Mengenal Fungsi Aplikasi P-Care Vaksin Covid-19 dari BPJS Kesehatan


P-Care adalah aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan untuk melancarkan program vaksin Covid-19 di Indonesia. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin secara lebih mudah.

(0)
10 Feb 2021|Bayu Galih Permana
Pcare vaksin covid-19 loginAplikasi Pcare BPJS Kesehatan bantu perlancar program vaksinasi Covid-10 (Sumber gambar: Shalstock Shutterstock)
Pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 pada Rabu, 13 Januari 2021. Program vaksinasi dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih belum berakhir di Indonesia.Dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, data penerima vaksin akan diintegrasikan ke dalam aplikasi P-Care BPJS Kesehatan. Lantas, apa sajakah fungsi aplikasi ini dalam program pemberian vaksin Covid-19?

Fungsi P-Care BPJS Kesehatan dalam program vaksinasi covid-19

P-Care BPJS Kesehatan punya beberapa fungsi dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Menurut penjelasan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, tiga fungsi utama dari aplikasi ini dalam kegiatan pemberian vaksin, antara lain:
  • Mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin Covid-19
  • Screening status kesehatan penerima vaksin Covid-19
  • Mencatat sekaligus melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19
Penggunaan P-Care BPJS dalam program vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk memperlancar program pemberian vaksin kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga dapat memantau data yang ada secara realtime.

Cara menggunakan P-Care BPJS Kesehatan

Untuk bisa menggunakan P-Care BPJS Kesehatan, Anda perlu mendapatkan username  dan password terlebih dahulu. Keduanya bisa didapat dengan melakukan pendaftaran ke kantor BPJS terdekat.Setelah mendapatkan username dan password untuk mengakses P-Care BPJS Kesehatan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Mengunduh aplikasi P-Care BPJS Kesehatan di Google Playstore. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya melalui laman https://P-Care.bpjs-kesehatan.go.id/.
  2. Lakukan P-Care vaksin login dengan cara memasukkan username dan password sesuai yang Anda buat di kantor BPJS Kesehatan.
  3. Saat berhasil masuk, Anda akan disajikan dengan halaman utama yang berisikan indeks mengenai pasien. Kemudian, pilih menu pelayanan untuk bisa memanfaatkan sejumlah fasiitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.
  4. Dalam menu, Anda akan menemukan 2 pilihan submenu tambahan, yaitu pendaftaran dan pelayanan.
  5. Jika Anda hendak berobat, pilih menu pendaftaran. Masukkan nomor BPJS Kesehatan, kemudian klik ‘cari’.
  6. Isi kolom kosong mengenai jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan informasi lainnya.
  7. Setelah data terisi dengan benar, klik ‘simpan’.
  8. Lanjutkan pengisian data pada menu pelayanan. Pada menu ini, Anda akan diminta untuk mengisi kolom kosong yang telah disediakan.
  9. Klik ‘simpan’, data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitias Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) selesai diisi.
Pada pelaksanaan program vaksinasi, pencatatan data dan pelaporan di FKTP menggunakan aplikasi P-Care BPJS Kesehatan versi vaksin Covid-19. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.Informasi yang bisa didapat berupa pendataan sasaran, registrasi dan verifikasi sasaran, penentuan alokasi sekaligus monitoring vaksin, serta pencatatan maupun pelaporan hasil pelayanan vaksin Covid-19.

Bagaimana cara registrasi dan verifikasi data penerima vaksin Covid-19?

Sebelum proses registrasi dan verifikasi, Anda harus terdaftar sebagai penerima vaksin terlebih dahulu. Penerima vaksin nantinya akan menerima SMS dari PEDULICOVID untuk melakukan registrasi ulang.Berikut ini cara registrasi dan verifikasi data penerima vaksin Covid-19:
  1. Penerima vaksin memilih tempat dan jadwal layanan vaksinasi dengan melakukan verifikasi melalui laman pedulilindungi.id, SMS 1199, UMB *119#, maupun Babinsa setempat.
  2. Penerima vaksin mengisi data mengenai domisili dan self screening sederhana soal riwayat penyakit atau penyakit yang tengah diderita.
  3. Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 mengirimkan undangan penerimaan vaksin dalam bentuk e-ticket.
  4. Sistem akan mengirimkan pengingat jadwal layanan vaksinasi Covid-19 lewat aplikasi PeduliLindungi. Data penerima vaksin juga bisa diakses petugas lewat aplikasi P-Care Vaksinasi atau laman https://P-Care.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin/login/.

Catatan dari SehatQ

P-Care BPJS Kesehatan digunakan pemerintah untuk memperlancar program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Aplikasi ini mempunyai tiga fungsi utama, di antaranya mendukung registrasi, screening kesehatan, serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal aplikasi P-Care untuk vaksinasi Covid-19, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ maupun petugas di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatanvaksin corona
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1732/BPJS-Kesehatan-Pastikan-Vaksinasi-Covid-19-Berjalan-Lancar-melalui-Aplikasi-P-Care
Diakses pada 9 Februari 2021
Indonesia.go,id. https://indonesia.go.id/layanan/kesehatan/sosial/alur-registrasi-vaksinasi-covid-19-tahap-pertama
Diakses pada 10 Februari 2021
Indonesia.go.id. https://indonesia.go.id/layanan/kesehatan/sosial/cara-gunakan-P-Care-bpjs-kesehatan
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait