Manfaat Stoking Kompresi untuk Kesehatan Kaki, Cegah Varises hingga Kaki Bengkak


Manfaat stoking kompresi untuk kesehatan kaki sangat beragam. Alat ini dapat membantu mengatasi nyeri akibat varises, mencegah DVT, hingga mengurangi pembengkakan kaki.

(0)
Stoking kompresi digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah tertentu pada kaki.Stoking kompresi bantu atasi masalah pada kaki seperti bengkak dan varises.
Varises adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena di kaki yang seringkali memicu nyeri. Beragam cara bisa diterapkan untuk mengatasi varises, salah satunya dengan menggunakan stoking kompresi. Meski begitu, penggunaan alat ini tak boleh dipakai sembarangan, terlebih apabila Anda menderita kondisi kesehatan tertentu.

Apa itu stoking kompresi?

Stoking kompresi adalah kaus kaki atau stoking khusus yang digunakan sebagai terapi untuk mengatasi kondisi tertentu pada kaki, salah satunya varises. Stoking ini bekerja dengan cara memberikan tekanan lembut ke sekitar kaki untuk meningkatkan aliran darah ke jantung.Tak cuma memperlancar aliran darah, alat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit serta bengkak di pergelangan kaki. Sejumlah orang yang umumnya memakai stoking kompresi, di antaranya:
  • Atlet
  • Wanita hamil
  • Orang yang baru saja menjalani operasi
  • Orang yang berdiri sepanjang hari di tempat kerja
  • Orang yang mengalami masalah pada sirkulasi darah seperti penderita diabetes dan varises
  • Orang yang tidak bisa meninggalkan tempat tidur atau kesulitan untuk menggerakan kaki

Manfaat penggunaan stoking kompresi

Penggunaan kaus kaki kompresi menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, terutama pada kaki. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan stoking kompresi:
  • Mencegah varises
  • Mengurangi pembengkakan kaki
  • Mendukung proses drainase limfatik
  • Mendukung kinerja pembuluh darah vena
  • Meningkatkan sirkulasi darah di kaki Anda
  • Mencegah penumpukan darah pada pembuluh darah kaki
  • Membantu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat varises
  • Mencegah penyakit trombosis vena dalam (DVT) atau gumpalan darah di pembuluh vena
  • Mengurangi efek hipotensi ortostatik, yang memicu munculnya rasa pusing dan ketidakstabilan ketika berdiri

Adakah efek samping akibat penggunaan stoking kompresi?

Penggunaan stoking kompresi umumnya tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan Anda. Meski begitu, Anda harus memastikan agar stoking tidak terlalu ketat karena bisa mengakibatkan kerusakan jaringan akibat terputusnya pasokan darah dan oksigen ke kaki.Pada beberapa orang, penggunaan stoking kompresi mungkin akan menyebabkan iritasi dan membuat kulit menjadi kemerahan. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, hal itu umumnya disebabkan oleh ukuran stoking yang tidak pas, penggunaan yang tidak benar, hingga bahan stoking yang memicu alergi.Selain itu, stoking kompresi juga harus dihindari oleh orang-orang dengan kondisi tertentu karena bisa berbahaya dan berpotensi memicu masalah kesehatan baru. Beberapa kelompok orang yang sebaiknya menghindari pemakaian kaus kaki kompresi, antara lain:
  • Penderita gagal jantung
  • Penderita penyakit arteri
  • Penderita infeksi atau radang kulit
  • Penderita peradangan pada pembuluh darah yang menyebar ke seluruh tubuh
Jika Anda menderita salah satu dari kondisi di atas dan ingin menggunakan stoking kompresi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal tersebut sangatlah penting untuk mengurangi risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan.

Cara menggunakan stoking kompresi yang benar

Jika hendak menggunakan stoking kompresi, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu. Nantinya, dokter akan membantu untuk menentukan ukuran kaus kaki kompresi yang sesuai dengan kaki Anda.Pemilihan ukuran stoking kompresi yang pas bertujuan untuk menghindari tekanan berlebihan pada kaki. Ketika terlalu ketat, penggunaan alat ini dapat memutus aliran darah pada kaki dan memicu masalah baru.Umumnya, kaus kaki ini digunakan ketika Anda beraktivitas dan dilepas ketika tidur di malam hari. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, penggunaan stoking kompresi harus Anda lakukan sesuai anjuran dokter.Jangan lupa untuk menjaga kebersihan stoking kompresi dengan mencucinya secara teratur. Ketika mencuci stoking ini, Anda dianjurkan menggunakan tangan daripada mesin cuci untuk menjaga elastisitasnya. Apabila elastisitasnya berkurang, manfaat penggunaannya tidak bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Catatan dari SehatQ

Stoking kompresi merupakan alat khusus berbentuk kaus kaki atau stoking, yang digunakan untuk mengatasi kondisi tertentu pada kaki. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kaus kaki kompresi di antaranya mengatasi nyeri akibat varises, mengurangi pembengkakan kaki, hingga mencegah DVT.Meskipun menawarkan beragam manfaat, pastikan stoking kompresi sudah digunakan dengan benar. Jika terlalu ketat, sirkulasi darah dan oksigen ke kaki bisa terhambat dan menyebabkan kematian jaringan.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait stoking kompresi dan cara menggunakannya dengan benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
dvtpenyakit kakivarises
Healthline. https://www.healthline.com/health/compression-socks-benefits
Diakses pada 22 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/dvt/choose-compression-stockings
Diakses pada 22 Februari 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/do_compression_socks_really_work/article.htm
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait