5 Manfaat Vitamin D3 dan Sumber-Sumber Alaminya

(0)
20 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat vitamin D3 sangatlah beragam, salah satunya menurunkan berat badan.Manfaat vitamin D3 dapat diraih dengan mengonsumsi sumber alaminya atau suplemennya.
Vitamin D3 atau kolekalsiferol dikenal sebagai vitamin ‘sinar matahari’ karena kulit dapat memproduksinya saat terpapar dengan sinar ultraviolet B (UVB). Nantinya, vitamin ini akan mengalir dalam darah dan membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Mari kenali berbagai manfaat vitamin D3 yang penting untuk kesehatan.

Manfaat vitamin D3 yang penting untuk kesehatan

Manfaat vitamin D3 yang baik untuk kesehatan
Manfaat vitamin D3 dibutuhkan oleh kesehatan
Selain dari sinar matahari, tubuh juga bisa mendapatkan vitamin D3 dari makanan yang bersumber dari hewan dan suplemen. Berikut adalah manfaat vitamin D3 yang penting untuk kesehatan.

1. Menyehatkan tulang dan otot

Berbagai macam vitamin D, termasuk vitamin D3, dipercaya dapat menyehatkan otot dan tulang. Sebab, vitamin ini dapat membantu tubuh menyerap kalsium di usus halus.Sebuah penelitian membuktikan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko patah tulang dan meningkatkan kekuatan otot.Selain itu, mengonsumsi vitamin D3 secara rutin juga bisa membantu meraih massa tulang yang lebih padat pada orang dewasa sehingga osteoporosis dapat dicegah.

2. Meningkatkan sistem imun

Penelitian lainnya membuktikan bahwa vitamin D dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).Peserta penelitian yang mengalami defisiensi vitamin D (di bawah 10 miligram) diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari atau seminggu sekali. Hasilnya cukup menjanjikan, yakni risiko ISPA dapat dipotong 50 persen.

3. Mencegah depresi

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa berolahraga di luar rumah, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D3, dan meminum suplemen untuk meningkatkan kesehatan mental dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Berbagai hal ini juga direkomendasikan bagi mereka yang berisiko mengalami depresi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Penderita obesitas dan tekanan darah tinggi cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya.Inilah sebabnya mereka disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi vitamin D karena sudah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat vitamin D3 juga dipercaya bisa menurunkan berat badan, terlebih lagi pada para wanita yang berada dalam fase setelah menopause.Di dalam sebuah studi, wanita yang berada dalam fase setelah menopause diminta untuk mengonsumsi vitamin D3 untuk menurunkan berat badan.Hasilnya, mereka yang kebutuhan vitamin D3-nya tercukupi mampu membakar lemak tubuh lebih banyak, memperkecil lingkar pinggangnya, dan menurunkan berat badannya, dibandingkan mereka yang mengonsumsi obat plasebo.

Makanan yang mengandung vitamin D3

Berbeda dari vitamin D2 yang dapat ditemukan pada tumbuhan dan makanan fortifikasi, vitamin D3 hanya bisa ditemukan dari sumber makanan hewani, sinar matahari, dan suplemen.Untuk meraih berbagai manfaat vitamin D3 di atas, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin ini:
  • Hati sapi
  • Keju
  • Kuning telur
  • Ikan salmon segar
  • Ikan kembung
  • Ikan halibut
  • Ikan sarden
  • Ikan trout
  • Mentega
  • Minyak hati ikan kod.
Perlu diingat, jika Anda ingin memenuhi kebutuhan vitamin D3 harian dengan suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan dosis yang tepat untuk menghindari efek samping.

Kebutuhan harian vitamin D3 sesuai jenis kelamin dan usia

Manfaat vitamin D3 dapat diraih jika Anda mengonsumsinya sesuai angka kecukupan gizi (AKG)
Penuhilah angka kecukupan gizi (AKG) vitamin D3 Anda!
Kebutuhan harian vitamin D3 setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Berikut kebutuhan harian vitamin D3 berdasarkan usia yang dilansir dari National Institutes of Health (NIH),
  • Bayi laki-laki dan perempuan berusia 0-12 bulan membutuhkan 10 mikrogram atau 400 IU vitamin D3 setiap harinya.
  • Anak laki-laki dan perempuan berusia 1-13 tahun membutuhkan 15 mikrogram atau 600 IU vitamin D3 setiap harinya.
  • Remaja laki-laki dan perempuan berusia 14-18 tahun membutuhkan 15 mikrogram atau 600 IU vitamin D3 setiap harinya.
  • Orang dewasa berusia 19-70 tahun membutuhkan 15 mikrogram atau 600 IU vitamin D3 setiap harinya.
  • Orang yang sudah lanjut usia (70 tahun ke atas) membutuhkan 20 mikrogram atau 800 IU vitamin D3 setiap harinya.

Gejala defisiensi vitamin D3

Terdapat beberapa gejala merugikan yang bisa muncul jika tubuh kekurangan vitamin D3, seperti:
  • Otot lemah dan terasa nyeri
  • Tulang melemah
  • Tubuh merasa lelah
  • Rambut rontok
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi
  • Arthritis
  • Eksim.
Maka dari itu, sertakan berbagai makanan yang mengandung vitamin D3 dalam pola makan sehari-hari Anda.

Efek samping vitamin D3 jika dikonsumsi berlebihan

Saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, vitamin D3 akan membawa banyak keuntungan bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, akan ada gejala merugikan yang bisa muncul, yakni:Itulah berbagai manfaat vitamin D3 beserta sumber alami dan efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan.Jika Anda khawatir dengan kadar vitamin D3 di dalam tubuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
vitaminmakanan sehatvitamin dhidup sehatbuah dan sayuran
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/vitamin-d3-5082500#suggested-doses
Diakses pada 6 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d2-vs-d3#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 6 Januari 2021
ODS. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminD-HealthProfessional/
Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait