Mengenal Teh Darjeeling dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
01 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Teh Darjeeling, si teh hitam yang memiliki banyak manfaat kesehatan.Teh Darjeeling adalah salah satu jenis teh hitam yang berasal dari Darjeeling, India.
Teh Darjeeling adalah salah satu jenis teh hitam yang berasal dari Bengal Barat, India. Teh ini memiliki aroma seperti buah dan airnya berwarna emas atau perunggu. Dibandingkan dengan teh pada umumnya, teh Darjeeling memiliki rasa yang lebih manis dan tidak terlalu pahit.Tidak banyak yang tahu kalau teh Darjeeling memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, mari kita kenali lebih lanjut berbagai manfaat teh Darjeeling untuk kesehatan.

Manfaat teh Darjeeling untuk kesehatan

Teh darjeeling berasal dari India
Teh Darjeeling, teh hitam yang berasal dari India
Dedaunan teh Darjeeling mengandung polifenol atau senyawa tumbuhan yang bisa melawan peradangan dan penyakit kronis jangka panjang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk kita mencoba teh ini.

1. Mencegah kanker

Teh Darjeeling mengandung dua macam polifenol, yakni theaflavin dan thearubigins. Keduanya adalah antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.Polifenol yang dikandung oleh teh Darjeeling dipercaya mampu memperkecil tumor kanker dan mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).

2 Menyehatkan jantung

Tidak hanya mencegah kanker, teh Darjeeling juga diyakini mampu menyehatkan jantung karena mengandung flavonoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.Hati-hati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke. Meminum teh Darjeeling dianggap ampuh untuk mencegah berbagai penyakit ini.

3. Menurunkan berat badan

Meminum teh Darjeeling adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, teh ini mengandung kafein yang bisa merasang metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh menjadi lebih efektif.Menurut riset, teh yang mengandung kafein seperti Darjeeling juga bisa mencegah penyerapan lemak sehingga membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan mulut

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teh Darjeeling mengandung senyawa antibakteri dan ampuh dalam meningkatkan sistem imun. Kemampuan teh ini dipercaya bisa membunuh bakteri dan jamur di dalam mulut sehingga gigi berlubang dan bau mulut dapat dicegah.

5. Menurunkan gula darah

Diabetes adalah penyakit kronis yang bisa mengganggu fungsi tubuh dalam menggunakan insulin (hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah). Para penderita diabetes tipe 2 cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi karena tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin yang cukup.Menurut Web MD, ekstrak teh hitam seperti teh Darjeeling mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tubuh pasien diabetes mampu memproses insulin lebih efektif.

6. Merangsang pertumbuhan bakteri baik

Kandungan polifenol yang dimiliki teh Darjeeling dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Hal ini dipercaya mampu mengurangi jumlah bakteri buruk di dalam tubuh dan memperbanyak bakteri baik di saluran pencernaan.

Peringatan sebelum meminum teh Darjeeling

Sebenarnya, teh Darjeeling tidak mengandung kalori sama sekali. Namun, ketika Anda menambahkan madu, gula, atau pemanis lainnya, tentunya akan ada kalori yang terkandung di dalamnya. Inilah pentingnya untuk memeriksa kandungan nutrisi dari produk teh Darjeeling yang Anda beli.Selain itu, perlu diingat juga bahwa teh Darjeeling mengandung kafein. Kandungan kafeinnya tentu berbeda-beda, tergantung dari merek yang Anda beli. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat Anda merasa mual, cemas, gelisah, dan mengganggu tidur.

Cara membuat teh Darjeeling

Cara membuat teh Darjeeling tergolong cepat dan mudah, berikut langkah-langkahnya:
  • Rebus air dan tuangkan di dalam cangkir
  • Masukkan kantung teh Darjeeling
  • Jika Anda menggunakan daun tehnya, cobalah gunakan saringan teh agar tidak ada daun yang terminum
  • Diamkan kantung teh Darjeeling selama 3-5 menit
  • Tambahkan gula, madu, atau susu jika Anda mau.
Teh Darjeeling sudah siap diminum dan dinikmati manfaatnya untuk kesehatan.Jika Anda ingin bertanya mengenai masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tehhidup sehatbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-darjeeling-tea#1
Diakses pada 15 Februari 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/darjeeling-tea.html
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait