Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

0,0
21 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat minum air putih di pagi hari dapat membantu metabolisme tubuhMinum air putih di pagi hari membantu menghidrasi tubuh
Manfaat minum air putih di pagi hari tidak boleh Anda remehkan. Saat tidur, tubuh beristirahat dan melakukan proses pemulihan sehingga kehilangan banyak cairan. Untuk mulai mengganti cairan yang hilang, Anda dapat minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur.
Air putih memiliki peran yang penting agar tubuh berfungsi dengan baik, mulai dari membawa nutrisi, membuang kotoran dari sel tubuh, hingga melindungi organ dan jaringan tubuh. Anda juga bisa mengalami dehidrasi jika jarang minum air putih.

Manfaat minum air putih di pagi hari

Berikut manfaat minum air putih di pagi hari yang bisa Anda dapatkan

1. Menghidrasi tubuh

Tidak sedikit orang yang lebih memilih minum teh atau kopi setelah bangun tidur di pagi hari. Padahal air putih menjadi cara yang lebih efektif untuk menghidrasi tubuh setelah sepanjang malam kehilangan banyak cairan.Selain itu, manfaat minum air putih di pagi hari dapat membantu menciptakan kebiasaan yang sehat dan membangun rutinitas yang memungkinkan Anda mendapat cukup air di sepanjang hari.

2. Mengatasi kelelahan di pagi hari

minum air putih saat bangun tidur
Minum air putih di pagi hari dapat mengatasi kelelahan saat bangun tidur
Merasa kelelahan saat bangun tidur? Kondisi ini dapat disebabkan inersia tidur (masa transisi dari tidur ke bangun), paparan sinar biru, kualitas tidur yang buruk, atau terlalu banyak mengonsumsi kafeinMinum air putih bisa jadi solusi yang tepat untuk membantu mengatasi kelelahan yang Anda rasakan di pagi hari setelah bangun tidur. 

3. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat minum air putih di pagi hari lainnya adalah membantu metabolisme tubuh berfungsi secara optimal. Fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh proses metabolisme meliputi bernapas, pengedaran darah, memperbaiki dan memperbarui sel, menyesuaikan tingkat hormon, dan mengendalikan suhu tubuh.

4. Membersihkan racun yang tersisa dari tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari bisa membantu membersihkan racun yang tersisa dari tubuh. Minum air mendorong Anda untuk buang air kecil atau buang air besar yang merupakan cara alami tubuh dalam membuang kotoran dan racun.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Minum air putih di pagi hari dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat minum air putih di pagi hari selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Air dapat menyingkirkan bakteri jahat dari sistem pencernaan dan memungkinkan bakteri baik berkembang di usus.

6. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi menemukan bahwa minum air putih di pagi hari ketika perut kosong dapat mengurangi asupan kalori sebesar 13 persen pada waktu makan berikutnya. Itu terjadi karena Anda merasa lebih kenyang sehingga mencegah makan berlebihan. Hal ini tentunya baik dalam membantu menurunkan berat badan. 

7. Menyehatkan kulit

Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari juga dapat menyehatkan kulit, bahkan membuat kulit tampak berkilau. Manfaat ini berasal dari kemampuan air dalam menghidrasi kulit sehingga membuatnya tidak kering.

Apakah lebih baik minum air hangat di pagi hari?

Ada berbagai klaim yang menyebutkan bahwa minum air hangat lebih bermanfaat. Akan tetapi, sebagian besar klaim tersebut berasal dari laporan anekdot alias pengalaman pribadi saja.Dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan klaim ini. Walaupun begitu, manfaat minum air hangat di pagi hari yang pasti adalah membantu Anda tetap terhidrasi. Selain itu, Anda bisa minum air hangat sebelum tidur. Ini adalah cara yang bagus untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas dan membantu tidur lebih nyenyak. Saat bangun di pagi hari, Anda pun dapat merasa lebih segar.Sementara itu, jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar aturan minum air putih, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
air putihhidup sehatpola hidup sehat
Kemkes. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/15/apa-saja-manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur
Diakses pada 07 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/drinking-water-in-the-morning
Diakses pada 07 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/waking-up-tired-2#eating-and-drinking-habits
Diakses pada 07 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water#removes-toxins
Diakses pada 07 Mei 2021
USA Today. https://www.usatoday.com/story/news/health/2020/01/23/water-every-morning-first-thing-has-health-benefits-experts-say/4530408002/
Diakses pada 07 Mei 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508
Diakses pada 07 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait