Segudang Manfaat Tepung Maizena untuk Kesehatan yang Tidak Anda Sangka

(0)
20 Jan 2020|Anita Djie
Manfaat tepung maizena tak hanya untuk makanan saja, tetapi juga untuk mengatasi iritasi akibat gigitan seranggaTepung maizena tidak mengandung protein, vitamin, maupun lemak
Tepung maizena biasanya digunakan untuk mengentalkan kuah ataupun membalut bahan makanan sebelum digoreng. Di balik semua kegunaannya, sebenarnya apakah ada manfaat tepung maizena untuk kesehatan?Meskipun dapat menambah cita rasa makanan, tetapi sebenarnya tidak banyak manfaat tepung maizena. Namun bukan berarti tepung maizena tidak memiliki kegunaan apapun untuk diri Anda.

Apakah manfaat tepung maizena? 

Tepung maizena terbuat dari bagian lapisan luar dari biji jagung dan melewati berbagai proses untuk bisa berbentuk seperti tepung.Sebenarnya, bagian dalam biji jagunglah yang mengandung paling banyak nutrsi. Oleh karenanya, tidak terlalu banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari tepung maizena. Satu cangkir tepung maizena mengandung 488 kalori dengan sedikit sekali serat dan tidak ada protein, vitamin, ataupun lemak. Namun, masih terdapat beberapa manfaat tepung maizena yang bisa Anda tuai, yaitu:

1. Bebas gluten

Bila Anda sensitif atau alergi gluten, Anda bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya. Namun, sebenarnya Anda dapat memilih alternatif lain yang lebih bernutrisi, seperti tepung oat.
manfaat tepung maizena adalah menambah berat badan
Mengonsumsi tepung maizena dapat meningkatkan berat badan dengan cepat

2. Membantu menambah berat badan

Salah satu manfaat tepung maizena adalah menambah berat badan dengan cepat. Oleh karenanya jika Anda memiliki berat badan di bawah normal atau butuh meningkatkan berat badan dengan cepat, Anda bisa mencoba mengonsumsi tepung maizena sebagai kalori tambahan.

3. Cocok untuk diet vegan atau vegetarian

Selain bebas gluten, Anda yang menerapkan pola makan vegetarian atau vegan. Anda yang mengalami alergi telur dapat menggunakan tepung maizena sebagai pengganti telur saat memanggang atau membuat kue.Manfaat tepung maizena sebagai pengganti telur bisa digunakan dengan cara mencampurkan satu sendok makan tepung maizena ke dalam tiga sendok makan air hangat hingga memiliki konsistensi seperti telur.

4. Memberikan energi instan

Manfaat tepung maizena lainnya adalah memberikan energi instan saat dikonsumsi. Tepung maizena terdiri dari karbohidrat yang dapat dengan cepat dijadikan glukosa. Ditambah lagi tepung maizena hanya memiliki sedikit sekali nutrisi yang perlu dicerna. Karenanya tubuh tidak memerlukan waktu yang lama untuk memproses tepung maizena menjadi energi.

5. Mengurangi efek terbakar matahari

Kulit terbakar matahari atau sunburn dapat diatasi dengan menambahkan secangkir tepung maizena ke dalam air hangat dan berendam di dalamnya selama 20 sampai 30 menit.Tepung maizena membantu melembutkan dan memberikan rasa nyaman pada kulit. Anda juga bisa membasahi perban atau penutup luka dengan campuran tersebut dan kompres selama 30 menit pada daerah yang mengalami sunburn.
manfaat tepung maizena adalah mencegah infeksi kulit pada penderita diabetes
Tepung maizena dapat digunakan untuk menjaga kaki tetap kering dan bebas iritasi

6. Mencegah infeksi kulit pada penderita diabetes

Penderita diabetes bisa mencoba menggunakan tepung maizena sebagai pengganti bedak talkum untuk dioleskan pada kaki sehabis dicuci.Tepung maizena dapat menjaga kaki tetap kering dan bebas dari iritasi serta infeksi.

7. Mengatasi iritasi pada kulit

Manfaat tepung maizena lainnya adalah meringankan iritasi kulit dengan memberikan sensasi lembut dan nyaman pada kulit. Tepung maizena cocok digunakan untuk mengatasi iritasi karena gigitan serangga maupun ruam popok bayi. Namun, jangan gunakan pada kulit yang ada tanda infeksi ya, seperti tampak ada nanah di kulit.Anda dapat mencampurkan dua hingga tiga sendok makan tepung maizena ke dalam air yang sejuk dan campurkan hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pasta tersebut ke daerah kulit yang iritasi dan basuh pasta tersebut saat sudah mengering.

8. Meringankan pruritus

Pruritus atau rasa gatal pada kulit akibat kondisi medis tertentu, seperti gangguan ginjal, hati, peredaran darah, tiroid, dan kanker dapat diringankan dengan menggunakan tepung maizena.

9. Mengatasi rambut berminyak 

Punya masalah dengan rambut berminyak? Anda bisa menggunakan tepung maizena untuk menyerap minyak berlebih di rambut. Anda dapat mencampurkan tepung maizena dengan minyak peppermint dan lavender untuk menyegarkan rambut.Namun, tepung maizena hanya cocok untuk rambut yang berwarna terang, untuk rambut yang berwarna gelap, sebaiknya gunakan bubuk kokoa atau kayu manis.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi tepung maizena?

Meskipun terdapat segelintir manfaat tepung maizena, tetapi penderita alergi jagung tidak boleh mengonsumsi atau menggunakan tepung maizena. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi atau mengoleskan tepung maizena, segera konsultasikan dengan dokter.Selain itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi tepung maizena dalam jumlah banyak. Tak hanya karena kadar nutrisi yang sedikit, tepung maizena dapat meningkatkan kadar gula darah dan menambah peluang Anda terkena diabetes tipe 2.Tidak masalah jika Anda ingin mengonsumsi tepung maizena, tetapi konsumsilah dalam takaran yang sewajarnya. Jangan hanya mengonsumsi tepung maizena saja dan mengabaikan makanan bergizi lainnya.Akan lebih baik jika Anda bisa menggunakan bahan lain yang lebih bernutrisi daripada tepung maizena, seperti tepung tapioka, tepung oat, dan sebagainya.
diet vegantambah berat badanterbakar matahari
Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/is-cornstarch-gluten-free/
Diakses pada 16 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/479831-what-are-the-health-benefits-of-cornstarch/
Diakses pada 16 Januari 2020
SFGate. https://healthyeating.sfgate.com/cornstarch-2243.html
Diakses pada 16 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait