Mengulik Manfaat Lilin Aromaterapi dan Bahayanya


Manfaat lilin aromaterapi dipercaya bisa membantu meredakan stres. Khasiat ini berasal dari minyak esensial yang terkandung di dalamnya, seperti minyak lavender, rosemary, hingga peppermint.

(0)
22 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat lilin aromaterapi dipercaya bantu meredakan stresLilin aromaterapi memiliki wangi yang menenangkan
Stres bisa membuat pikiran jadi tidak tenang. Tak jarang, kondisi ini bisa mengganggu tidur dan mengacaukan keseharian Anda. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi stres, mulai dari jalan-jalan, berbelanja, makan, bercerita kepada teman, hingga mencoba menggunakan lilin aromaterapi.Penggunaan lilin aromaterapi cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Lilin ini mengandung minyak esensial, seperti minyak lavender, cendana, mawar, dan kenanga.  Minyak tersebut dapat mengeluarkan wangi yang lembut dan menenangkan sehingga dianggap bisa meredakan stres. Namun, sejauh mana efektivitas manfaat lilin aromaterapi dalam meredakan stres?

Manfaat lilin aromaterapi

Penelitian mengenai manfaat lilin aromaterapi sebenarnya masih terbatas. Namun, minyak esensial tertentu yang digunakan dalam lilin aromaterapi memang dapat membantu mengurangi stres. Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender bisa mengurangi kecemasan.Selain itu, aromaterapi juga terbukti dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang berkaitan dengan respons tubuh terhadap stres. Hal ini tentunya bermanfaat dalam meredakan stres yang Anda alami. Lilin aromaterapi juga tidak mengeluarkan banyak asap sehingga lebih nyaman digunakan, apalagi jika Anda menggunakannya dalam ruangan yang berventilasi baik. Anda bisa menyalakan lilin tersebut saat meditasi atau di malam hari ketika hendak tidur. Aturlah suasana kamar senyaman mungkin dengan pencahayaan yang redup. Hal ini bisa membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Jenis lilin aromaterapi untuk meredakan stres

Sejumlah minyak esensial dalam lilin aromaterapi yang dapat digunakan untuk meredakan stres, yaitu:
  • Lavender

Lavender bantu tingkatkan suasana hati
Lavender dapat meningkatkan suasana hati dan memberi perasaan tenang. Aroma ini bahkan dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak karena efek sedatif yang ditimbulkannya. Selain itu, lavender juga memiliki wangi yang lembut dan nyaman.
  • Rosemary

Rosemary terbukti memiliki efek yang positif pada kinerja dan suasana hati sehingga bisa memberikan perasaan yang tenang. Bahan alami ini juga mampu mengurangi kadar hormon kortisol yang bermanfaat dalam meredakan stres. 
  • Peppermint

Minyak peppermint bisa menyegarkan pikiran
Aromaterapi peppermint yang khas bisa meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan. Selain itu, aroma ini juga mampu menyegarkan pikiran dan membantu menghilangkan stres. 
  • Lemon

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak lemon memiliki efek antidepresan yang bisa membantu meredakan stres. Minyak ini juga bisa meningkatkan suasana hati Anda sehingga lebih tenang.Anda bisa memilih lilin aromaterapi dengan wangi yang Anda suka. Jika wanginya justru membuat tidak nyaman, sebaiknya hentikan penggunaan karena bisa memperburuk suasana hati Anda.

Bahaya lilin aromaterapi

Di samping manfaatnya, lilin aromaterapi juga bisa membawa dampak buruk. Biasanya lilin aromaterapi yang mengandung wewangian buatan merupakan penyebabnya. Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa 34,7 persen orang mengalami efek samping akibat paparan wewangian buatan, di antaranya:
  • Sakit kepala
  • Migrain
  • Sulit bernapas
  • Dermatitis kontak
  • Serangan asma.
Oleh karenaitu, sebelum membeli lilin aromaterapi, pastikan Anda membaca label pada kemasan mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan lilin tersebut. Pilihlah lilin aromaterapi yang tidak mengandung pewangi buatan. Anda juga bisa membuat lilin aromaterapi sendiri dengan menggunakan minyak esensial asli dengan tepat.Sebagian besar lilin juga terbuat dari lilin parafin. Membakar lilin parafin berpotensi melepaskan bahan kimia yang bisa berbahaya. Namun, tidak ada bukti kuat mengenai efeknya yang merusak kesehatan. Jika Anda khawatir, gunakan lilin yang terbuat dari beeswax, kedelai, kelapa, atau nabati lainnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
minyak atsirihidup sehataromaterapi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/aromatherapy-candles#summary
Diakses pada 09 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/are-candles-bad-for-you#summary
Diakses pada 09 Februari 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/aromatherapy-for-stress-research-and-techniques-3144598
Diakses pada 09 Februari 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/aromatherapy-scents-for-stress-relief-3144599
Diakses pada 09 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait