Begini Cara Mengetahui Kehamilan dengan Pasta Gigi

(0)
31 Jan 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengetahui kehamilan dengan pasta gigi dari rumahCara tes kehamilan dengan pasta gigi dianggap akurat oleh sebagian orang, apakah dunia medis mengatakan hal yang sama?
Pada umumnya, cara tes kehamilan dengan ultrasonografi (USG) adalah metode tes kehamilan yang dipercaya bumil untuk melihat kondisi janin di dalam rahim. Namun, ada metode lain yang mungkin terdengar nyeleneh dan asing di telinga wanita, yaitu cara tes kehamilan dengan pasta gigi!Berbeda dari USG yang mengandalkan teknologi canggih beserta panduan dokter profesional, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini bisa dilakukan di rumah, bahkan tanpa bantuan orang lain sekalipun. Tapi jangan asal percaya saja, kenali dulu penjelasan ilmiahnya ini.

Cara tes kehamilan dengan pasta gigi, memangnya akurat?

Entah siapa yang memulai cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini. Tentunya, cara tes kehamilan ini masih harus diuji secara ilmiah untuk membuktikan akurasinya.Mungkin, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini dijadikan pilihan, karena mudah dan tidak rumit dilakukan.
Jika ingin mengetahui cara tes kehamilan dengan pasta gigi, Anda hanya perlu mempersiapkan pasta gigi, beberapa tetes urine, dan wadah kecil.
Saat ketiga hal di atas sudah disiapkan berikut ini adalah cara tes kehamilan dengan pasta gigi secara bertahap:
  1. Tuangkan sedikit pasta gigi ke dalam wadah
  2. Tuangkan beberapa tetes urine ke dalam wadah agar bercampur dengan pasta gigi
  3. Aduk urine dan pasta gigi
  4. Lihatlah perubahan pada tekstur dan warna campuran keduanya
Ada reaksi kimia yang berpotensi muncul saat pasta gigi tercampur dengan urine. Reaksi inilah yang dipercaya bisa mengindikasikan kehamilan.

Bagaimana menentukan positif atau tidaknya kehamilan?

Tes urine
Urine dicampurkan dengan pasta gigi, untuk melihat hasilnya
Kalau menggunakan test pack biasa, positif atau tidaknya sebuah kehamilan ditandai dengan simbol + dan -. Sementara itu, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini mengharuskan bumil melihat reaksi kimianya.
  • Hasil positif dari tes kehamilan dengan pasta gigi

Menurut mereka yang percaya dengan metode ini, hasil positif akan ditandai dengan munculnya reaksi kimia berupa busa atau perubahan warna pada campuran urine serta pasta gigi.Warna dari campuran urine dan pasta gigi yang menunjukkan hasil positif biasanya kebiruan dan ditemani dengan busa.
  • Hasil negatif dari tes kehamilan dengan pasta gigi

Jika Anda tidak hamil atau hasilnya negatif, campuran antara urine dan pasta gigi tidak menunjukkan reaksi apapun.Para pendukung metode tes kehamilan ini percaya, menggunakan campuran pasta gigi dan urine tidak ada bedanya dari tes kehamilan pada umumnya.Sebab, metode kehamilan menggunakan pasta gigi ini juga dipercaya bisa mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan di dalam urine wanita.Faktanya, reaksi kimia yang muncul saat urine dan pasta gigi bercampur bukanlah karena hCG, melainkan sifat asam pada urine.

Fakta sebenarnya dari cara tes kehamilan dengan pasta gigi

Orang-orang yang mendukung atau mempercayai cara tes kehamilan dengan pasta gigi, bersikeras bahwa metode ini akurat. Mereka menganggap, saat kandungan pada pasta gigi (kalsium karbonat) dan asam amino pada urine bercampur, reaksi kimia akan muncul.Padahal, air urine saja sudah mengandung asam. Maka tidak heran, urine yang bercampur dengan pasta gigi, bisa menghasilkan reaksi kimia serupa.Dengan kata lain, cara tes kehamilan dengan pasta gigi ini dianggap tidak akurat dan kurang bisa diandalkan. Tidak ada studi atau penelitian yang membuktikan kalau cara tes kehamilan dengan pasta gigi bisa mendeteksi hCG di dalam urine wanita.Jika ada reaksi kimia pada campuran antara urine dan pasta gigi, itu hanyalah reaksi kalsium karbonat yang bertemu dengan asam urine.

Metode tes kehamilan yang terbukti akurat

USG
Ingin tes kehamilan yang akurat? Lakukan saja USG!
Jika Anda ragu dengan pasta gigi sebagai metode tes kehamilan, ada banyak metode tes kehamilan yang sudah terbukti dan diakui oleh dunia medis. Beberapa metode tes kehamilan di bawah ini bisa Anda coba:
  • Test pack

Test pack atau metode tes kehamilan di rumah ini, bisa Anda beli di apotek atau minimarket terdekat. ibisa mendeteksi hormon kehamilan di dalam urine, dan mengindikasikan kehamilan menggunakan simbol satu atau dua garis.Banyak produk test pack yang menyarankan untuk melakukan metode ini sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda, untuk memastikan hasilnya. Anda disarankan untuk melakukan test pack di pagi hari, karena kadar hormon kehamilan berada paling tinggi.
  • Tes urine

Sebenarnya, tes urine adalah metode tes kehamilan seperti test pack. Bedanya, tes urine dilakukan di rumah sakit atau klinik dengan bantuan tenaga medis.
  • Tes darah

Tes darah merupakan metode pemeriksaan kehamilan lainnya. Ada dua jenis tes darah untuk memeriksa kehamilan, yakni kualitatif (untuk melihat keberadaan hormon kehamilan yang diproduksi tubuh) atau kuantitatif (untuk mengukur kadar hormon kehamilan dalam darah).Beberapa metode tes kehamilan di atas dianggap lebih akurat karena dilakukan di bawah pengawasan dokter, dengan teknologi yang canggih. Jika Anda ingin hasil tes kehamilan yang lebih akurat, maka beberapa cara di atas bisa dicoba.

Catatan dari SehatQ

Cara tes kehamilan dengan pasta gigi bukanlah metode tes kehamilan pertama yang menggunakan bahan-bahan di rumah. Masih banyak tes kehamilan “rumahan” lain yang dipercaya, seperti menggunakan gula, sabun, hingga cuka.Namun perlu diingat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat, USG menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berharap pada metode tes kehamilan rumahan ini, ditakutkan bisa memberi “harapan palsu” bagi Anda yang sedang mendamba-dambakan momongan.
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilanibu hamil
https://www.healthline.com/health/pregnancy/toothpaste-pregnancy-test#how-its-supposed-to-work
Diakses pada 31 Januari 2020
What To Expect. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/prepping-for-pregnancy/toothpaste-pregnancy-test/
Diakses pada 31 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait