Sederet Manfaat Suplemen Zinc Gluconate Bagi Kesehatan


Zinc Gluconate adalah suplemen makanan yang bermanfaat mengatasi defisiensi zinc, mengontrol gula darah, mengatasi jerawat, meningkatkan imun tubuh, mengatasi diare.

0,0
27 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Suplemen zinc gluconate efektif untuk meredakan gejala pilekZinc gluconate adalah salah satu jenis zinc yang paling umum dipakai dalam suplemen
Zinc atau seng adalah mineral alami yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, serta kesehatan jaringan tubuh. Zinc gluconate adalah salah satu bentuk seng yang dijual bebas. Biasanya, zinc gluconate digunakan sebagai suplemen pada orang yang tidak mendapatkan cukup seng dari makanan.

Manfaat zinc gluconate untuk kesehatan

Zinc gluconate bermanfaat untuk mengurangi gejala pilek
Manfaat zinc gluconate yang paling umum adalah meredakan pilek
Berikut ini beberapa manfaat zinc gluconate untuk tubuh:

1. Meredakan pilek

Suplemen zinc gluconate merupakan jenis suplemen zinc yang paling banyak beredar di pasaran. Umumnya, zinc gluconate sering digunakan sebagai campuran pada permen pelega tenggorokan atau semprotan hidung untuk meringankan gejala pilek.

2. Efektif mengatasi defisiensi zinc

Berbahan dasar zinc, konsumsi suplemen zinc gluconate bermanfaat untuk mengatasi kekurangan mineral ini. Defisiensi zinc rentan terjadi pada seseorang dengan kondisi:
  • Diare parah
  • Usus sulit menyerap makanan
  • Sirosis hati
  • Alkoholisme
  • Baru menjalani operasi besar
  • Penggunaan selang makan jangka panjang di rumah sakit
Pemberian suplemen seng seperti zinc gluconate dapat membantu mengembalikan kadar zinc dalam tubuh. Meski begitu, penggunaan suplemen zinc dalam jangka panjang tidak dianjurkan.

3. Mengontrol gula darah

Zinc memiliki peran dalam mengontrol kadar gula darah dan sekresi insulin serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat mineral zinc dalam mengontrol kadar gula darah, maka dari itu konsumsi suplemen zinc dapat membantu para penderita diabetes dalam jangka pendek dan jangka panjang.

4. Membantu mengatasi jerawat

Salah satu manfaat dari mengonsumsi suplemen zinc adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengobati jerawat. Zinc sering dipilih karena merupakan metode pengobatan yang umumnya lebih murah, efektif, dengan efek samping yang biasanya jauh lebih sedikit.

5. Mengatasi diare

Suplemen zinc gluconate juga dapat bermanfaat mengurangi durasi dan tingkat keparahan diare pada anak-anak yang kekurangan gizi atau kekurangan zinc. Pemberian mineral zinc selama masa kehamilan pada ibu yang kurang gizi dan dilanjutkan sampai satu bulan setelah persalinan dapat mengurangi kejadian diare pada bayi selama tahun pertama kehidupan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Studi yang dilakukan untuk melihat peran suplemen hisap zinc menunjukkan bahwa zinc dapat mengurangi durasi pilek hingga 33%.Selain itu, mengonsumsi 45 mg zinc gluconate selama satu tahun dapat menurunkan peradangan dan mengurangi frekuensi infeksi. Berkurangnya peradangan di tubuh akan menurunkan risiko terjadinya kondisi kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Konsumsi suplemen zinc bermanfaat untuk membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung serta menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL). Hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung.Baca Juga: Berbagai Manfaat Mineral Zinc untuk Tubuh

Cara konsumsi zinc gluconate

Minum suplemen zinc harus sesuai aturan agar manfaatnya maksimal
Suplemen zinc gluconate dalam bentuk permen atau tablet hisap jangan ditelan dengan air
Agar bisa mendapatkan manfaat zinc gluconate secara maksimal, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat mengonsumsinya, yaitu:
  • Ikuti anjuran pakai sesuai label obat atau dosis yang diresepkan oleh dokter.
  • Apabila menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, konsumsi zinc gluconate dengan makanan.
  • Suplemen dalam bentuk permen atau tablet hisap, sebaiknya dihisap hingga larut di mulut dan jangan menelannya dengan air.
  • Jangan gunakan lebih dari 4 tablet per hari bagi remaja berusia 12-18 tahun.
  • Jangan gunakan lebih dari 6 tablet per hari bagi orang dewasa.
  • Simpan suplemen pada suhu kamar jauh dari kelembapan dan panas.
  • Buang suplemen zinc gluconate yang tidak digunakan dalam waktu 6 bulan setelah dibuka.
Jika Anda menggunakan zinc gluconate untuk meringankan gejala pilek, sebaiknya konsumsi suplemen segera setelah muncul gejala. Jika pilek berlanjut hinga 7 hari, sebaiknya segera hubungi dokter.

Efek samping zinc gluconate

Efek samping suplemen zinc gluconate salah satunya mual
Zinc gluconate bisa memicu mual
Efek samping dari zinc gluconate dapat beragam dari gejala ringan hingga parah. Efek samping yang ringan mungkin termasuk sakit perut, mual, muntah, diare, mulut kering, perubahan indera perasa atau rasa tidak enak di mulut.Selain itu, konsumsi zinc gluconate mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, sulit bernafas serta pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.Mungkin ada beberapa efek samping yang dirasakan selain kondisi di atas. Segera hubungi dokter jika Anda merasakan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi suplemen zinc gluconate.
vitaminsuplemenpilek
UOFM Health. https://www.uofmhealth.org/health-library/d04056a1
Diakses 14 November 2021
Drugs. https://www.drugs.com/mtm/zinc-gluconate.html#uses
Diakses 14 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/zinc-supplements#types
Diakses 14 November 2021
RX List. https://www.rxlist.com/zinc/supplements.htm
Diakses 14 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait