Masturbasi Saat Menstruasi, Apakah Berbahaya? Begini Penjelasannya


Masturbasi saat haid aman dilakukan dan memberi banyak manfaat. Beberapa di antaranya meredakan nyeri, memperbaiki suasana hati, hingga meningkatkan kualitas tidur.

(0)
Masturbasi saat menstruasi dapat mengurangi nyeri haidOrgasme yang terjadi setelah Anda melakukan masturbasi memicu pelepasan hormon endorfin
Masturbasi merupakan aktivitas yang wajar dilakukan oleh siapa saja untuk memenuhi hasrat seksual mereka. Namun, melakukannya saat sedang haid mungkin akan terdengar menjijikkan bagi sebagian orang. Lantas, masturbasi saat menstruasi apakah berbahaya? Jawabannya adalah tidak. Nyatanya aktivitas ini malah memberikan banyak manfaat untuk Anda. Meski begitu, sejumlah hal perlu diperhatikan agar semuanya berjalan dengan aman, nyaman, dan  tidak berantakan.

Apa saja manfaat masturbasi saat menstruasi?

Banyak orang yang masih bertanya mengenai masturbasi saat menstruasi apakah berbahaya. Masturbasi saat haid merupakan aktivitas yang aman untuk dilakukan. Beragam manfaat pun bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengurangi stres

Masturbasi memicu pelepasan hormon oksitosin di otak. Oksitosin memberikan efek relaksasi dengan menurunkan hormon pemicu stres seperti kortisol. Selain itu itu, hormon prolaktin yang ikut dilepaskan saat masturbasi juga membantu mengatur respons stres Anda.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Pelepasan oksitosin dan endorfin ketika masturbasi memberikan efek penenang. Perasaan yang tenang membuat Anda jadi lebih mudah tidur. Selain oksitosin dan endorfin, masturbasi juga turut melepaskan hormon prolaktin yang memiliki keterkaitan dengan rasa kantuk.

3. Mengurangi rasa nyeri

Masturbasi saat menstruasi dapat membantu kurangi nyeri haid
Masturbasi saat menstruasi dapat meningkatkan kepuasan
Masturbasi saat haid dapat membantu meredakan rasa nyeri pada perut, punggung, kepala, dan sendi yang muncul akibat menstruasi. Kemampuan itu tidak lepas dari hormon dopamin dan serotonin yang dilepaskan saat Anda orgasme. Kedua hormon tersebut memiliki fungsi sebagai pereda nyeri alami.

4. Memperbaiki suasana hati

Orgasme yang terjadi setelah Anda melakukan masturbasi memicu pelepasan hormon endorfin. Hormon ini dikenal mempunyai kemampuan untuk memperbaiki suasana hati yang tidak stabil saat periode menstruasi.

5. Meningkatkan kepuasan saat orgasme

Masturbasi yang dilakukan saat haid dapat membuat Anda merasakan kepuasan lebih ketika mencapai orgasme. Hal tersebut terjadi karena ketika menstruasi, aliran serta sirkulasi darah Anda mengalami peningkatan, sehingga meningkatkan gairah, kepekaan, dan kepuasan saat masturbasi.Manfaat yang didapatkan dari masturbasi saat menstruasi dapat berbeda pada masing-masing orang. Apabila aktivitas ini memicu rasa sakit dan meningkatkan volume perdarahan, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Tips masturbasi saat haid agar aman dan tidak berantakan

Masturbasi saat menstruasi dapat membuat darah yang keluar dari dalam miss V ketika haid menjadi berantakan dan tercecer ke mana-mana. Untuk mencegah kondisi tersebut, sejumlah tips bisa Anda terapkan, seperti:
  • Menggunakan menstrual cup

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah darah haid berceceran saat masturbasi yaitu dengan menggunakan menstrual cup. Tidak hanya itu, menstrual cup membuat jari atau alat bantu seks Anda terlindungi dari paparan darah haid.
  • Fokus pada klitoris

Ketika masturbasi, Anda tidak perlu memasuki vagina terlalu dalam agar terhindar dari paparan darah menstruasi. Fokuskan rangsangan di klitoris untuk mencapai orgasme. Untuk meningkatkan sensasi, rangsang zona sensitif lain di tubuh Anda seperti leher, paha, ketiak, maupun payudara.
  • Lapisi sex toys dengan kondom

Jika Anda melakukan masturbasi dengan sex toy, lapisi dengan kondom. Tidak hanya menjaga kebersihan alat bantu seks, cara ini berguna untuk mengurangi risiko infeksi bakteri yang menempel pada sex toyJika tidak ingin menggunakan kondom, pastikan Anda sudah mencuci alat bantu seks hingga benar-benar bersih. Setelah dipakai, jangan lupa mencucinya kembali hingga bersih meskipun dipakai dengan lapisan kondom.
  • Lakukan di kamar mandi

Supaya tidak berantakan dan mudah dibersihkan, masturbasi saat haid sebaiknya Anda lakukan di kamar mandi. Dengan begitu, Anda tinggal menyiram darah yang tercecer ke lantai dengan air untuk membersihkannya.

Catatan dari SehatQ

Masturbasi saat haid aman untuk dilakukan. Aktivitas ini nyatanya memberi beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengurangi stres, meredakan rasa nyeri akibat haid, meningkatkan kualitas tidur, hingga memperbaiki suasana hati.Namun, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang aman. Jika Anda mengalami masalah kesehatan setelah masturbasi, segera berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal masturbasi saat menstruasi apakah berbahaya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
orgasmemenstruasistresmasturbasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/masturbate-on-period
Diakses pada 2 Maret 2021
Medical News https://www.medicalnewstoday.com/articles/masturbation-effects-on-brain
Diakses pada 2 Maret 2021
Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/sex-life/a29417/masturbation-during-period/
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait