Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Tubuh


Susu kambing etawa menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Khasiat susu kambing etawa mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga organ jantung.

(0)
24 Feb 2021|Rhandy Verizarie
manfaat susu kambing etawa bagi kesehatansusu kambing etawa memiliki manfaat yang tak kalah banyak dengan susu sapi
Di Indonesia, kambing etawa menjadi salah satu ternak unggulan untuk diambil daging dan susunya. Berbicara tentang susu kambing etawa, kandungan nutrisi yang dimiliki membuat susu ini bisa dijadikan alternatif sumber asupan gizi, selain susu sapi. Apa saja manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan?

Susu kambing etawa dan kandungan nutrisinya

Susu kambing etawa adalah susu yang diambil dari kambing etawa. Menurut tinjauan ilmiah tahun 2018, kambing etawa adalah kambing yang berasal dari perkawinan silang antara  kambing asli Indonesia, yakni kambing ‘kacang’, dan kambing Jamnapari asal India.Kambing etawa menghasilkan susu yang kaya akan nutrisi. Hal ini menjadikan susu kambing etawa tak kalah bergizi jika dibandingkan dengan susu sapi.Kandungan nutrisi susu kambing etawa antara lain, meliputi:
  • Protein
  • Karbohidrat 
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium  
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Laktoferin

Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan

Minum susu kambing etawa secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah manfaat susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi infeksi bakteri

Khasiat susu kambing etawa yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli (E. coli).Menurut penelitian dari Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) tahun 2018, susu kambing etawa mengandung zat antibakteri.Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika konsentrasi susu sebanyak 60-80 persen dapat menghambat pertumbuhan bakteri resisten, sementara konsentrasi 100 persen memiliki respons penghambat bakteri sedang.Bakteri E. coli sendiri merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab sejumlah penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan pneumonia.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sama seperti susu sapi, susu kambing etawa juga diperkaya kalsium. Adanya kandungan kalsium ini membuat susu kambing tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pun menjaga agar tulang senantiasa sehat.Dilansir dari Mayo Clinic, tubuh memerlukan asupan kalsium untuk pembentukan tulang sekaligus menjaga agar tulang tetap kuat.Selain itu, menurut penelitian tahun 2012, kandungan kalsium dan fosfor pada susu ini dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). 

3. Membantu penyerapan nutrisi

Susu sapi dan susu kambing—termasuk susu kambing etawa—mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium.Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Akan tetapi, penelitian mengungkapkan bahwa mineral yang terkandung dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang yang ada di dalam susu sapi.Hal ini menjadikan susu kambing etawa lebih disarankan untuk Anda minum guna mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Apalagi, jika Anda mengalami gangguan kesehatan seperti anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Susu kambing etawa memiliki kandungan karbohidrat jenis oligosakarida yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Jumlahnya setara dengan yang ditemukan dalam ASI manusia. Karbohidrat jenis oligosakarida yang terkandung dalam susu kambing etawa mengandung prebiotik dan bersifat antibakteri. Minum susu tersebut dapat membantu perkembangan probiotik alias bakteri ‘baik’ yang bertugas merawat kesehatan dan fungsi sistem pencernaan.

5. Meningkatkan kekuatan otot

Memiliki otot tubuh yang kuat akan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga.Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar otot Anda bertambah kuat, salah satunya dengan minum susu kambing etawa secara rutin.Manfaat susu kambing etawa yang satu ini tidak lepas dari kandungan protein di dalamnya. Studi yang dirilis oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2012 mengatakan jika diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot.

6. Mengobati diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli. Minum susu kambing etawa disebut-sebut dapat membantu mengatasi penyakit yang menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menewaskan sekitar 2.195 anak di seluruh dunia setiap harinya.Alasan susu kambing etawa juga berkhasiat untuk mengatasi diare adalah karena susu ini mengandung zat bernama laktoferin.Menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), laktoferin pada susu kambing etawa memiliki sifat antidiare karena zat tersebut terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli yang menjadi penyebabnya.

7. Meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh

Kandungan fosfor pada susu kambing etawa membuat susu ini berpotensi membantu peredarah darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.Dilansir dari Linus Pauling Institute, Oregon State University, fosfor akan membantu hemoglobin dalam menjalankan fungsinya, yakni mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya dari susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui adalah menjaga kesehatan mata.Khasiat susu kambing etawa yang satu ini didapat dari vitamin A yang dimilikinya.Dilansir dari NIH, asupan beta-karoten sebanyak 25 persen setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko penyakit degenerasi makula yang menyerang mata. Beta-karoten sendiri merupakan zat yang menjadi cikal bakal vitamin A. 

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A pada susu kambing etawa selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, juga berkhasiat untuk  meningkatkan kekebalan tubuh.Menurut NIH, meningkatkan kekebalan menjadi salah satu dari sekian banyak kegunaan vitamin A bagi tubuh.

10. Mencegah kanker

Kandungan riboflavin yang juga ada dalam susu kambing etawa disebut-sebut bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.Pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menyebutkan bahwa vitamin B2 berkontribusi dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit kanker pada manusia.Akan tetapi, belum dapat diketahui tingkat efektivitas vitamin B2 pada susu kambing dalam meminimalisir risiko penyakit kanker tersebut. Perlu ada studi lanjutan guna memastikan hal tersebut.

11. Merawat sistem saraf

Kembali ke kandungan kalsium pada susu kambing etawa, adanya mineral ini ternyata tidak hanya menjadikan susu tersebut baik untuk kesehatan tulang, tapi juga sistem saraf.Dikutip dari Mayo Clinic, kalsium memainkan peran penting dalam menjaga agar sistem saraf dapat berfungsi dengan baik.

12. Menurunkan tekanan darah

Selain merawat sistem saraf, khasiat susu kambing etawa berkat kandungan kalsium di dalamnya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah.Menurut sejumlah penelitian, kalsium—bersama dengan vitamin D—berpotensi membantu agar tekanan darah tetap stabil sehingga Anda terhindar dari tekanan darah tinggi (hipertensi).Sayangnya, hal ini belum bisa dijadikan acuan karena bukti ilmiah yang mendukung masih terbatas. 

13. Merawat fungsi jantung

Manfaat susu kambing etawa yang terakhir adalah untuk merawat kesehatan dan fungsi jantung. Jantung adalah organ tubuh yang memiliki peran vital dalam keberlangsungan hidup. Organ yang berfungsi untuk memompa darah ini harus selalu dijaga kesehatannya karena jika tidak, akan timbul masalah kesehatan yang dapat berujung pada kematian.Susu kambing etawa memiliki potensi untuk merawat kesehatan dan fungsi jantung karena di dalamnya terkandung vitamin A. Menurut NIH, menjaga agar jantung berfungsi dengan baik mejadi salah satu fungsi dari vitamin A.

Catatan dari SehatQ

Susu kambing etawa memiliki potensi manfaat yang besar jika dilihat dari kandungan nutrisinya. Akan tetapi, hal ini tetap harus diimbangi dengan makan makanan sehat lainnya, seperti buah dan sayuran, serta pola hidup aktif.Perlu diperhatikan pula bahwa susu kambing etawa mengandung lemak yang berpotensi menyebabkan berat badan naik apabila dikonsumsi secara tidak tepat.Oleh sebab itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing etawa. Anda bisa memanfaatkan fitur chat dokter di aplikasi SehatQ untuk mengetahui potensi manfaat susu kambing etawa sekaligus cara mengonsumsi yang benar.Download aplikasi kesehatan keluarga SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play.
nutrisisusuhidup sehatzat gizi
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). https://www.cdc.gov/ecoli/index.html Diakses pada 9 Februari 2021Core. https://core.ac.uk/download/pdf/236128783.pdf Diakses pada 9 Februari 2021Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/goat-milk/ Diakses pada 9 Februari 2021Food and Agriculture Organization (FAO). http://www.fao.org/3/i2891e/i2891e01.pdf Diakses pada 9 Februari 2021Journal of Cellular and Molecular Biology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24200018/ Diakses pada 9 Februari 2021Journal of The International Society of Sports Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22958314/ Diakses pada 9 Februari 2021Linus Pauling Institute, Oregon State University. https://lpi.oregonstate.edu/mic/minerals/phosphorus Diakses pada 9 Februari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097#:~:text=Your%20body%20needs%20calcium%20to,diabetes%20and%20high%20blood%20pressure Diakses pada 9 Februari 2021National Institutes of Health (NIH). https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-Consumer/ Diakses pada 9 Februari 2021National Institutes of Health (NIH). https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/#en1 Diakses pada 9 Februari 2021Repository Institut Pertanian Bogor (IPB). https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/59954 Diakses pada 9 Februari 2021Repository Universitas Kristen Indonesia (UKI). http://repository.uki.ac.id/1567/ Diakses pada 9 Februari 2021Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/322538506_Linear_Body_Measurement_of_Indonesian_Etawah_Crossbred_Goat_Capra_aegagrus_hircus_Linnaeus_1758_and_Its_Relationship_with_Milk_Production_Ability Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait