9 Manfaat Tomat yang Menyegarkan Jiwa Raga

(0)
28 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat tomat dapat beragam, termasuk menjaga kesehatan jantung dan cegah kankerTomat mengandung beragam vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat
Tomat sering dipandang sebelah mata dan hanya dijadikan penghias makanan. Sayang sekali, karena ada beragam manfaat tomat yang memberikan kesegaran hidup. Bahkan, beberapa studi melaporkan manfaat buah tomat tersebut termasuk menjaga organ seperti jantung.

Ragam manfaat tomat untuk kesehatan tubuh

Jangan hanya dijadikan penghias makanan, manfaat tomat berikut ini tak bisa Anda abaikan.

1. Mengendalikan radikal bebas

Tomat kaya dengan berbagai molekul antioksidan, molekul yang berperan dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang tak terkendali dapat menimbulkan kerusakan sel dan berujung pada penyakit.Beberapa molekul antioksidan pada tomat yaitu likopen, beta-karoten, dan asam klorogenat.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tomat kaya dengan senyawa likopen. Pigmen pemberi warna kemerahan ini dilaporkan dapat mencegah oksidasi lipid, kondisi yang dapat memicu penyakit jantung. Studi pun menemukan bahwa buah tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.
Manfaat tomat yakni adanya likopen
Tomat kaya dengan likopen yang bermanfaat untuk kesehatan jantung
Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C, kalium, serat, kolin, dan folat. Semua nutrisi ini dapat bermanfaat untuk jantung.

3. Membantu mencegah kanker

Tomat dikenal sebagai sumber vitamin C dan berbagai molekul antioksidan, seperti beta-karoten. Efek antioksidan di atas pun dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti kanker.Sebuah studi yang dimuat di jurnal Molecular Cancer Research menemukan bahwa konsumsi beta-karoten dapat mencegah pertumbuhan tumor pada kanker prostat.Likopen, kandungan lain pada tomat, juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya menjaga organ di dalam tubuh, manfaat buah tomat juga dapat dirasakan oleh kulit. Sebab, beberapa penelitian menyimpulkan, likopen yang banyak terkandung dalam tomat dapat melindungi kulit dari kondisi sunburn.

5. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Vitamin lain yang terkandung dalam tomat adalah vitamin A. Vitamin yang memiliki sifat antioksidan ini membantu meningkatkan kemampuan penglihatan, serta mencegah rabun senja dan degenerasi makula. Sebagai informasi, banyak gangguan penglihatan terjadi karena radikal bebas yang berlebih di tubuh.

6. Membantu kesehatan sistem pencernaan

Tomat dilaporkan berkhasiat untuk menurunkan risiko gangguan pada usus, sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya pun dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sembelit atau konstipasi.

7. Mengendalikan tekanan darah

Mengonsumsi tomat dengan rutin berpotesi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat tomat ini bisa didapatkan karena kandungan kalium (potassium) yang lumayan tinggi di dalamnya.Kalium dapat bertindak sebagai vasodilator, karena dapat memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Dengan begitu, tekanan darah pun berpeluang untuk turun.

8. Menurunkan risiko diabetes

Berbagai studi telah menemukan bahwa konsumsi serat dengan cukup dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin di tubuh. Tomat menjadi salah satu sumber serat yang baik, yang bisa dengan mudah untuk dikonsumsi.

9. Bermanfaat untuk janin

Manfaat tomat juga dapat dirasakan oleh ibu hamil dan janinnya. Salah satu nutrisi yang penting selama kehamilan adalah folat atau vitamin B9. Mencukupi kebutuhan folat dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Manfaat tomat ditopang oleh berbagai kandungan ini

Sekitar 95% kandungan tomat merupakan air. Sementara itu, kandungan 5% lain pada tomat sebagian besar terdiri atas karbohidrat serat. Tomat pun mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang memiliki efek antioksidan.

1. Zat gizi makro pada tomat

Tomat mengandung karbohidrat, serat, serta sedikit lemak dan protein. Sekitar 4% dari satu buah tomat merupakan karbohidrat, yang sebagian besar tersusun atas gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa.
Manfaat tomat
Tomat menjadi salah satu makanan yang menyehatkan
Sementara itu, Anda akan mendapatkan sekitar 1,5 gram serat setiap mengonsumsi tomat berukuran sedang.

2. Mineral dan vitamin

Seperti buah-buah lainnya, tomat pun kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral tersebut yaitu:
  • Vitamin C, satu tomat berukuran sedang menyediakan 28% kebutuhan vitamin C harian
  • Kalium, mineral yang penting untuk mengendalikan tekanan darah
  • Vitamin K1, berperan dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang
  • Vitamin B9 (folat), penting untuk kesehatan janin

3. Senyawa tumbuhan

Seperti yang disampaikan di atas, tomat mengandung beberapa senyawa tumbuhan yang berefek positif untuk tubuh. Senyawa tumbuhan utama dalam tomat, meliputi:
  • Likopen, pigmen kemerahan pada tomat yang juga bersifat antioksidan
  • Beta-karoten, molekul antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi
  • Naringenin, senyawa flavonoid pada kulit tomat yang mampu menurunkan peradangan
  • Asam klorogenat, molekul antioksidan yang juga berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah

Adakah risiko konsumsi tomat?

Buah tomat umumnya aman dikonsumsi. Salah satu pertimbangan dalam konsumsi tomat adalah alergi, yang juga jarang terjadi.Pertimbangan lain dari konsumsi tomat adalah residu pestisidanya. Pastikan Anda mencuci buah tomat sebelum dikonsumsi dan dicampurkan ke berbagai hidangan.

Catatan dari SehatQ

Tomat merupakan salah satu buah yang sudah terkenal, walau mungkin banyak orang belum mengoptimalkan konsumsinya. Buah ini juga sangat mudah dicari, sehingga bisa Anda variasikan dalam makanan utama atau sebagai camilan.
nutrisibuah dan sayurantomatzat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes
Diakses pada 28 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php
Diakses pada 28 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27406826
Diakses pada 28 Januari 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/tomatoes.html
Diakses pada 28 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait