Cara membuat masker oatmeal untuk kulit sangat kering dan kulit menua

Oatmeal untuk masker bisa digunakan oleh pemilik kulit yang sangat kering dan atau kulit dengan tanda-tanda penuaan. Cukup siapkan ½ gelas bubur oatmeal, 1 butir telur, 1 sendok makan minyak almond, ½ buah pisang yang sudah dihaluskan, dan 1 sendok makan madu. Minyak almond diyakini bermanfaat untuk orang dengan kulit sangat kering dan kulit menua. Adapun cara untuk membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Campurkan seluruh bahan-bahan yang sudah disiapkan ke dalam sebuah mangkuk. 
  • Jika sudah diaduk secara merata, oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10 menit atau sampai masker mengering. 
  • Bersihkan masker dengan air hangat sampai bersih.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut menggunakan handuk.

Bagaimana cara menggunakan masker oatmeal untuk wajah dengan aman?

Pada dasarnya, penggunaan masker dari oatmeal wajah tergolong aman dilakukan. Akan tetapi, bagi orang dengan kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis, menggunakan masker dari oatmeal mungkin dapat memperburuk kondisinya.Maka dari itu, penting mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda cocok untuk menggunakan manfaat masker oatmeal atau tidak.Caranya, lakukan langkah-langkah di bawah ini sebelum mengoleskan masker dari oatmeal pada wajah Anda.
  • Oleskan sedikit masker oatmeal ke beberapa bagian tubuh Anda yang lain, seperti punggung tangan, pergelangan tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih.
  • Kemudian, lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami iritasi, kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman dan cocok untuk menggunakan masker oatmeal pada wajah.
  • Sebaliknya, apabila kulit wajah mengalami iritasi, kemerahan, reaksi alergi, atau terasa perih seperti terbakar saat mengoleskan masker bahan alami ini, segera bilas kulit dengan air bersih. Lalu, hentikan penggunaannya.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apa pun pada wajah Anda, termasuk masker oatmeal yang dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker tersebut.Dokter kulit dapat membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok untuk  menggunakan masker oatmeal atau tidak. Dengan ini, manfaat masker oatmeal untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan optimal.Penasaran ingin coba oatmeal untuk masker wajah? Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face#side-effects
Diakses pada 12 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/honey-for-skin#uses
Diakses pada 12 Agustus 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-oats/#WhatAreTheNutrientsInOats?
Diakses pada 12 Agustus 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/oatmeal-face-mask/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/oatmeal-facial-masks-2442870
Diakses pada 3 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait