Manfaat Sawo Belanda untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya


Manfaat sawo belanda tak lepas dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Berbagai macam manfaatnya meliputi meningkatkan fungsi otak, mencegah sembelit, hingga mengurangi risiko diabetes.

(0)
Manfaat sawo belanda untuk kesehatan salah satunya melawan radikal bebasSawo belanda merupakan buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan
Sawo belanda atau sawo mentega merupakan buah yang kerap diolah menjadi selai, tepung, dan bubur. Buah yang berasal dari Meksiko ini juga sering digunakan sebagai pengganti labu ketika membuat pie maupun puding.Tak hanya mempunyai cita rasa yang lezat, buah dengan nama latin Pouteria campechiana ini menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang diberikan sawo belanda itu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan nutrisi sawo belanda

Sawo belanda adalah buah yang kaya niasin dan beta-karoten. Selain itu, buah yang sering disebut alkesa ini juga dapat menjadi sumber energi karena memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi.Berikut beragam kandungan nutrisi yang bisa Anda temukan dalam 100 gram sawo belanda menurut hasil penelitian dari Laboratorio FIM de Nutricion di Havana:
  • Kalori: 138,8
  • Protein: 1,68 gram
  • Karbohidrat: 36,69 gram
  • Lemak: 0,13 gram
  • Serat: 0,10 gram
  • Kalsium: 26,5 mg
  • Fosfor: 37,3 mg
  • Zat besi: 0,92 mg
  • Beta-karoten: 30 mg
  • Niasin: 3,72 mg
  • Riboflavin: 0,01 mg

Apa saja manfaat sawo belanda untuk kesehatan?

Beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat sawo belanda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi. Berikut berbagai macam yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi sawo mentega:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Sawo belanda merupakan buah yang baik untuk menunjang kesehatan mata. Kemampuan ini tak lepas dari kandungan beta-karoten di dalamnya. Dalam 100 gram buah ini, terdapat sekitar 30 mg beta-karoten.Dalam tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri bermanfaat untuk mencegah penyakit degeneratif pada mata seperti degenerasi makula.

2. Memperkuat otot

Kandungan zat besi dalam sawo mentega dapat membantu memperkuat kinerja otot. Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh lewat darah, termasuk otot. Kekurangan zat besi dapat menurunkan kinerja otot dan stamina tubuh. 

3. Meningkatkan fungsi otak

Konsumsi sawo belanda secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan zat besi dalam buah ini, yang turut membantu meningkatkan pasokan oksigen ke otak.Saat mendapat asupan oksigen yang cukup, otak akan bekerja lebih optimal dalam melakukan aktivitas kognitif. Selain itu, risiko terserang penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia akan berkurang jika pasokan oksigen terpenuhi.

4. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan polifenol dalam alkesa dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga membantu melindungi Anda dari serangan penyakit kronis seperti kanker, jantung, dan gangguan metabolik.

5. Mengurangi risiko hipertensi

Mikronutrien niasin dalam sawo belanda dapat mengurangi risiko Anda mengalami hipertensi. Niasin merupakan mikronutrien yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan memperlebar pembuluh darah.

6. Mengurangi risiko diabetes

Tak hanya mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, niasin dalam sawo mentega juga turut membantu mengubah gula darah menjadi energi. Ketika kadar gula darah di dalam tubuh terkontrol dengan baik, risiko menderita diabetes akan berkurang.

7. Meningkatkan kesehatan sendi dan tulang rawan

Konsumsi sawo belanda secara rutin dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan fungsi sendi. Selain itu, buah alkesa juga berperan dalam regenerasi tulang rawan. Kemampuan itu tidak lepas dari kandungan niasin yang terdapat di dalamnya. Tak hanya itu, fosfor dan kalsium yang terkandung dalam sawo belanda juga turut berkontribusi meredakan peradangan sendi.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam sawo mentega dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti flu dan melindungi tubuh dari penyakit seperti pneumonia serta infeksi paru-paru.

9. Mengatasi sembelit

Serat dalam sawo belanda bermanfaat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan dengan melunakkan tinja. Mempunyai sifat sebagai pencahar alami, buah ini bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan sindrom iritasi usus besar.

Catatan dari SehatQ

Sawo belanda adalah buah yang baik dikonsumsi setiap hari karena mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi buah ini, antara lain meningkatkan fungsi otak, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko diabetes.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal sawo belanda dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
vitamin aantioksidanbuah dan sayurankarbohidrat
Horticulture and Landscape Architecture Purdue University. https://hort.purdue.edu/newcrop/morton/canistel.html
Diakses pada 15 Februari 2021
Dr Healt Benefits. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-egg-fruit
Diakses pada 15 Februari 2021
Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian. http://buttmkp.karantina.pertanian.go.id/?page_id=1756
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait