Manfaat Telur Salmon untuk Kesehatan, Kurangi Peradangan hingga Redakan Arthritis


Konsumsi telur salmon menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Manfaatnya seperti mengatasi arthritis, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mendukung tumbuh kembang janin.

0,0
Mengonsumsi telur salmon dapat membantu mengurangi peradangan, mengatasi arthritis, hingga mengurangi risiko penyakit jantungSama seperti dagingnya, telur salmon juga kaya akan kandungan asam lemak sehat
Salmon selama ini banyak dikenal sebagai ikan yang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat daging ikan salmon untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Jika dagingnya mempunyai berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, bagaimana dengan telur salmon? Telur ikan salmon ternyata juga memberikan manfaat yang tidak kalah berguna dari dagingnya.

Kandungan nutrisi dalam telur salmon

Sebelum membahas manfaatnya, ada baiknya Anda mengetahui ragam nutrisi yang terkandung dalam telur salmon. Dibandingkan ikan lain, telur ikan salmon biasanya punya ukuran yang jauh lebih besar.Sama seperti dagingnya, telur salmon juga kaya akan kandungan asam lemak sehat. Menurut penelitian dalam jurnal Clinical Interventions in Aging, telur ikan ini memiliki kandungan asam lemak sehat berupa omega-3, omega-6, omega-7, dan omega-9.Selain kandungan asam lemak sehat yang tinggi, telur salmon juga merupakan sumber protein dan vitamin A yang baik bagi tubuh. Pigmen yang membuat telur ikan salmon menjadi berwarna oranye kemerahan, astaxanthin, memiliki sifat sebagai antioksidan dan bisa membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.Menurut NCC Food and Nutrition Database, berikut ini ragam nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi 100 gram telur salmon:
  • Kalori: 250
  • Protein: 29,2 gram
  • Lemak total: 14 gram
  • Karbohidrat:2,9 gram
  • Asam lemak omega-3: 2,04 gram
  • Asam lemak omega-6: 0,31 gram
  • Vitamin D: 58% dari kebutuhan harian
  • Folat: 12,5% dari kebutuhan harian
  • Vitamin A: 10,1% dari kebutuhan harian
  • Zat besi: 66% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 39% dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 27,5% dari kebutuhan harian

Apa manfaat telur ikan salmon?

Ragam nutrisi yang terdapat dalam telur salmon menawarkan banyak potensi manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi telur ikan salmon, di antaranya:

1. Mendukung tumbuh kembang janin

Kandungan asam lemak omega-3 dalam telur salmon sangatlah berguna untuk mendukung perkembangan sistem saraf dan otak janin yang sehat. Menurut dokter, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 8 hingga 12 ons makanan laut dengan kandungan asam lemak omega-3 supaya tumbuh kembang bayi dalam kandungan lebih optimal.

2. Mengatasi arthritis

Menurut studi tertentu yang dirilis pada tahun 2012, konsumsi telur ikan seperti salmon dapat membantu meredakan radang sendi. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya membantu mengurangi ketegangan dan nyeri pada persendian.

3. Mengurangi peradangan

Sejumlah penelitian menyebut bahwa konsumsi telur ikan dan makanan laut lain yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan. Salah satu telur ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi adalah salmon.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Konsumsi telur salmon setidaknya 1 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya.

5. Mengatasi kerusakan akibat radikal bebas

Warna oranye kemerahan telur salmon tak lepas dari senyawa astaxanthin. Selain memberikan warna pada telur ikan salmon, astaxanthin juga berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh mengatasi kerusakan akibat radikal bebas.Perlu diperhatikan, manfaat yang diterima masing-masing orang mungkin dapat berbeda satu sama lain. Apabila Anda memiliki alergi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat hendak mengonsumsi telur salmon.

Risiko mengonsumsi telur salmon

Telur salmon memang menawarkan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Meski begitu, sejumlah risiko mungkin Anda terima dari konsumsi telur ikan salmon. Menurut sebuah studi di tahun 2016, telur ikan lebih rentan terkontaminasi polusi air dibanding bagian daging.Tingginya tingkat polutan dalam telur salmon bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kanker prostat. Selain itu, konsumsi telur ikan salmon secara berlebihan bisa berpotensi menyebabkan keracunan merkuri.Keracunan merkuri bisa mengakibatkan beberapa masalah serius, terutama pada kesehatan janin. Ketika tubuh teracuni oleh merkuri, perkembangan otak dan sistem saraf bayi di dalam kandungan akan terhambat.Namun, kandungan merkuri dalam salmon disebut lebih rendah jika dibandingkan ikan laut lain. Selain itu, penelitian juga mendapati bahwa manfaat yang didapat dari mengonsumsi makanan laut seperti telur salmon jauh lebih besar dibanding risikonya.

Catatan dari SehatQ

Sama seperti dagingnya, konsumsi telur salmon juga menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi telur ikan salmon, di antaranya  mengurangi peradangan, mengatasi arthritis, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mendukung tumbuh kembang janin.Meski begitu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi telur salmon secara berlebihan. Hal tersebut meningkatkan risiko Anda terserang kanker prostat, serta berpotensi menyebabkan keracunan merkuri.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal telur salmon dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perkembangan janinmakanan mengandung omega 3antioksidanbahaya merkuri
WebMD. https://www.webmd.com/diet/salmon-eggs-good-for-you
Diakses pada 8 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325225
Diakses pada 8 Januari 2021
Nutrition Advance. https://www.nutritionadvance.com/salmon-roe-nutrition-benefits/
Diakses pada 8 Januari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5010078/
Diakses pada 8 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait