Sederet Manfaat Yoga untuk Pria dan Macam-Macam Gerakannya


Tak hanya wanita, manfaat yoga untuk pria juga tak kalah baik. Beberapa gerakan yoga untuk pria diketahui dapat menyehatkan, bahkan meningkatkan vitalitas.

(0)
29 Apr 2021|Rhandy Verizarie
Manfaat yoga untuk priaManfaat yoga untuk pria ada beragam, salah satunya meningkatkan performa seksual
Jika Anda berpikir yoga hanya bermanfaat bagi wanita, Anda keliru. Faktanya, meski kebanyakan dilakukan oleh kaum hawa, aktivitas fisik yang satu ini juga membawa dampak positif terhadap kesehatan pria. Lantas, apa saja manfaat yoga untuk pria? Simak informasinya berikut ini beserta beberapa contoh gerakan yoga untuk pria yang bisa dicoba.

Manfaat yoga untuk pria

Yoga adalah jenis olahraga yang memadukan gerakan fisik dan meditasi. Olahraga ini umumnya memang dilakukan oleh para wanita. Akan tetapi, kaum pria pun juga bisa melakukannya. Sama seperti wanita, manfaat yoga untuk pria adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan tulang

Dunia medis berpendapat bahwa gerakan-gerakan yoga dapat membantu pria untuk dapat memiliki tulang yang kuat dan sehat. Menjaga kesehatan tulang tentu saja menjadi sangat penting, terutama bagi pria yang sudah memasuki usia lanjut dan berpotensi mengalami masalah tulang, seperti osteoporosis alias pengeroposan tulang. 

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yoga untuk pria selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Jika dilakukan secara benar, gerakan-gerakan yoga dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh.Metabolisme tubuh yang baik akan mencegah berat badan naik secara signifikan. Jadi, Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal, olahraga yoga secara rutin bisa jadi salah satu solusinya. 

3. Melancarkan pencernaan

Gerakan yoga untuk pria seperti ‘twist’ menurut seorang instruktur yoga bernama Jen Kluczkowski dapat membantu relaksasi organ dalam tubuh, termasuk organ pencernaan.Hal ini tentu akan membuat proses pencernaan menjadi lancar dan Anda bisa terhindar dari masalah terkait sistem pencernaan seperti sulit buang air besar (BAB) alias sembelit.

4. Mencegah cedera

Jika dilakukan dengan benar, yoga untuk pria juga dapat bermanfaat mencegah cedera. Gerakan yoga yang sebagian besar merupakan peregangan disebut-sebut dapat membuat otot dan sendi tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel sehingga mencegah, atau setidaknya, meminimalisir risiko cedera.

5. Meningkatkan fungsi otak

Saat melakukan gerakan yoga, Anda akan banyak mengatur napas. Kabar baiknya, hal ini diklaim dapat membantu merelaksasi otak yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsinya. Penelitian juga mengungkapkan bahwa melakukan yoga selama 20 menit dapat meningkatkan fungsi otak lebih baik ketimbang jogging dalam durasi yang sama. 

6. Meningkatkan performa seksual

Ada banyak cara untuk meningkatkan performa seksual Anda, dan yoga adalah salah satunya. Manfaat yoga untuk pria dalam meningkatkan performa seks bahkan juga telah dibuktikan oleh penelitian.Dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang dimuat dalam Journal of Sex Medicine, disebutkan bahwa pria yang aktif melakukan yoga selama 12 minggu mengalami peningkatan fungsi seksualnya secara keseluruhan. Hal ini termasuk hasrat seksual, kepuasaan saat orgasme, pengendalian ejakulasi, dan ereksi penis.

7. Meredakan stres

Kombinasi antara gerakan fisik dan latihan pernapasan juga membuat pose yoga untuk pria terbukti secara ilmiah mampu mengatasi stres dan masalah mental lainnya seperti gangguan kecemasan atau bahkan depresi. 

8. Memperbaiki postur dan gerak tubuh

Gerakan yoga untuk pria juga diklaim dalam membantu memperbaiki postur tubuh serta mempermudah pergerakan (mobilitas) tubuh, terutama ketika sedang melakukan aktivitas fisik yang tergolong berat. 

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yoga untuk pria lainnya yang juga bisa Anda dapatkan adalah menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, berbagai gerakan yoga diketahui dapat membantu mengatasi stres dan peradangan yang bisa mengganggu kinerja jantung. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk mengendalikan faktor-faktor yang dapat memicu gangguan jantung, termasuk tekanan darah dan obesitas. 

10. Mengatasi nyeri punggung

Apakah Anda kerap merasakan nyeri punggung? Hati-hati karena ini bisa jadi merupakan pertanda nyeri punggung kronis. Beruntungnya, nyeri punggung kronis dapat diatasi dengan sejumlah cara, salah satunya yoga. Bahkan, The American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai langkah pertama untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. 

Gerakan yoga untuk pria

Setelah mengetahui manfaat yoga untuk pria, kini saatnya Anda mengetahui macam-macam gerakan yoga untuk pria yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa contoh pose yoga untuk pria antara lain:

1. Half-forward bend (Ardha uttanasana)

Gerakan yoga untuk pria yang pertama adalah half-forward bend atau disebut juga ‘ardha uttanasana’. Cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:
  • Tarik napas secara perlahan
  • Tundukkan badan hingga punggung lurus
  • Letakkan telapak tangan pada tulang kering paha
  • Buang napas perlahan-lahan sambil menahan perut ke belakang, kemudian kembali ke posisi semula
  • Ulangi gerakan sebanyak 5-10 kali

2. Cat and cow

Cat and cow adalah gerakan yang bertujuan untuk memperkuat otot pinggang sekaligus memperlancar aliran darah menuju area intim. Langkah-langkah melakukan gerakan ini adalah: 
  • Posisikan tubuh seperti merangkak di atas matras
  • Pastikan telapak tangan Anda menyentuh matras dengan mantap
  • Lengkungkan punggung ke arah atas, tahan selama beberapa detik
  • Setelah itu, turunkan perut hingga tubuh tampak meliuk sambil mengangkat kepala ke atas
  • Ulangi gerakan sebanyak 5-10 kali

3. Tree pose

Gerakan yoga untuk pria yang satu ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh sekaligus memperkuat otot-otot kaki. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
  • Tubuh dalam posisi berdiri tegak
  • Angkat kaki kanan, tekuk, lalu tempelkan telapak kaki kanan ke paha kiri bagian dalam
  • Satukan kedua telapak tangan dan posisikan di depan dada
  • Tahan pose ini selama beberapa detik
  • Ulangi di sisi kaki lainnya

4. Bridge pose

Bridge pose juga bermanfaat untuk melatih otot-otot pinggang, perut, dan kaki. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan telentang di atas matras
  • Tekuk kedua lutut kaki hingga sejajar dengan telapak kaki tetap menjejak matras
  • Sentuh tumit kaki dengan ujung jari tangan
  • Angkat pinggul Anda ke atas secara perlahan sambil menarik napas
  • Tahan selama beberapa detik

5. Corpse pose

Gerakan yoga untuk pria ini merupakan penutup dan bertujuan untuk merelaksasi otot-otot tubuh setelah melakukan serangkaian pose. Cara melakukannya mudah, yaitu:
  • Tubuh dalam keadaan telentang di atas matras
  • Kedua tangan berada di samping tubuh
  • Kosongkan pikiran 
  • Lakukan selama beberapa menit sampai tubuh terasa rileks

Catatan dari SehatQ

Menimbang berbagai manfaat yoga, maka tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda meluangkan waktu untuk melakukan berbagai gerakan yoga untuk pria di atas.Tanya seputar tips hidup sehat lainnya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Dengan fitur chat dokter online, konsultasi medis dengan ahlinya jadi semakin mudah! Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play.
olahragayogakesehatan pria
John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga Diakses pada 16 April 2021Journal of Sex Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20646186/ Diakses pada 16 April 2021Men’s Health. https://www.menshealth.com/health/a19546955/benefits-of-yoga-for-men/ Diakses pada 16 April 2021Men’s Journal. https://www.mensjournal.com/health-fitness/7-things-you-didnt-know-yoga-could-do-your-body/ Diakses pada 16 April 2021Speare Hospital. https://spearehospital.com/10-reasons-men-should-do-yoga/#:~:text=Increased%20flexibility%20and%20lower%20stress,and%20boost%20your%20bone%20health. Diakses pada 16 April 2021VerWell Fit. https://www.verywellfit.com/beginning-yoga-workout-for-men-3567169#citation-1 Diakses pada 16 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait