Mengenal Naturopati, Pendekatan Holistik dalam Menyembuhkan Penyakit


Naturopati merupakan salah satu pengobatan alternatif dengan pendekatan holistik. Artinya, pengobatan ini meliputi dari sisi fisik dan psikis. Naturopati menggunakan cara-cara alami untuk pemulihan penyakit, seperti tanaman herbal, pijat, akupunktur, atau konsultasi.

0,0
naturopati adalah pengobatan alternatifPengobatan naturopati mengandalkan cara-cara alami untuk mengatasi penyakit
Pernah mendengar istilah naturopati? Bagi Anda yang sering melakukan pengobatan tradisional mungkin tidak asing dengan istilah ini. Naturopati adalah pengobatan yang melibatkan terapi dan bahan alami dalam penyembuhan penyakit.
Simak informasi lebih jauh mengenai pengobatan naturopati dan kaitannya dengan ilmu kedokteran berikut ini. 

Apa itu naturopati?

Naturopati adalah pengobatan yang melibatkan bahan alami untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan naturopati bisa terdiri atas berbagai macam hal, seperti konsumsi tanaman herbal, pijatan, akupunktur, latihan, dan konseling gizi. Tujuan utama pengobatan naturopati adalah menyembuhkan individu secara keseluruhan, baik tubuh, pikiran, dan jiwa. Fokus utama pengobatan naturopati adalah menyembuhkan akar penyebab penyakit, bukan menghentikan gejala penyakit. Dalam jurnal Primary Care, pengobatan naturopati berfokus pada 3 aspek, yaitu:
  • Kapasitas tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri
  • Pencegahan terhadap masalah kesehatan
  • Tanggung jawab pribadi untuk mengoptimalkan kesehatan

Adakah dokter naturopati?

Di beberapa negara, terdapat spesialisasi kedokteran naturopati. Dokter naturopati biasanya memiliki gelar ND (naturopathic doctor) atau NMD (naturopathic doctor of medicine) di belakang namanya. Sayangnya, belum ada spesialisasi kedokteran naturopati di Indonesia. Dokter naturopati menempuh pendidikan pascasarjana terakreditasi selama 4 tahun. Selain mendapat ilmu dasar yang serupa dengan kedokteran konvensional, dokter naturopati juga mempelajari bidang nutrisi, psikologi, dan terapi pelengkap (komplementer) lainnya, seperti pengobatan herbal dan homeopati (metode penyembuhan dengan bahan alami). Selanjutnya, dokter naturopati akan melakukan pelatihan dan ujian untuk mendapatkan lisensi. Selain dokter naturopati, ada pula beberapa praktisi naturopati yang tidak memiliki latar belakang pendidikan kedokteran. Para praktisi ini harus melalui pelatihan dan ujian tertentu untuk mendapatkan lisensi pengobatan.

Bagaimana pengobatan naturopati dilakukan?

Dokter atau praktisi neuropati mungkin akan menghabiskan waktu 1-2 jam untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda, yang meliputi:
  • Riwayat kesehatan
  • Tingkat stres
  • Gaya hidup
  • Tes laboratorium jika diperlukan
Selanjutnya, dokter atau praktisi naturopati akan mendiskusikan rencana pengobatan yang berfokus pada edukasi dan pencegahan. Pengobatan naturopati dapat berupa salah satu atau kombinasi aspek berikut ini:

Penyakit yang membutuhkan pengobatan naturopati

Uniknya, Anda tak perlu sakit dulu untuk bisa mendapatkan praktik pengobatan naturopati. Beberapa metode naturopati bisa dilakukan pada orang sehat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit. Umumnya, pengobatan naturopati dilakukan untuk kondisi kesehatan yang umum. Artinya, penyakit berat, seperti kanker, penyakit jantung, atau penyakit lain yang membutuhkan operasi besar tidak bisa disembuhkan dengan naturopati. Beberapa penyakit umum yang bisa ditangani dengan pengobatan naturopati antara lain:
  • Alergi
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan
  • Masalah kesuburan
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Kegemukan
  • Nyeri muskuloskeletal
  • Beberapa penyakit kardiovaskuler
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi dan kecemasan 
  • Sindrom kelelahan kronis 
Meskipun berasal dari bahan dan terapi alami, beberapa metode naturopati juga bisa menyebabkan efek samping. Itu sebabnya, naturopati lebih bersifat sebagai komplementer, alias pelengkap. Anda tidak bisa menjadikan naturopati sebagai pengobatan utama. Terlebih spesialisasi dokter atau praktisi naturopati belum ada di Indonesia. Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan pengobatan naturopati dalam penyembuhan penyakit Anda. 

Catatan dari SehatQ

Naturopati adalah pengobatan yang melibatkan bahan alami untuk membantu proses penyembuhan. Dalam hal ini, naturopati bukanlah pengobatan atas penyakit tertentu, melainkan terapi pelengkap (komplementer) untuk membantu terapi medis lainnya. Untuk itu, menjadikan naturopati sebagai pengobatan utama adalah suatu kekeliruan. Pasalnya, beberapa metode naturopati juga bisa menyebabkan efek samping berupa adanya interaksi obat, gangguan tulang belakang, dan gangguan metabolisme. Konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan menjalani terapi naturopati sebagai pengobatan pendukung medis. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait pengobatan naturopati melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
herbaltanaman obatminum obat
Web MD. https://www.webmd.com/balance/guide/what-is-naturopathic-medicine
Diakses pada 27 September 2021
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/naturopathy
Diakses pada 27 September 2021
Primary Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2883816/
Diakses pada 27 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/naturopathy#uses
Diakses pada 27 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait