6 Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

(0)
21 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Membuat masker wajah alami tidak sulit, salah satunya dari timunTimun merupakan salah satu masker wajah alami
Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah? Nah, untuk mendapatkannya, Anda kini dapat membuat sendiri masker wajah alami yang bisa digunakan sebagai alternatif perawatan wajah di rumah, tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam.Masker wajah alami dapat dibuat dari buah-buahan, tanaman, atau bahan lain yang tidak mengandung bahan kimia. Cara ini juga cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke salon atau ingin berpaling dari produk kecantikan ke bahan alami.

Contoh masker wajah alami dan cara membuatnya

Banyak produk masker wajah beredar di pasaran. Tetapi bagi Anda yang ingin membuat masker di rumah, berikut contoh masker wajah alami yang direkomendasikan.

1. Masker cokelat

Masker wajah alami ini cocok digunakan pada kulit normal untuk menghasilkan kulit yang lembut dan berkilau. Untuk membuatnya, Anda memerlukan bubuk cokelat tanpa gula dan mencampurkannya dengan bahan untuk melembapkan kulit, seperti krim kental dan madu.Campur bahan tersebut sampai bubuk cokelat menjadi pasta, lalu aplikasikan ke wajah. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Masker putih telur

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan. Nah, masker wajah alami yang satu ini bisa membantu mengatasi jerawat tersebut.Alasannya, putih telur mengandung protein yang diyakini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk membuat masker putih telur, Anda bisa menyiapkan 2-3 telur yang diambil bagian putihnya saja.Setelah itu, masukkan putih telur ke dalam mangkuk. Ambil kapas dan oleskan ke wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu cuci dengan kain lembut dan bisa ditambah dengan pelembap.

3. Masker oatmeal

Oatmeal dapat digunakan sebagai masker wajah alami. Teksturnya yang kasar membuat oatmeal kerap digunakan sebagai eksfoliator alami, yang mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Alhasil, wajah akan terlihat cerah dan berseriUntuk membuat masker oatmeal, siapkan dua sendok teh oatmeal dan satu sendok teh bubuk baking soda. Cara membuatnya, yakni campurkan oatmeal dan baking soda ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Selanjutkan oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Cuci dan bilas dengan air hangat

4. Masker pisang dan lemon

Pisang adalah salah satu buah yang dipercaya dapat membantu menyerap minyak pada wajah sehingga mengurangi risiko munculnya jerawat. Sedangkan lemon bermanfaat untuk membersihkan pori-pori.Untuk membuat masker wajah alami yang satu ini, Anda cukup menyiapkan bahan berupa:
  • 1 buah pisang
  • 10 tetes jus lemon
  • 1 sendok teh minyak zaitun.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Hancurkan pisang, lalu tambahkan lemon dan minyak zaitun hingga berbentuk seperti pasta ke dalam wadah atau mangkuk.
  • Setelah diaduk rata, oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Bersihkan masker dari wajah dengan air hangat.

5. Masker timun

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai masker wajah alami adalah timun. Seperti diketahui, timun mengandung air dan mineral sehingga mampu melembapkan kulit, serta mengatasi kulit kusam. Cara membuat masker timun pun sangat mudah. Anda dapat mengiris timun, kemudian menempelkannya di wajah. Cara lain adalah dengan mencampurnya dengan lendir lidah buaya, kemudian diblender. Campuran ini kemudian dioleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air.

6. Masker stroberi

Buah stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa menyehatkan kulit. Anda juga dapat mencampur buah ini dengan yogurt atau madu. Oleskan masker stroberi ke wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Masker stroberi dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.Membuat berbagai masker di atas tidak sulit, bukan? Semua bahan di atas dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan terdekat. Selamat mencoba!
masker wajahperawatan wajah
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/9-home-spa-makeovers-body-soul
Diakses pada 20 januari 2020
https://www.health.com/beauty/12-homemade-face-masks-for-fresh-younger-looking-skin
Diakses pada 20 januari 2020
https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks
Diakses pada 20 januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait