Mengenal Tulang Pelipis yang Penting Bagi Pendengaran

(0)
21 Jan 2020|Anita Djie
Tulang pelipis melindungi saraf-saraf yang berhubungan dengan pendengaranTulang pelipis melindungi otak dan juga saraf-saraf yang berhubungan dengan pendengaran
Tulang tengkorak yang melindungi otak terdiri dari berbagai macam tulang-tulang lainnya yang menyatu dan membentuk pertahanan kepala Anda. Salah satu tulang tersebut adalah tulang pelipis atau tulang temporal.Meskipun terlihat kecil, tetapi tulang pelipis memiliki fungsi yang sangat penting dan jika Anda mengalami cedera di bagian tulang pelipis maka bisa berdampak pada otot wajah sampai pendengaran. Seperti apakah tulang pelipis itu?

Mengenal tulang pelipis

Tulang pelipis terletak di tengkorak bagian samping dan dasar atau kranium, serta berada di samping bagian otak cerebral cortex. Tulang pelipis merupakan salah satu tulang paling utama di tengkorak.Tulang pelipis berasal dari bahasa latin tempus yang berarti waktu. Hal ini karena rambut putih biasanya muncul di bagian atau sekitar tulang pelipis. Tulang pelipis terdiri dari empat bagian, yaitu:
  • Bagian skuamosa
  • Bagian petrous
  • Bagian timpani
  • Bagian mastoid
Tulang pelipis memiliki berbagai fungsi yang penting dan tidak hanya berperan sebagai pelindung dari otak. Berikut adalah beberapa kegunaan tulang pelipis yang mungkin belum Anda ketahui:
  • Melindungi struktur dalam otak dan telinga

Fungsi tulang pelipis yang utama adalah melindungi bagian otak dan saraf-saraf panca indera yang terdapat di dalam tengkorak, lebih tepatnya saraf-saraf yang mengontrol pendengaran dan keseimbangan tubuh.  Hal ini karena tulang pelipis berada di sekitar telinga bagian dalam dan tengah.
  • Membentuk tengkorak

Fungsi lain dari tulang pelipis adalah memberikan struktur dan menjadi penyokong tengkorak sebagai satu kesatuan yang utuh.
  • Tempat melekatnya otot-otot wajah

Tulang pelipis juga merupakan tempat melekatnya otot rahang atas dan bawah yang berfungsi untuk membuka dan menutup mulut. Selain itu, tulang pelipis juga terhubung dengan otot-otot lain yang berperan dalam proses mengunyah dan menelan makanan.

Gangguan yang bisa dialami oleh tulang pelipis

Bila tidak hati-hati Anda bisa mengalami masalah pada tulang pelipis yang dapat mengancam hilangnya pendengaran dan keseimbangan tubuh. Terdapat berbagai gangguan yang dapat menjangkiti tulang pelipis, seperti:
  • Keretakan tulang pelipis

Meskipun tulang pelipis cukup tebal, tetapi adanya hantaman yang keras dapat menimbulkan keretakan pada tulang, seperti kecelakaan mobil, jatuh, cedera saat olahraga, ataupun karena diserang.Bagian yang paling sering mengalami keretakan di tulang pelipis adalah bagian pterion atau sendi penghubung tulang pelipis dan tulang tengkorak lainnya. Keretakan pada tulang pelipis berpotensi menimbulkan komplikasi yang serius.Beberapa komplikasi yang bisa dialami adalah vertigo, kerusakan pada pendengaran, memar tulang, pendarahan dari telinga, sampai kelumpuhan pada wajah.Bila keretakan tulang pelipis melukai pembuluh darah middle meningeal artery, maka darah dari pembuluh darah tersebut dapat meningkatkan tekanan dalam tengkorak dan memicu gejala berupa kelemahan pada anggota tubuh, kejang, muntal, mual, dan sebagainya.Umumnya, gejala yang dialami akibat keretakan tulang pelipis adalah pusing, kelumpuhan pada otot wajah, pendarahan dari telinga, adanya darah di telinga bagian tengah, dan pergerakan mata yang tidak normal.
  • Tumor

Jangan salah, tumor juga bisa muncul di bagian tulang pelipis. Tumor yang tumbuh bisa bersifat ganas ataupun jinak.Umumnya, gejala yang dialami dapat berupa suara dengungan di telinga, berkurangnya pendengaran, gangguan pada keseimbangan, serta kelemahan dan rasa nyeri pada otot wajah,
  • Infeksi tulang

Tulang pelipis dapat mengalami infeksi dan menimbulkan bisul di jaringan sekitar tulang. Biasanya, infeksi tulang bersifat ringan dan tidak menyebabkan kerusakan pendengaran yang permanen.Bisul-bisul tersebut bisa bertumbuh dan mengakibatkan penyumbatan darah di pembuluh darah. Bisul yang membesar membuat lubang di gendang telinga yang dapat berdampak pada saraf-saraf di tengkorak.Terkadang infeksi dari telinga bagian tengah dapat menyebar ke bagian mastoid di tulang pelipis dan memicu mastoiditis. Bila tidak segera diatasi, infeksi bisa menyebar ke tengkorak dan otak serta menyebabkan peradangan otak atau meningitis.

Catatan dari SehatQ

Segera konsultasikan ke dokter bila Anda merasakan adanya gangguan pada wajah atau pendengaran, terutama setelah mengalami cedera agar bisa menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
kesehatan tulanghidup sehatpola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326929.php#what-are-the-temporal-bones
Diakses pada 20 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/temporal-bone-anatomy-4705431
Diakses pada 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait