Membacakan Dongeng Anak Memberikan Banyak Manfaat untuk Si Kecil

(0)
15 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Membacakan dongeng anak dapat menstimulasi kreativitas Si KecilMembacakan dongeng anak bersama Si Kecil punya banyak manfaat
Alur cerita dalam dongeng anak memang terasa tidak masuk akal bagi orang-orang dewasa. Tetapi ketika dibacakan kepada anak, dongeng tersebut akan memberikan banyak stimulasi positif dalam perkembangan anak-anak.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi, memiliki setting waktu pada zaman dahulu kala, dan peristiwanya memang aneh-aneh. Dongeng sendiri banyak jenisnya, misalnya fabel (kisah tentang binatang) maupun sasakala (cerita tentang para dewa).

Manfaat membacakan dongeng pada anak-anak

Membacakan dongeng anak atau mendongeng adalah kegiatan yang identik dengan kegiatan pengantar saat menidurkan anak. Tetapi, tahukah Anda bahwa membacakan dongeng pada anak memiliki manfaat di luar membuat anak mengantuk?Beberapa alasan yang mungkin akan menggerakkan motivasi Anda untuk sering membacakan dongeng kepada anak, antara lain:
  • Meningkatkan perkembangan pada otak kanan anak, yakni bagian otak yang mengatur kreativitas anak.
  • Menyehatkan kondisi psikologis anak, terutama membuatnya tidak takut untuk mengutarakan emosinya.
  • Meningkatkan kecerdasan emosional anak.
  • Memupuk imajinasi dan merangsang keingintahuan anak.
  • Melatih kemampuan berbahasa, mengenalkan kosakata baru, dan meningkatkan literasi anak sejak dini.
  • Membuat anak lebih menghargai buku.
Setelah membacakan dongeng anak, jangan lupa untuk menekankan pesan yang terkandung dalam dongeng tersebut. Bila memungkinkan, ajak ia berdiskusi mengenai apa yang baik dan buruk, serta hal apa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun apa yang sebaiknya dihindari.
Membacakan dongeng anak dapat menstimulasi Si Kecil

Beberapa kisah dongeng anak yang dapat Anda pilih

Banyak sekali cerita dongeng anak yang dapat Anda pilih untuk dibacakan kepada anak. Selain dongeng anak Indonesia, Anda pun dapat memilih buku cerita berbahasa asing untuk menambah wawasan si kecil.Kisah dongeng anak Indonesia bisa dilihat di laman Badan Bahasa Kemendikbud. Ada pula aplikasi gratis yang dapat diunduh di telepon pintar yang juga berisi kumpulan dongeng luar negeri.Berikut beberapa rekomendasi kisah dongeng anak dari dalam maupun luar negeri yang bisa Anda pilih:
  • Malin Kundang

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan cerita rakyat dari Sumatera Barat ini. Kisah Malin Kundang memang sering diceritakan secara turun-temurun agar anak-anak kelak tidak bersikap seperti anak durhaka yang satu ini.Malin Kundang digambarkan sebagai anak yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiri karena berpenampilan lusuh, sedangkan Malin baru saja pulang kampung setelah sukses di perantauan. Sang ibu yang merasa sedih kemudian mengutuk Malin menjadi batu.Batu Malin Kundang pun saat ini bisa dijumpai di pantai Aia Manih, di selatan kota Padang, Sumatera Barat.
  • Timun Mas

Dongeng anak ini mengajarkan pada anak untuk tidak lelah berdoa dan berusaha untuk meraih impiannya. Jangan juga takut pada orang yang berpenampilan besar karena kecerdikan ternyata juga bisa mengalahkan kekuatan fisik.Legenda Timun Mas berawal dari kisah sepasang suami-istri petani yang memiliki anak perempuan yang lahir dari sebuah timun hasil pemberian raksasa. Anak ini kemudian diberi nama Timun Mas.Saat puteri Timun Mas sudah besar, sang raksasa meminta kembali Timun Mas dan ingin memakannya. Namun berkat kecerdikan Timun Mas yang menuruti nasehat orang tuanya, raksasa akhirnya kalah dan keluarga Timun Mas hidup bahagia selamanya.
  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Sama seperti kisah Malin Kundang, dongeng anak ini juga sangat populer di Indonesia, bahkan sudah diadaptasi menjadi film di layar kaca. Dongeng bawang merah-bawang putih sendiri memiliki pesan moral untuk menjadi anak yang baik, tidak pendendam, dan selalu menyayangi saudara serta orangtua dalam segala kondisi.Cerita ini juga mengajarkan bahwa perbuatan yang jahat akan mendapatkan balasan yang setimpal. Seperti halnya perlakuan jahat Bawang Merah dan Ibu Tiri kepada Bawang Putih, yang pada akhirnya mendapat hukuman yang setimpal dari Tuhan.
  • Si Kancil

Dongeng anak Si Kancil berkisah tentang cara Kancil untuk keluar dari lubang jerat Pak Tani dengan menghalalkan segala cara. Meski kecerdikan Kancil patut ditiru, Anda sebaiknya menanamkan dalam diri anak bahwa sifat licik, suka berbohong, dan mencuri bukanlah sifat yang baik.Selain kisahnya, lagu ‘Si Kancil’ juga sangat familiar. Liriknya adalah "Si Kancil anak nakal. Suka mencuri ketimun. Ayo lekas dikurung. Jangan diberi ampun."
  • Pinokio

Dongeng anak yang berasal dari Italia ini bisa Anda ceritakan kepada anak untuk mengajarinya agar tidak suka berbohong. Kisah pinokio sendiri berkutat pada kehidupan boneka kayu yang bisa hidup dan berbakti pada ‘orangtuanya’, yaitu Geppetto si tukang kayu.Untuk membacakan dongeng anak, Anda tentu harus memegang buku dongeng. Namun, Anda tidak perlu terpaku pada alur dalam buku tersebut ketika bercerita kepada anak.Anak akan banyak belajar hanya dengan melihat Anda memegang buku, membolak-balikkan halaman, hingga ekspresi Anda dalam membawakan dongeng anak tersebut. Anda pun tidak dilarang berimprovisasi, serta melibatkan anak dalam kegiatan membaca dongeng tersebut.
tumbuh kembang anakperkembangan anak
KBBI. https://kbbi.web.id/dongeng
Diakses pada 15 Januari 2020
Kemdikbud RI. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/mendikbud--dongeng-bangun-imajinasi-anak-yang-akan-menentukan-kesuksesan-masa-depan
Diakses pada 15 Januari 2020
Kemdikbud RI. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/jenis_produk/Cerita%20Anak
Diakses pada 15 Januari 2020
Raising Children Australia. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/literacy-reading-stories/reading-storytelling
Diakses pada 15 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait