5 Manfaat Olahraga Tinju untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

(0)
29 Jan 2020|Anita Djie
Manfaat olahraga tinju baik untuk kesehatanSalah satu manfaat olahraga tinju adalah memperkuat otot-otot tubuh
Meski memiliki kesan sebagai olahraga yang agresif dan identik dengan kaum Adam, ternyata olahraga tinju punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Dan tentunya kaum Hawa juga bisa merasakan manfaatnya juga.

Manfaat olahraga tinju

Olahraga tinju yang dimaksud berbeda dengan tinju yang dilakukan para atlet profesional. Di olahraga tinju Anda tak perlu bertarung melawan orang lain di atas ring. Anda cukup berlatih dengan melakukan berbagai teknik pukulan ke arah samsak, punching pad, atau ke udara secara berulang-ulang. Anda pun bisa melakukan gerakan pukulan sambil mendengarkan musik untuk menambah semangat.Selain seru dan menyenangkan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat olahraga tinju berikut ini.
  • Membakar kalori

Melakukan berbagai pukulan yang bervariasi berkali-kali mampu menghabiskan kurang lebih 400 kalori dalam waktu satu jam pada wanita dan 500 kalori pada pria.Oleh karenanya, olahraga tinju dapat dijadikan pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan sekaligus belajar teknik bela diri.
  • Menguatkan otot-otot tubuh

Anda mungkin mengira bahwa olahraga tinju hanya berperan dalam menguatkan otot lengan dan tangan Anda, padahal olahraga tinju juga sangat berperan dalam menguatkan dan membentuk otot-otot tubuh.Saat melakukan olahraga tinju, Anda akan melatih otot paha dan core muscle atau otot yang terdapat di perut dan punggung dengan melakukan berbagai langkah kaki dan teknik pukulan yang bervariasi.
  • Mengurangi stres

Memukul samsak berkali-kali sekuat mungkin ampuh untuk melepas kepenatan yang dialami. Melakukan olahraga tinju membuat Anda lebih bisa mengendalikan stres serta menjadi lebih kuat dan percaya diri. Bahkan, olahraga tinju mampu memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati.
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Olahraga tinju sangat baik untuk meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata Anda. Hal ini karena olahraga tinju mengharuskan Anda untuk memukul pada sasaran yang sudah ditentukan dengan berbagai macam teknik pukulan.Selain itu, olahraga tinju juga melatih keseimbangan tubuh Anda, Anda diharuskan untuk memukul dengan teknik dan posisi yang benar.Anda akan merasa lebih mudah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, lebih fokus, serta bisa menghindari cedera saat melakukan beragam kegiatan.
  • Cocok sebagai olahraga kardio

Bagi Anda yang suka melakukan olahraga kardio yang banyak mengeluarkan keringat serta melatih pernapasan dan jantung, Anda dapat mengikuti olahraga tinju.Olahraga tinju tidak hanya membangun kekuatan, tetapi juga membantu Anda membakar lemak serta melatih pernapasan dan ketahanan tubuh.Anda tidak hanya akan berlatih teknik pukulan, tetapi juga akan menjalani gerakan-gerakan menggunakan berat tubuh, seperti burpees, jumping jacks, dan sebagainya.

Catatan dari SehatQ

Olahraga tinju merupakan salah satu latihan fisik yang bisa dicoba untuk melatih tubuh dan menjaga kesehatan. Namun, tidak semua orang cocok melakukan olahraga ini. Penderita osteoporosis atau osteoartritis di tangan harus berhati-hati saat mengikuti olahraga ini.Penderita harus memastikan untuk tidak memukul target dan hanya melakukan teknik pukulan saja. Selalu ingat untuk menggunakan sarung tinju dan hand wrap sebelum memulai olaharaga.Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani olahraga tinju.
olahragahidup sehatpola hidup sehat
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/exercise-and-fitness/punch-up-your-exercise-routine-with-fitness-boxing
Diakses pada 29 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/405122-what-are-the-health-benefits-of-boxing/
Diakses pada 29 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait