Mengenal Parsnip, Kerabat Wortel yang Tak Kalah Bermanfaat


Parsnip adalah sayuran umbi yang masih berkerabat dengan wortel dan parsley. Parsnip menawarkan beragam nutrisi serta sejumlah khasiat yang menarik untuk kesehatan tubuh.

(0)
25 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Parsnip adalah sayuran umbi yang mirip wortelParsnip dapat ditumbuk, ditumis, dipanggang, dikukus, bahkan digoreng
Parsnip adalah sayuran umbi dari famili Apiaceae yang masih berkerabat dekat dengan parsley dan wortel. Sayuran ini amat bernutrisi dan bisa dimakan mentah – walau juga bisa diolah terlebih dulu dengan merebus, mengukus, dan memanggangnya.Parsnip sangat mirip dengan wortel putih, mengingat parsnip memang memiliki warna krem agak pucat. Walau memiliki rasa yang cenderung manis, rasa parsnip tersebut agak berbeda dengan wortel. Dan seperti wortel, parsnip pun menawarkan sejumlah nutrisi dan manfaat untuk tubuh. Apa saja nutrisi dan khasiat parsnip?

Kandungan nutrisi parsnip

Berikut ini nutrisi yang terkandung untuk setiap 133 gram parsnip:
  • Kalori: 100
  • Karbohidrat: 24 gram
  • Serat: 6,5 gram
  • Protein: 1,5 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Vitamin C: 25% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Vitamin K: 25% dari AKG harian
  • Folat: 22% dari AKG harian 
  • Vitamin E: 13% dari AKG harian
  • Magnesium: 10% dari AKG harian
  • Tiamin: 10% dari AKG harian
  • Fosfor: 8% dari AKG harian
  • Zinc: 7% dari AKG harian
  • Vitamin B6: 7% dari AKG harian
Dari informasi nilai gizi di atas, bisa disimpulkan bahwa parsnip merupakan sayuran yang amat bernutrisi. Parsnip kaya dengan vitamin C, vitamin K, dan vitamin B9 (folat). Tak sampai di situ saja, parsnip juga mengantongi beberapa zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat parsnip untuk kesehatan

Ini dia manfaat parsnip untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam parsnip membuat sayuran ini bermanfaat untuk sistem imun. Vitamin C dapat menunjang daya tahan tubuh dan mendukung aktivitas sel darah putih untuk melawan infeksi. Asupan vitamin C, termasuk dari buah dan sayuran seperti parsnip, berpotensi untuk menurunkan risiko infeksi pernapasan dan penyakit kronis.

2. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Layaknya sayuran lain, parsnip juga kaya dengan serat. Sajian 133 gram parsnip menyediakan sekitar 6,5 gram serat, membuat sayuran ini amat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Asupan serat yang cukup juga membantu melancarkan buang air besar dan memperlambat penyerapan gula sehingga menghindari terjadinya kenaikan kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Parsnip mengandung beragam mineral, termasuk kalium salah satunya. Kalium membantu menjaga kesehatan jantung serta sudah lama dikenal untuk mengendalikan tekanan darah. Kalium juga berpotensi untuk menurunkan risiko batu ginjal.

4. Cocok untuk diet penurunan berat badan

Sebagai jenis sayuran, parsnip menyediakan kalori yang relatif kecil namun tinggi dengan serat. Fakta nutrisi tersebut membuat parsnip cocok untuk disisipkan dalam diet penurunan berat badanTak sampai di situ, parsnip juga tinggi dengan kandungan airnya – mengambil porsi sekitar 79,5%. Rajin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dikaitkan dengan pengurangan asupan makan dan penurunan berat badan. 

5. Menangkal radikal bebas

Parsnip menawarkan beragam jenis zat antioksidan. Zat antioksidan bermanfaat untuk tubuh karena dapat mengendalikan aktivitas radikal bebas. Jika tak terkendali, aktivitas radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan dikaitkan dengan beragam jenis penyakit kronis.Zat antioksidan dalam parsnip termasuk kuersetin, kaempferol, dan apigenin.

Tips menyajikan parsnip

Ada banyak cara untuk menyajikan parsnip. Sayuran ini dapat ditumbuk, ditumis, dipanggang, dikukus, bahkan digoreng. Beberapa cara menyisipkan parsnip dalam masakan, yaitu:
  • Mencampurkan parsnip dengan jamur dan lentil untuk diolah menjadi shepherd pie
  • Tumbuk parsnip yang dicampurkan dengan lemon dan berbagai dedaunan herbal
  • Memanggang parsnip di oven untuk membuat snack sayuran yang renyah
  • Tumis bersama minyak zaitun, rempah, dan wortel
Seperti wortel, Anda tentu juga bisa mencampurkan parsnip ke dalam sup.

Catatan dari SehatQ

Parsnip adalah sayuran akar yang bernutrisi tinggi. Parsnip juga menawarkan sejumlah manfaat untuk tubuh, termasuk sehatkan jantung dan sistem imun.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait parsnip , Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
makanan sehatnutrisibuah dan sayuranwortel
Britannica. https://www.britannica.com/plant/parsnip
Diakses pada 15 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/parsnip
Diakses pada 15 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-parsnip
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait