Manfaat Sarapan Buah untuk Kesehatan, Apa Saja yang Sebaiknya Dikonsumsi?


Sarapan buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari mencegah sembelit, menambah energi, hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

(0)
sarapan buahSarapan buah dapat mencegah sembelit
Selama ini, kebanyakan orang memilih untuk makan dengan nasi atau roti ketika sarapan. Cara tersebut dipilih karena nasi dan roti memberikan asupan karbohidrat yang cukup untuk dipakai sebagai energi hingga siang hari.Meski begitu, tak jarang juga orang memilih untuk sarapan buah di pagi hari. Hal ini biasanya dilakukan orang-orang yang tengah menjalani program diet. Lantas, apakah sebenarnya boleh hanya mengonsumsi buah untuk sarapan?

Manfaat sarapan buah untuk kesehatan

Sebelum mendapatkan jawaban soal apakah boleh hanya sarapan buah di pagi hari, ada baiknya Anda mengetahui manfaat mengonsumsi buah ketika sarapan. Buah mempunyai kandungan gula yang baik untuk tubuh. Gula dalam buah dikonversi menjadi energi untuk menjalani hari Anda.Selain dapat menjadi sumber energi, buah juga kaya  akan kandungan air, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Air dalam buah dapat membantu menjaga supaya tubuh tetap terhidrasi. Sementara itu, serat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.Sarapan buah juga cocok bagi orang yang tengah menjalani program diet. Kandungan serat tinggi dalam buah bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Perasaan tersebut akan membantu mencegah Anda makan secara berlebihan.Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2017, diet tinggi serat mendorong penurunan berat badan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, serat membuat Anda kenyang lebih lama. Perasaan kenyang membuat Anda makan lebih sedikit sehingga asupan kalori dapat lebih dibatasi.

Bolehkah hanya makan buah untuk sarapan?

Buah memang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, makanan ini juga mempunyai kandungan gula yang bisa dikonversi menjadi energi oleh tubuh. Meskipun begitu, Anda sebaiknya tidak sarapan dengan hanya mengonsumsi buah saja.Ketika sarapan, Anda lebih disarankan untuk mengisi piring dengan kombinasi makanan yang punya kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan lemak sehat. Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari roti atau sereal. Untuk asupan protein, bisa dengan konsumsi produk susu rendah lemak, telur, dan daging tanpa lemak.Buah dan sayuran dijadikan sebagai penyempurna sarapan Anda. Kedua jenis makanan ini merupakan sumber mineral, vitamin, dan serat yang baik untuk tubuh.

Ragam buah untuk sarapan yang bisa dijadikan pilihan

Konsumsi buah untuk sarapan dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Buah yang cocok Anda jadikan sebagai teman sarapan di pagi hari, antara lain:

1. Nanas

nanas
Nanas adalah buah yang kaya kandungan vitamin C dan enzim bromelain. Enzim bromelain dapat membantu mengurangi peradangan usus. Selain itu, buah yang mempunyai rasa asam manis ini turut meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan merangsang pencernaan protein.

2. Kiwi

buah kiwi
Kandungan vitamin C dalam kiwi dapat mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang berpotensi memicu terjadinya peradangan pada tubuh.

3. Stroberi

stroberi
Sama seperti kiwi, stroberi merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C berguna untuk meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, stroberi juga mengandung mineral yang mendukung fungsi kekebalan tubuh.

4. Pepaya

pepaya
Mengonsumsi pepaya untuk sarapan dapat membantu proses produksi kolagen dalam tubuh. Tak hanya itu, pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang berguna untuk kesehatan kulit.

5. Anggur merah

Konsumsi anggur untuk sarapan dapat melindungi Anda dari efek berbahaya sinar ultraviolet ketika bepergian di siang hari. Hal ini terjadi karena anggur merupakan buah yang mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin tinggi. 

Catatan dari SehatQ

Sarapan buah memberi banyak manfaat untuk tubuh. Namun, Anda sebaiknya tidak sarapan dengan hanya mengonsumsi buah. Beberapa buah yang cocok dikonsumsi untuk sarapan, di antaranya nanas, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur merah.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal manfaat sarapan buah untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sarapan sehattips dietsarapanbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325253
Diakses pada 6 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fruit-combos-for-breakfast
Diakses pada 6 Januari 2021
SFGate. https://healthyeating.sfgate.com/eating-fruit-breakfast-healthy-5865.html
Diakses pada 6 Januari 2021
Step to Health. https://steptohealth.com/benefits-eating-fruit-breakfast-know-one-best/
Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait