20 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan yang Bisa Anda Terapkan


Manfaat petroleum jelly untuk kulit dan kecantikan sangat beragam. Tidak hanya melembapkan kulit, fungsi petroleum jelly ternyata bisa mengatasi kulit kering, mencegah bibir pecah-pecah, mengurangi rambut bercabang, hingga menghapus make up mata.

(0)
Manfaat petroleum jelly mulai dari melembapkan kulit hingga mengurangi rambut bercabangPetroleum jelly banyak digunakan dalam produk pelembap maupun kecantikan
Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah mendengar nama petroleum jelly. Misalnya, dalam produk kecantikan. Apa manfaat petroleum jelly?Petroleum jelly adalah sebuah campuran dari minyak mineral dan lilin (wax) yang membentuk zat lemak semisolid. Teksturnya menyerupai balsam yang licin dan lengket. Sudah menjadi rahasia umum apabila kehadiran petroleum jelly memiliki segudang manfaat, terutama untuk kecantikan. Simak penjelasan mengenai fungsi petroleum jelly selengkapnya di bawah ini!

Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan 

Ada berbagai fungsi petroleum jelly untuk kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat petroleum jelly:

1. Melembapkan kulit

Manfaat petroleum jelly bisa melembapkan kulit
Oleskan petroleum jelly agar kulit tidak kering
Salah satu manfaat petroleum jelly yang utama adalah melembapkan kulit.Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dermatology membuktikan bahwa petroleum jelly merupakan zat yang paling baik dalam melembapkan kulit dibandingkan minyak zaitun, lanolin, dan minyak mineral. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly sesaat setelah mandi untuk mencegah kulit kering. Anda juga dapat menggunakannya sesaat sebelum tidur di malam hari untuk membantu mengembalikan serta menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. 

2. Mengatasi kulit kering dengan aman

Manfaat petroleum jelly bisa digunakan untuk mengatasi kulit keringYa, kulit kering dapat menyebabkan pengelupasan, gatal, pecah-pecah, bahkan berdarah.Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly untuk kulit yang kering. Mulai dari bibir, wajah, hingga kelopak mata. Kulit di area kelopak mata termasuk paling tipis dan mudah mengalami iritasi. Jika kelopak mata Anda kering dan terkelupas, cukup oleskan petroleum jelly untuk menjaganya agar tetap lembap.

3. Menyembuhkan luka

Menyembuhkan luka bisa jadi manfaat petroleum jelly
Petroleum jelly bisa menyembuhkan luka agar tidak menjadi keropeng
Manfaat petroleum jelly selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Gel ini dapat membantu luka-luka ringan (seperti, lecet atau tergores) agar tetap lembap dan tidak menjadi keropeng. Pasalnya, luka yang mengering dan telah membentuk kerak membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Belum lagi, rasa gatal juga terkadang menyertai proses penyembuhan luka.Dengan mengoleskan petroleum jelly, bekas luka menjadi tidak terlalu besar dan terhindar dari serangan rasa gatal. Namun, jangan lupa untuk tetap membersihkan luka dengan saksama agar tidak infeksi.

4. Mencegah iritasi kulit akibat gesekan

Kulit bisa saja mengalami iritasi saat bergesekan. Misalnya, gesekan dengan pakaian maupun kulit ke kulit. Hal ini biasanya membuat kulit terasa perih, terutama pada penderita eksim atau kulit kering. Kulit yang iritasi bisa saja berubah menjadi luka lepuhan yang berisi air. Agar kondisi ini tidak terjadi, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada kulit yang mengalami iritasi.

5. Mengatasi bibir kering

Manfaat petroleum jelly dalam mengatasi bibir kering ampuh
Coba oleskan petroleum jelly untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah
Manfaat petroleum jelly yang tak kalah penting adalah mengatasi bibir kering dengan menjaga kelembapannya.Terkena paparan sinar matahari, kurangnya kelembapan udara, terpapar cuaca dingin, kebiasaan menjilat bibir, serta bernapas melalui mulut, termasuk beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang kerap tak disadari.Maka dari itu, coba oleskan petroleum jelly pada permukaan bibir yang kering secara rutin. 

6. Mencegah tumit pecah-pecah

Manfaat petroleum jelly bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan tumit pecah-pecahCara menggunakannya mudah, Anda cukup merendam kaki ke dalam baskom atau wadah berisi campuran air hangat dan garam selama beberapa menit.Jika sudah selesai, keringkan kaki menggunakan handuk bersih. Lalu, oleskan petroleum jelly pada tumit. Setelah itu, kenakan kaos kaki semalaman agar gel tidak mengotori seprai dan selimut. 

7. Mengurangi rasa gatal akibat alergi

Manfaat petroleum jelly sebagai pelembap kulit, bisa menjadi solusi dalam mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga atau terpapar zat alergen, seperti deterjen, tanaman, logam, dan lainnya. 

8. Meredakan gejala penyakit kulit

Gejala penyakit kulit bisa diatasi dengan menerapkan manfaat petroleum jelly
Gejala rosacea bisa diatasi dengan mengoleskan petroleum jelly
Meredakan gejala penyakit kulit juga menjadi fungsi petroleum jelly lainnya.Sebuah penelitian dari Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa sifat oklusif pada petroleum jelly aman digunakan untuk meredakan gejala rosacea berupa kulit kemerahan dan meradang.Pada penderita psoriasis, manfaat petroleum jelly untuk wajah kering bisa diterapkan agar kulit tetap lembap tanpa menimbulkan iritasi. 

9. Mengeksfoliasi kulit

Siapa sangka kalau fungsi petroleum jelly bisa digunakan sebagai cara mengeksfoliasi kulit? Cukup campurkan petroleum jelly secukupnya dengan garam untuk membuat body scrubDengan demikian, sel-sel kulit mati bisa terangkat sehingga memberikan kesan segar pada kulit. 

10. Menenangkan kulit terbakar matahari

Kulit terbakar sinar matahari (sunburn) bisa menyebabkan kemerahan, kering, dan gatal. Anda bisa memperoleh manfaat petroleum jelly untuk mengembalikan kelembapan kulit ini dengan cara mengoleskannya. Lalu, tutupi dengan perban guna mempercepat proses penyembuhan. Lakukan langkah ini 2-3 kali dalam sehari.

11. Memperlambat tanda-tanda penuaan

tanda penuaan bisa dicegah dengan manfaat petroleum jelly
Tanda penuaan bisa dicegah dengan rutin oleskan petroleum jelly
Fungsi petroleum jelly memang tidak secara langsung dapat mengecilkan pori kulit atau mengatasi penuaan. Namun, mengoleskan petroleum jelly secara rutin diyakini dapat memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriputSebuah hasil riset yang dimuat dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa aktivitas mikroba pada petroleum jelly mampu meningkatkan peptida pada permukaan kulit. Peptida adalah salah satu kandungan yang kerap digunakan dalam sejumlah produk kecantikan untuk penuaan. 

12. Membuat eye shadow tahan lama

Tahukah Anda kalau manfaat petroleum jelly bisa membuat tampilan eye shadow lebih tahan lama?Sebelum menggunakan eye shadow, coba oleskan tipis-tipis petroleum jelly pada kelopak mata agar tampilannya bisa menempel sepanjang hari. Anda juga dapat mencampurkan bubuk eye shadow dengan petroleum jelly untuk membuat krim eye shadow yang tahan lama. 

13. Membantu alis tampak rapi

Manfaat petroleum jelly untuk rambut alis lebih rapi
Alis bisa lebih rapi dengan mengoleskan petroleum jelly
Selain membuat eye shadow tahan lama, manfaat petroleum jelly bisa membantu alis tampak rapi sesuai keinginan. Cukup oleskan petroleum jelly tipis-tipis pada permukaan alis, lalu bentuk dan arahkan alis sesuai keinginan Anda. 

14. Menghapus make up mata

Manfaat petroleum jelly ternyata aman digunakan untuk menghapus riasan mata Anda. Ya, minyak menjadi salah satu bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan riasan, termasuk make up mata yang tahan air. Cara mendapatkan fungsi petroleum jelly untuk menghapus mata pun mudah. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly menggunakan cotton bud atau kapas pada bagian kulit yang ingin dibersihkan. Usap riasan dengan tekanan lembut hingga bersih.Kendati demikian, perlu diketahui bahwa memakai petroleum jelly mungkin saja tidak cukup untuk menyingkirkan riasan mata sepenuhnya. Jadi, Anda tetap harus mencuci muka dengan air bersih dan sabun khusus wajah.

15. Mengatasi rambut bercabang

Manfaat petroleum jelly untuk rambut bercabang
Gosokkan sedikit petroleum jelly pada ujung rambut bercabang
Tak hanya kulit, ada pula manfaat petroleum jelly untuk rambut. Salah satunya yang mungkin tidak terduga adalah mengatasi rambut bercabangPaparan sinar matahari dan polusi udara dapat menjadi penyebab rambut kering dan berujung pada kondisi bercabang.Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan petroleum jelly. Cukup ambil sedikit gel ini di telapak tangan Anda, lalu oleskan ke ujung-ujung rambut yang bercabang. 

16. Membuat kutikula kuku menjadi lembut

Manfaat petroleum jelly juga bisa membuat kutikula kuku menjadi lembut. Cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur. Cara ini juga bisa membuat kuku Anda tampak lebih berkilau alami. Menarik, bukan?

17. Mempertahankan aroma parfum di tubuh

Manfaat petroleum jelly ternyata juga bisa mempertahankan aroma parfum sehingga mampu menjaga tubuh Anda tetap wangi. Anda cukup mengoleskan petroleum jelly pada permukaan kulit yang biasa disemprotkan parfum. 

18. Membersihkan noda cat kuku pada kulit

Jika Anda akan mengecat kuku, oleskan petroleum jelly pada area kulit di sekitar kuku. Sebab, manfaat petroleum jelly dapat membantu Anda membersihkan sisa-sisa cat kuku yang sering menempel di kulit sekitar kuku. 

19. Mencegah cat rambut menempel pada kepala

Untuk mencegah dan melindungi kulit kepala dari cat pewarna rambut, manfaat petroleum jelly satu ini bisa diterapkan dengan cara mengoleskannya di sepanjang garis rambut yang diwarnai. 

20. Mencegah ruam popok pada bayi

Bayi seringkali mengalami ruam popok. Nah, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly sebagai cara untuk mengatasinya. Cara mendapatkan manfaat petroleum jelly ini adalah cukup mengoleskannya pada permukaan kulit Si Kecil sebelum ruam popok muncul.Fungsi petroleum jelly muncul karena perannya sebagai pelindung yang melapisi kulit bayi agar tidak iritasi. Oleskan gel pada kulit bayi secara rutin sehabis memandikan bayi atau ketika mengganti popoknya. 

Efek samping petroleum jelly yang perlu diketahui

Meski ada segudang fungsi petroleum jelly yang bisa Anda dapatkan. Namun, ada beberapa hal yang harus diingat, yaitu:
  • Petroleum jelly hanya boleh untuk dioleskan pada kulit bagian luar. 
  • Jangan memasukkan petroleum jelly ke dalam mulut atau menelannya.
  • Jangan menggunakan petroleum jelly sebagai pelumas saat berhubungan intim.
Pada sebagian orang, penggunaan petroleum jelly bahkan bisa menimbulkan reaksi efek samping sebagai berikut:

1. Alergi

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan petroleum jelly mungkin saja memicu reaksi alergi, seperti ruam, kulit kemerahan, dan gatal. Pasalnya, produk ini berbahan dasar minyak. 

2. Infeksi

Infeksi bukan disebabkan oleh pemakaian petroleum jellyKondisi ini bisa muncul jika Anda tidak membersihkan kulit dengan benar sebelum mengoleskan petroleum jelly.Akibatnya, risiko infeksi bakteri atau jamur akan meningkat.

3. Penyumbatan pori-pori kulit

Beberapa orang mungkin bisa mengalami jerawat setelah menggunakan petroleum jellySama seperti kondisi infeksi, pastikan Anda membersihkan kulit dan wajah terlebih dulu untuk mengurangi risiko penyumbatan pori-pori yang berujung pada tumbuhnya jerawat

Catatan dari SehatQ

Manfaat petroleum jelly untuk kulit dan kecantikan memang tak diragukan lagi. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakannya secara sembarangan.Kondisi kulit harus benar-benar bersih dan kering sebelum diolesi petroleum jellyAnda juga harus memerhatikan reaksi kulit Anda. Bila terjadi reaksi alergi, segera bersihkan petroleum jelly dari kulit Anda.Apabila masalah kulit Anda tidak kunjung membaik meski sudah menggunakan gel ini, konsultasikan ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan benar.Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk menanyakan apakah kondisi kulit Anda cocok menggunakan petroleum jelly atau tidak. Dengan ini, manfaat petroleum jelly untuk kulit dan kecantikan bisa didapat secara optimal. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kulit keringruam kuliteksimbibir keringkesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/petroleum-jelly#uses
Diakses pada 30 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/vaseline-on-face
Diakses pada 30 Oktober 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324039.php
Diakses pada 30 Oktober 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-secrets//petroleum-jelly
Diakses pada 30 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/vaseline-on-face#different-skin-conditions
Diakses pada 5 Maret 2021
The Journal of Allergy and Clinical Immunology. https://www.jacionline.org/article/S0091-6749(15)01194-X/fulltext
Diakses pada 5 Maret 2021
Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences. http://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1984-82502017000400401
Diakses pada 5 Maret 2021
Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/
Diakses pada 5 Maret 2021
Health. https://www.health.com/beauty/6-ways-to-use-vaseline-in-your-beauty-regimen
Diakses pada 5 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/columns/adam-friedman-the-skin-youre-in/home-remedies-soothe-sunburn/
Diakses pada 5 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait