Mengenal Apa Itu Biomekanik dan Perannya dalam Olahraga


Secara sederhana, pengertian biomekanik adalah ilmu tentang gerakan tubuh yang hidup. Ilmu ini dapat diterapkan dalam sejumlah bidang, salah satunya yang paling umum adalah olahraga. Biomekanik dapat membantu meningkatkan efektivitas gerakan olahraga.

0,0
18 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak bentuk penerapan biomekanik dalam olahragaBiomekanik dapat membantu latihan olahraga menjadi lebih optimal
Pernahkah Anda mendengar istilah biomekanik? Pengertian biomekanik adalah ilmu tentang gerakan tubuh yang hidup, termasuk bagaimana otot, tendon, tulang, dan ligamen bekerja sama untuk menghasilkan gerakan. Secara harfiah, biomekanik menggabungkan istilah bio yang berarti kehidupan, dengan bidang mekanik yang merupakan studi tentang aksi gaya.
Biomekanik adalah bagian dari bidang kinesiologi yang secara khusus berfokus pada mekanika gerakan. Istilah biomekanik menggambarkan ilmu yang melibatkan studi pada aspek mekanik organisme hidup. Gaya yang dipelajari dalam biomekanik meliputi gaya internal yang dihasilkan oleh otot dan gaya eksternal yang bekerja pada tubuh.   

Elemen-elemen biomekanik

Berikut adalah sejumlah elemen dalam biomekanik dengan area utama yang menjadi fokusnya.
  • Dinamika: mempelajari sistem yang bergerak dengan percepatan dan perlambatan.
  • Kinematika: mempelajari gerak titik partikel tanpa meninjau penyebab geraknya.
  • Kinetika: mempelajari apa yang menyebabkan gerakan, gaya, dan momen yang bekerja.
  • Statika: mempelajari sistem yang berada dalam keseimbangan, baik yang diam atau bergerak dengan kecepatan konstan.

Biomekanika kontemporer

Biomekanik kontemporer adalah bidang multidisiplin yang menggabungkan keahlian fisik dan teknik dengan ilmu biologi dan kedokteran. Beberapa cakupan dalam biomekanik kontemporer, di antaranya:
  • Biomekanik kardiovaskuler
  • Biomekanik sel
  • Biomekanik gerakan manusia (biomekanik ortopedi)
  • Biomekanik pekerjaan
  • Biomekanik olahraga.

Biomekanik dalam olahraga

Biomekanik merupakan ilmu dasar dan terapan, yang mencakup penelitian dan penggunaan praktis dari temuannya. Salah satunya adalah biomekanika olahraga.   Pengertian biomekanika olahraga adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana dan mengapa tubuh manusia bergerak dengan cara tertentu.Dalam bidang olahraga, definisi tersebut sering diperluas dengan turut mempertimbangkan interaksi antara pelaku olahraga dengan peralatan dan lingkungan mereka.Kinerja gerakan manusia dapat ditingkatkan dengan berbagai cara karena gerakan yang efektif meliputi faktor-faktor berikut:
  • Anatomi
  • Kapasitas fisiologis
  • Keterampilan neuromuskular
  • Kemampuan psikologis/kognitif
Biomekanik pada dasarnya adalah ilmu tentang teknik gerakan. Maka dari itu, ilmu ini cenderung paling banyak digunakan dalam bidang olahraga. Di bidang olahraga, teknik merupakan faktor dominan untuk membuat gerakan yang efektif apabila dibandingkan dengan struktur fisik atau kapasitas fisiologis.

Penerapan biomekanika olahraga

Biomekanika olahraga dapat diterapkan untuk mendukung kinerja atlet atau memecahkan masalah dalam olahraga. Berikut adalah beberapa kegunaan biomekanika olahraga.

1. Peralatan olahraga

Biomekanika dapat digunakan dalam desain peralatan olahraga, termasuk pakaian dan tempat olahraga dimainkan. Misalnya sepatu, pakaian renang, atau raket yang dirancang untuk mendukung performa terbaik atlet.

2. Meningkatkan performa individu

Biomekanika olahraga juga dapat digunakan untuk menganalisis gerakan individu atau atlet saat berlatih. Hasil pemeriksaan yang dilakukan bisa diterapkan untuk melatih para atlet supaya dapat melakukan gerakan yang lebih efektif selama latihan dan berolahraga.Misalnya, analisis terhadap ayunan tangan saat bermain golf, dan kemudian dibuat rekomendasi untuk mengubah dan memperbaiki cara melakukan gerakan tersebut.

3. Mencegah dan mengatasi cedera

Biomekanik dapat diterapkan untuk mempelajari penyebab, pencegahan, dan pengobatan cedera akibat olahraga. Misalnya, biomekanik digunakan untuk menganalisis penyebab keseleo saat lari dan bagaimana mencegahnya dengan menggunakan peralatan olahraga tertentu.

4. Terobosan pelatihan

Di bidang pelatihan, biomekanik dapat mempelajari teknik dan sistem pelatihan serta mengembangkan cara untuk membuatnya lebih efisien. Ini dapat mencakup penelitian dasar, seperti bagaimana posisi tangan memengaruhi daya dorong dalam berenang.Selain itu, biomekanika juga dapat mengusulkan dan menganalisis teknik latihan baru yang bertujuan untuk menghasilkan kinerja lebih baik.

Pemeriksaan biomekanik

Selain di bidang olahraga, biomekanik juga diterapkan pada bidang medis. Salah satunya dalam pemeriksaan biomekanik.Pemeriksaan biomekanik adalah pemeriksaan tungkai bawah untuk mengamati struktur, keselarasan, kekuatan, dan kelemahannya. Pemeriksaan ini tidak hanya terfokus pada kaki, tetapi mencakup panggul, tungkai dan lutut.Bagian tubuh ini saling terhubung erat. Rasa sakit di satu area bisa jadi disebabkan oleh kelemahan atau masalah struktural di area tungkai lainnya. Maka dari itu, memeriksa kondisi tungkai bawah secara keseluruhan penting untuk dilakukan.

Karier di bidang biomekanik

Ada beberapa bidang yang terhubung dengan ranah biomekanik, di antaranya:
  • Bidang ilmu biologi: studi biomekanik pada manusia, hewan, sel, dan tumbuhan.
  • Bidang teknik dan ilmu terapan: menerapkan penelitian ilmu biomekanik ke berbagai situasi di berbagai bidang
  • Ergonomi dan faktor manusia: menggunakan biomekanik dalam antarmuka manusia-mesin, tempat kerja, serta proses dan desain fungsional.
  • Pelatihan dan ilmu olahraga: menerapkan biomekanik pada kinerja manusia dalam olahraga.
  • Ilmu kesehatan: meneliti penyebab, pencegahan, dan pengobatan cedera, serta menggunakannya untuk merancang program dan peralatan rehabilitasi.
Seorang ahli di bidang kinesiologi dapat menjalani karier di bidang biomekanik, misalnya:
  • Penelitian dan desain di perusahaan olahraga
  • Penelitian dan pengujian atletik
  • Pengujian di tempat kerja
  • Desain antarmuka antara manusia dan peralatan.
Itulah pengertian biomekanik dan penerapannya, khususnya dalam olahraga. Salah satu jurusan yang mempelajari mata kuliah biomekanika di Indonesia adalah Jurusan Pendidikan Kepelatihan di Universitas Pendidikan Indonesia.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
olahragalatihan fisik
Brittanica. https://www.britannica.com/science/biomechanics-science
Diakses pada 4 Oktober 2021
Very Well Fit.https://www.verywellfit.com/understanding-biomechanics-3498389
Diakses 4 Oktober 2021
Access Physiotherapy. https://accessphysiotherapy.mhmedical.com/content.aspx?sectionid=99981152&bookid=1586
Diakses 4 Oktober 2021
Physio-pedia. https://www.physio-pedia.com/Biomechanics_In_Sport
Diakses 4 Oktober 2021
London Foot and Ankle Centre. https://www.londonfootandanklecentre.co.uk/podiatry/biomechanical-assessment/
Diakses 4 Oktober 2021
Staff Universitas Gadjah Mada. http://mirza.staff.ugm.ac.id/fisdas/note1.pdf
Diakses 4 Oktober 2021
Universitas Pendidikan Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._KEPELATIHAN/196210231989031-R._BOYKE_MULYANA/14.pdf
Diakses 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait