Mengenal Camu-Camu Berry dan Ragam Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
24 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Camu-camu berry dianggap sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang melimpah.Camu-camu berry mengandung kadar vitamin C yang tidak boleh diremehkan.
Camu-camu berry (Myrciaria dubia) adalah buah yang berasal dari hutan Amazon. Popularitasnya kini semakin tinggi karena buah berwarna merah ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.Selain dapat dikonsumsi langsung, camu-camu berry juga sering ditemukan dalam bentuk bubuk, pil, atau jus. Mari kenali berbagai manfaat camu-camu berry untuk kesehatan tubuh Anda.

Camu-camur berry dan manfaatnya untuk kesehatan

camu-camu berry dipercaya sebagai superfood karena kandungan nutrisinya
Camu-camu berry, si superfood yang menyehatkan
Tahukah Anda kalau camu-camu berry termasuk dalam buah yang dijuluki superfood? Kandungan nutrisi seperti vitamin C dan senyawa tumbuhannya membuat buah ini baik untuk dikonsumsi. Agar tidak penasaran lagi, berikut adalah beberapa manfaat camu-camu berry untuk kesehatan.

1. Kaya akan vitamin C

Vitamin C memiliki banyak peran penting untuk kesehatan tubuh, seperti memperkuat sistem imun, diperlukan untuk pembentukan kolagen, hingga bertindak sebagai antioksidan. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dapat mencegah stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.Karena rasanya yang sangat asam, kebanyakan orang mengonsumsi camu-camu berry dalam bentuk bubuk. Akan tetapi jangan salah, bubuk buah ini dinilai memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buahnya.Menurut kandungan nutrisi dari salah satu produk bubuk camu-camu berry, bubuk buah ini bisa memenuhi 750 persen angka kecukupan gizi (AKG) vitamin C per 5 gram-nya.

2. Mengandung antioksidan yang melimpah

Meskipun bentuknya kecil, kandungan antioksidan yang dimiliki camu-camu berry patut diperhitungkan. Selain mengandung vitamin C, buah ini juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti antosianin dan asam ellagic.Berbagai antioksidan ini dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas sehingga penyakit kanker dan penyakit jantung dapat dicegah.Di dalam sebuah penelitian, 20 pria perokok berhasil menurunkan kadar stres oksidatif dan penanda inflamasi seperti protein C-reaktif setelah mengonsumsi 70 mililiter jus camu-camu berry yang mengandung 1.050 miligram vitamin C selama 1 minggu.

3. Melawan peradangan

Camu-camu berry dianggap sebagai buah yang efektif dalam meredakan peradangan di dalam tubuh. Sebab, bulir buah ini mengandung asam ellagic yang telah terbukti bisa menghambar produksi enzim pemicu peradangan (aldose reductase).Sebuah riset yang dilakukan pada perokok membuktikan, mengonsumsi 70 mililiter camu-camu berry yang mengandung 1.050 miligram vitamin C selama satu minggu mampu menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) dan protein C-reaktif sensitif tinggi.Meskipun hasil penelitiannya cukup menjanjikan, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk mengetahui kemampuan camu-camu berry dalam melawan peradangan.

4. Menurunkan berat badan

Berbagai riset hewan uji membuktikan, camu-camu berry dapat menurunkan berat badan dengan cara membakar lebih banyak kalori dan mengubah bakteri usus secara positif.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Penelitian pada 23 partisipan yang sehat mengungkapkan bahwa camu-camu berry dapat menurunkan kenaikan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

6. Mengandung komponen antimikroba

Di dalam sebuah studi tes tabung, kulit dan biji dari camu-camu berry dapat menurunkan pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Streptococcus mutan.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Studi tes tabung dan riset pada manusia menyatakan, camu-camu berry dapat menurunkan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah.

8. Mencegah kanker

Dikarenakan camu-camu berry mengandung antioksidan, buah ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.Berbagai kandungan antioksidannya, seperti asam ellagic, ellagitannins, dan proanthocyanidins, dipercaya sebagai komponen bioaktif yang bisa melawan radikal bebas sehingga risiko kanker bisa diturunkan.Walau demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan berbagai manfaat camu-camu berry di atas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak ‘menelan’ mentah-mentah berbagai manfaat camu-camu berry ini.

Efek samping camu-camu berry

Berbagai efek samping camu-camu berry berpotensi datang dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Satu sendok teh (5 gram) camu-camu berry saja sudah mengandung 682 miligram vitamin C (760 persen AKG harian).Sementara itu, kita disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin C lebih dari 2.000 miligram per hari karena dapat menyebabkan diare dan mual.Jika Anda mengidap hemochromatosis (menumpuknya zat besi di dalam tubuh), ada baiknya tidak mengonsumsi camu-camu berry karena vitamin C yang dikandungnya bisa merangsang lebih banyak zat besi yang terserap ke dalam tubuh.Tidak hanya itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi camu-camu berry, baik dalam bentuk bubuk atau suplemen.

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai manfaat camu-camu berry untuk kesehatan. Jika Anda ingin mencobanya dalam bentuk kapsul, bubuk, atau suplemen, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter guna mencegah efek sampingnya.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/camu-camu#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 7 Februari 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/camu-camu-health-benefits-uses-side-effects-89428
Diakses pada 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait