Memahami Manfaat Disiplin dalam Hidup Sehari-hari, Dampaknya Dinikmati Sepanjang Masa


Manfaat disiplin dapat dinikmati sepanjang hidup. Manfaat disiplin termasuk membantu diri untuk fokus, meningkatkan performa pekerjaan dan akademik, serta membuat diri lebih disenangi orang lain. Disiplin juga bermanfaat untuk hati yang lebih gembira.

(0)
19 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat disiplin saat kita bekerja dan berinteraksi adalah lebih dihormati oleh orang lainDisiplin dalam pekerjaan amat bermanfaat untuk kesuksesan
Sejak belia, kita sudah diajarkan orangtua dan guru untuk menjadi pribadi yang disiplin. Tidak salah, disiplin memang menjadi salah satu kunci untuk sukses dan bahagia dalam hidup. Disiplin amat bermanfaat untuk kesuksesan dalam pekerjaan dan akademik serta bermanfaat pula untuk kebahagiaan diri. Ketahui ragam manfaat disiplin untuk hidup yang lebih baik.

Manfaat disiplin untuk bantu meraih makna hidup

Ini dia ragam manfaat disiplin agar hidup lebih baik dan bahagia:

1. Membantu diri untuk fokus

Salah satu manfaat disiplin adalah membuat kita lebih mampu untuk fokus. Tak dipungkiri, kita hidup di dunia yang penuh dengan distraksi yang membuyarkan konsentrasi. Berlatih menerapkan disiplin diri membantu kita untuk bisa lebih fokus pada tujuan dan objektif yang didambakan – entah itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan fokus pada tujuan yang hendak dicapai, kita bisa menyelesaikan rentetan pekerjaan dan tugas sehari-hari. Derajat fokus tersebut bisa dilatih dengan menerapkan disiplin diri, seperti bangun lebih pagi dan tidur tidak terlalu larut.

2. Melatih rasa percaya diri

Ya, manfaat disiplin yang mungkin tak pernah Anda sangka adalah melatih rasa percaya diri. Percaya diri yang optimal dan terkendali dapat membantu kita untuk menyelesaikan tugas dan meraih tujuan yang didambakan. Tugas dan pekerjaan yang bisa terselesaikan dengan baik tersebut akan juga berefek positif pada rasa percaya diri. 

3. Lebih disukai dan dihormati oleh orang lain

Profesi apa pun yang kita emban menuntut diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu manfaat disiplin saat kita bekerja dan berinteraksi adalah lebih dihormati oleh orang lain. Misalnya, disiplin dalam menyetor pekerjaan pada rekan dan atasan akan membuat mereka lebih menghormati Anda sebagai kolega di kantor. Apabila Anda merupakan atasan di sebuah perusahaan, perilaku disiplin dapat menjadi contoh untuk bawahan dan mereka pun mendaulat Anda sebagai role model yang perlu dicontoh.

4. Meraih performa akademik yang lebih baik

Anak-anak, pelajar, dan mahasiswa yang terlatih disiplin tentu juga akan mendapatkan manfaat dari perilaku positif ini. Manfaat disiplin dikaitkan dengan performa akademik yang juga positif. Misalnya, anak yang terlatih disiplin akan bangun tepat waktu dan menjalankan aktivitas belajar dengan tepat waktu pula.Sebuah riset dalam Journal of Education and Practice  menyebutkan, disiplin memiliki kaitan yang positif dengan performa akademik pada murid sekolah dasar di sebuah daerah di Kenya.

5. Membuat tubuh lebih sehat

Manfaat disiplin tak hanya dikaitkan dengan pekerjaan dan akademik saja. Melatih perilaku positif ini membuat Anda akan lebih memerhatikan tubuh dan memelihara kesehatan. Misalnya, disiplin dalam menerapkan waktu bangun dan tidur akan membuat kebutuhan tidur bisa tercukupi. Tidur yang cukup, yakni dengan durasi 7-9 jam sehari, dapat menyehatkan kesehatan organ tubuh seperti jantung.Disiplin waktu mulai dari jam tidur membuat Anda bisa mengatur waktu di aktivitas berikutnya, seperti makan pada waktunya, memiliki waktu untuk berolahraga, dan tidur di malam hari juga tepat pada waktunya.

6. Memberi waktu untuk menjalani hobi

Manfaat disiplin juga tentu tak hanya berkaitan dengan pekerjaan saja. Dengan prioritas yang selesai tepat waktu, Anda akan memiliki waktu luang untuk menyenangkan diri dan menjalani hobi hari-hari kerja sekalipun. Misalnya, Anda bisa berolahraga di malam hari atau menikmati series sebelum tidur.Manfaat di atas tentu sulit didapatkan apabila Anda berleha-leha di jam kerja dan tak disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan. 

7. Membuat diri lebih bahagia

Siapa yang tak bahagia saat semua pekerjaan, deadline, dan tugas rumah terselesaikan dengan baik? Rasa bahagia karena fokus dalam beraktivitas tersebut merupakan manfaat disiplin yang tentu sangat berharga. Disiplin dalam melihat waktu, menyelesaikan pekerjaan, dan menjauhkan diri dari distraksi membuat pekerjaan selesai tepat waktu dan memberikan sensasi bahagia dan reward untuk diri sendiri.

Tips untuk mengembangkan disiplin diri 

Manfaat disiplin di atas bisa diraih dengan proses melatih diri yang mungkin tak sebentar. Berikut ini beberapa cara melatih diri untuk mendapatkan manfaat disiplin:
  • Mulai dengan tujuan dan objektif yang realistis dan bisa dicapai
  • Buat to do list yang bersekat waktu untuk memberi tantangan pada diri dalam menyelesaikannya
  • Singkirkan distraksi dan gangguan saat berusaha menyelesaikan pekerjaan
  • Terapkan disiplin diri secara perlahan dan tak perlu terburu-buru menekan diri sendiri
  • Tuliskan tiap perkembangan dalam berlatih disiplin untuk memberi motivasi dan reward pada diri sendiri
  • Biasakan diri dengan kebiasaan positif, seperti bangun tepat waktu, makan tepat waktu, dan tidur tepat waktu
  • Selalu ingatkan diri bahwa manfaat disiplin di atas benar adanya untuk kebaikan diri sendiri

Catatan dari SehatQ

Beragam manfaat disiplin bisa kita dapatkan untuk hidup yang lebih baik, termasuk membantu diri untuk fokus, membuat tubuh lebih sehat, dan membuat hati lebih gembira. Untuk tips lain terkait disiplin diri, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang setia dampingi hidup sehat Anda.
menjaga kesehatanmembesarkan anakberpikir positifpola hidup sehat
Bustle. https://www.bustle.com/articles/181530-11-ways-to-develop-self-discipline-stay-committed-to-a-routine-no-matter-what
Diakses pada 9 November 2020
ERIC Insitute of Education Sciences. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1092484.pdf
Diakses pada 9 November 2020
Mind Controversy. https://www.mindcontroversy.com/advantages-discipline-life
Diakses pada 9 November 2020
Van Cruzer. https://vancruzer.com/self-discipline-is-important-for-success
Diakses pada 9 November 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait