Ini 8 Cara Membesarkan Payudara yang Aman


Cara membesarkan payudara secara alami bisa dengan beberapa gerakan sederhana yang membentuk otot di sekitar payudara, seperti wall presses, prayer pose, dan arm circle. Imbangi juga dengan pola makan dan hidup sehat.

0,0
29 Jul 2021|Azelia Trifiana
Cara membesarkan payudara secara alami yang ideal adalah dengan olahragaCara membesarkan payudara secara alami adalah dengan melatih otot dada
Banyak perempuan yang ingin mengetahui cara membesarkan payudara. Di luar sana pun tidak sedikit metode yang beredar dan dianggap efektif, termasuk mengoleskan pasta gigi ke payudara. Benarkah cara ini aman?
Secara ilmiah, cara membesarkan payudara yang paling baik adalah dengan berolahraga. Selain itu, mengonsumsi makanan tertentu serta melakukan operasi dengan dokter bedah yang ahli juga dapat membantu memeberikan efek pembesaran payudara.

Cara membesarkan payudara dengan pasta gigi, apakah efektif?

Pasta gigi
Cara memperbesar payudara dengan pasta gigi
Cara membesarkan payudara dengan pasta gigi menjadi tren yang diperkenalkan oleh beberapa vlogger kecantikan di dunia maya. Mereka percaya, cara memperbesar payudara dengan pasta gigi ini dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori, sehingga payudara akan terlihat besar.Beberapa vlogger yang memulai tren tersebut juga mengklaim bahwa cara memperbesar ukuran payudara dengan pasta gigi akan semakin manjur saat dicampurkan dengan produk pelembap kulit. Namun sayangnya, belum ada penelitian atau penjelasan ilmiah kuat untuk membuktikan efektivitasnya.Jikalau memang para wanita merasa kulitnya lebih kencang setelah mengoleskan pasta gigi di bagian payudaranya, itu karena pasta gigi bisa mengering di kulit, sehingga membuat kulit payudara terasa kencang.Saat bekas pasta gigi yang sudah mengering di kulit itu dibilas, sensasi kulit yang mengencang itu akan hilang. Payudara juga tidak akan membesar ataupun mengencang.Selain tidak terbukti efektif, kabar buruk lain dari cara membesarkan payudara secara alami dan cepat besar dengan pasta gigi adalah risiko timbulnya efek samping merugikan, seperti: 

Mengiritasi kulit

Ingatlah, pasta gigi diformulasikan untuk gigi, bukan untuk bagian sensitif pada kulit. Bahan kimia yang ada pada pasta gigi memang aman saat menyentuh gigi. Namun ketika kulit terpapar olehnya, maka iritasi akan datang karena kadar pH yang dimiliki pasta gigi dapat mengiritasi kulit. 

Tidak hanya itu, kandungan natrium lauryl sulfate yang dimiliki pasta gigi dianggap bisa mengiritasi kulit pada beberapa orang, tergantung dari sensitivitas kulit.
Mengeringkan kulit

Jikalau Anda “selamat” dari efek samping iritasi yang ditimbulkannya, masih ada efek samping lain yang berpotensi terjadi. Ya, pasta gigi berpotensi menyebabkan kekeringan pada kulit. Hal ini malah bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit payudara.

Reaksi alergi

Selain kulit kering dan iritasi, reaksi alergi juga bisa terjadi. Sebab, beberapa orang memang memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang dikandung oleh pasta gigi maupun produk pelembap kulit.

Gejala reaksi alergi yang muncul bisa bersin, hidung mampet dan gatal, ataupun munculnya ruam pada kulit yang terpapar oleh pasta gigi tersebut.

Cara membesarkan payudara yang aman

Tanpa perlu mengonsumsi produk kimia berbahaya yang tak jelas keamanannya, sebenarnya ada beberapa cara membesarkan payudara lain yang dapat Anda lakukan. Sebagian besar cara tersebut adalah gerakan-gerakan olahraga dengan repetisi untuk memperkuat otot di sekitar payudara sehingga badan tampak lebih tegap. Apa saja?
Cara membesarkan payudara adalah dengan gerakan push up ke tembok
Push up ke dinding bisa jadi salah satu cara untuk membesarkan payudara

1. Wall presses

Gerakan wall presses merupakan salah satu cara membesarkan payudara secara alami. Gerakan ini mirip seperti push-up namun bertumpu pada dinding. Caranya adalah:
  • Berdiri di depan dinding dan tekan telapak tangan ke bidang yang sama tingginya seperti dada Anda
  • Secara perlahan, lakukan gerakan maju mundur hingga kepala Anda nyaris menyentuh dinding
  • Ulangi 10-15 kali
Cara membesarkan payudara dengan gerakan arm circle
Gerakan arm circle membantu memperkuat otot dada, bahu, biceps, dan triceps

2. Arm circle

Gerakan kedua juga tak hanya menjadi cara membesarkan payudara secara alami tapi juga memperkuat otot bahu, biceps, dan triceps. Cara melakukan gerakan ini adalah:
  • Rentangkan kedua tangan sejajar dengan bahu
  • Perlahan buat gerakan memutar ke belakang selama 1 menit
  • Lakukan gerakan yang sama ke arah berlawanan selama 1 menit
  • Naik turunkan lengan ke atas dan bawah dengan gerakan memutar kecil selama 1 menit
  • Ulangi set ini 1-2 kali
Selain itu, gerakan arm circle juga bisa dilakukan sembari membawa beban dengan berat yang disesuaikan dengan kemampuan.

3. Prayer pose

Berikutnya ada gerakan sederhana yang juga bisa memperkuat otot di sekitar payudara, prayer pose. Caranya adalah:
  • Luruskan kedua tangan di depan dada dengan telapak tangan tertutup
  • Diamkan selama 30 detik
  • Kemudian tekuk siku 90 derajat dengan kedua telapak tangan tetap tertutup 
  • Lakukan selama 10 detik
  • Ulangi sebanyak 15 kali
Cara membesarkan payudara dengan mengangkat dumbbell
Anda memerlukan dumbbell dan yoga mat untuk melakukan gerakan ini

4. Chest press extensions

Untuk gerakan ini, Anda bisa menambah beban dengan menggunakan dumbbell. Lakukan gerakan ini dalam posisi berbaring di atas matras yoga. Detilnya adalah:
  • Pegang dumbbell di kedua tangan dan angkat ke samping telinga (posisi siku ditekuk 90 derajat)
  • Perlahan luruskan kedua tangan dan gerakkan ke depan
  • Kedua tangan kembali ke bahu dan perlahan tangan diturunkan
  • Semua gerakan dilakukan perlahan dan siku tetap masuk di samping tubuh
  • Lakukan sebanyak 12 kali
Cara membesarkan payudara dengan gerakan arm press
Gerakan ini terlihat mudah namun bermanfaat untuk mengencangkan payudara

5. Arm presses

Mirip seperti prayer pose, berdirilah dengan meluruskan kedua tangan di depan dada. Posisikan kedua telapak tangan saling menempel, kemudian lakukan gerakan ini:
  • Buka kedua tangan selebar-lebarnya, rentangkan ke kiri dan kanan tubuh
  • Rasakan sampai punggung Anda sedikit tertarik ke belakang
  • Kemudian kembali satukan kedua telapak tangan Anda ke depan
  • Lakukan gerakan ini selama 1 menit

6. Atur pola makan

Berkomitmen mengatur pola makan dengan cara tertentu rupanya juga bisa jadi salah satu cara membesarkan payudara secara alami. Beberapa makanan dapat menjadi stimulus estrogen dan membesarkan payudara. Apa saja?
  • Buah kaya fitoestrogen seperti pepaya, apel, kurma, ceri, dan pomegranate
  • Sayuran seperti lobak, wortel, terong, bawang, dan timun
  • Kacang-kacangan seperti walnut, pistachio, dan chestnut
  • Asam lemak dari olive dan alpukat

7. Operasi pembesaran payudara

Operasi pembesaran payudara dalam bahasa medis disebut mamoplasti augmentasi. Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan implan di bawah jaringan payudara ataupun otot dada. Tidak hanya untuk Anda yang merasa ukuran payudaranya kurang besar, operasi ini juga kerap dilakukan pada wanita yang baru menjalani pengangkatan jaringan payudara akibat gangguan tertentu, baik itu penyakit ataupun trauma. Selama dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik yang ahli, operasi ini secara umum aman dilakukan. Meski begitu, tetap ada beberapa risiko komplikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan, seperti:
  • Nyeri di area payudara
  • Infeksi luka operasi
  • Munculnya bekas luka
  • Adanya perubahan sensasi pada permukaan puting dan payudara secara keseluruhan
  • Posisi implan bergeser
  • Implan pecah dan bocor

8. Push-up

Cara membesarkan payudara dengan berolahraga selanjutnya ialah mencoba push-up. Dilansir dari Healthline, jenis olahraga ini dipercaya bisa menjadi cara membesarkan payudara secara alami.Untuk mencobanya, ikutilah langkah-langkah push-up berikut ini:
  • Tidur menghadap ke lantai atau matras sambil membentangkan tangan di sisi kiri dan kanan.
  • Selanjutnya, naikkan tubuh Anda hingga tangan lurus ke atas.
  • Terakhir, turunkan tubuh Anda secara perlahan sambil menaruh kedua tangan di sisi kiri dan kanan.
Lakukan sebanyak yang Anda bisa. Jangan memaksakan tubuh jika memang Anda sudah merasa letih.Untuk meminimalisir rasa letihnya, Anda boleh menaruh lutut di lantai saat sedang melakukan push-up.Perlu diingat bahwa meskipun telah melakukan berbagai cara membesarkan payudara seperti yang ada di atas, ukuran payudara tetap bisa berbeda antara satu perempuan dan lainnya.Jangan berharap ada hasil yang instan karena membentuk otot adalah proses yang cukup panjang. Perhitungkan pula bahwa ukuran payudara juga bisa berbeda dari satu waktu ke waktu, semisal saat sedang haid atau hamil.Bagi Anda yang memutuskan untuk menjalani operasi pembesaran payudara, pastikan Anda rutin kontrol ke dokter dan telah mendiskusikan semuanya secara matang dengan profesional yang ahli di bidang tersebut. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara membesarkan payudara maupun tentang kesehatan payudara secara keseluruhan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
payudaraotot dadalatihan otot dada
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-increase-breast-size-naturally#takeaway
Diakses 27 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-increase-breast-size-naturally/#gref
Diakses 27 Januari 2020
Self. https://www.self.com/story/6-things-that-can-actually-impact-your-breast-size
Diakses 20 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/breast-augmentation/about/pac-20393178
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait