Memetik Manfaat Wine yang Tak Terduga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

(0)
08 Jan 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Apabila dikonsumsi secara moderat, manfaat wine begitu berlimpah bagi kesehatanRed wine ternyata mengandung antioksidan resveratrol yang lebih tinggi dari white wine
Beruntunglah bagi Anda pencinta wine. Minuman hasil fermentasi anggur ini tak hanya nikmat dan membuat tubuh rileks, Anda juga bisa memetik banyak sekali manfaat wine untuk kesehatan.Namun ada syaratnya, yaitu konsumsi wine harus dalam jumlah moderat alias tidak berlebihan.

Manfaat wine ini tak bisa disepelekan

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang manfaat wine, seperti menyehatkan jantung atau bisa membuat Anda panjang umur. Ya, khasiat ini bukanlah kabar burung belaka!Terdapat banyak penelitian yang telah mengaitkan konsumsi wine dengan tubuh yang lebih sehat. Apa sajakah manfaat dari minuman yang sering digambarkan mewah dan elegan ini?

1. Menjaga kesehatan jantung

Minuman yang telah ada sejak ribuan tahun ini memang terkenal bagus untuk kesehatan jantung. Menurut para peneliti dari Swedia, mengonsumsi wine dalam jumlah sedang mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.Tak hanya terbatas pada wine, minuman beralkohol lainnya pun bisa memberikan kebaikan untuk jantung bila dikonsumsi secara moderat.Tapi sejauh ini, cuma wine yang menyodorkan khasiat paling besar. Lalu, apa yang membuat manfaat wine begitu bermakna untuk jantung?Rahasianya adalah antioksidan polifenol yang ada di dalam wine, terutama red wine. Beberapa peneliti percaya bahwa senyawa ini dapat membantu dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit metabolik. Seperti yang Anda diketahui, hipertensi dan kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

2. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson

Minum red wine dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson, yang membuat seseorang mudah lupa. Antioksidan dalam red wine lagi-lagi menjadi alasannya. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat ditemukan dalam tubuh serta makanan dan minuman. Senyawa ini berfungsi mencegah kerusakan sel yang dipicu oleh stres oksidatif.Stres oksidatif sendiri dikenal sebagai penyebab dari banyak penyakit kronis, di antaranya penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, gangguan jantung, kanker, serta diabetes.  Mengonsumsi asupan kaya antioksidan seperti wine dapat membantu Anda dalam meningkatkan kadar antioksidan. Dengan ini, upaya untuk melawan stres oksidatif bisa lebih optimal.Sebuah studi yang dilakukan pada 40 orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa minum 400 ml red wine per hari dapat meningkatkan status antioksidan Anda.   

3. Melindungi tubuh dari kanker

Manfaat wine berikutnya adalah dapat menangkal penyakit kanker. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa senyawa fenol dalam wine mampu memperlambat dan menekan pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.Tak hanya itu, antioksidan dalam wine yang bernama resveratrol juga dinilai mampu mengerem pertumbuhan sel-sel kanker hati.Antioksidan lain dalam wine yang dapat memberikan proteksi adalah kuersetin. Senyawa ini disebut bisa membantu dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker mulut.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Ternyata minum wine sesekali juga dapat menurunkan risiko gangguan mental. Misalnya, depresi.Para peneliti dari Spanyol melakukan satu penelitian pada 5.000 pria dan wanita usia 55 hingga 80 tahun. Riset ini dilakukan selama tujuh tahun.Pada tahun 2013, para peneliti tersebut melaporkan bahwa orang yang minum antara dua dan tujuh gelas wine per minggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk didiagnosis mengalami depresi.Namun harap diingat jika diminum terlalu berlebihan, manfaat wine justru tidak akan Anda dapat dan malah meingkatkan risiko terkena gangguan mental.

5. Mencegah kerusakan penglihatan

Retinopati diabetik dan degenerasi makula merupakan gangguan mata yang serius. Kedua penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah mata yang tak terkendali, dan bisa berujung pada kerusakan penglihatan bahkan kebutaan.Antioksidan resveratrol dalam red wine disebut dapat mencegah kerusakan penglihatan akibat pertumbuhan pembuluh darah mata yang tidak normal.Namun tetap dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal tersebut. Pasalnya, para peneliti juga mesti memastikan apakah red wine juga berpotensi mencegah gangguan penglihatan akibat penyakit lainnya, seperti penyakit kardiovaskular.

Pilih red wine atau white wine?

Setelah mengetahui manfaat wine yang melimpah, pertanyaan lainnya adalah jenis minuman anggur mana lebih baik? Red wine atau white wine?Perlu dipertegas bahwa sebagian besar penelitian mengenai manfaat wine untuk kesehatan lebih fokus pada red wine.Red wine memiliki lebih banyak antioksidan resveratrol daripada white wine. Tak tanggung-tanggung, kandungan resveratrol dalam red wine bahkan 10 kali lebih banyak dibandingkan white wine.Karena itu, apabila hendak memetik manfaat wine, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengonsumsi red wine.

Berapa batas aman minum wine?

Apapun jenis wine yang Anda minum, pastikan Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Pasalnya, konsumsi wine berlebihan justru bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari stroke, hipertensi, depresi, sirosis hati, hingga kanker.Agar lebih jelas, batas aman konsumsi wine agar tetap bermanfaat adalah sebagai berikut:
  • 1 gelas atau sekitar 150 ml per hari untuk wanita.
  • 2 gelas atau sekitar 300 ml per hari untuk pria.

Catatan dari SehatQ

Meski digolongkan minuman beralkohol, manfaat wine nyatanya begitu beragam untuk kesehatan tubuh. Dengan catatan, minuman beralkohol ini harus dikonsumsi secara moderat dan disertai dengan gaya hidup sehat.Untuk orang dengan penyakit dan kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi wine. Kenapa?Pasalnya, ada beberapa kelompok orang yang sama sekali tidak disarankan meminum wine. Misalnya, ibu hamil, pengidap penyakit hati, dan penderita gagal jantung.
penyakit jantungalkoholanggur merah
WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/health-benefits-wine#1
Diakses pada 8 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-wine
Diakses pada 8 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265635.php
Diakses pada 8 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait