Mengulik Manfaat Es Batu untuk Jerawat, Benarkah Efektif?


Manfaat es batu untuk jerawat dipercaya dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak merusak kulit.

(0)
24 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat es batu untuk jerawat dapat mengurangi peradanganHindari memencet jerawat karena bisa membuatnya semakin meradang
Manfaat es batu untuk jerawat dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu seolah sangat mudah untuk dilakukan. Namun, apakah es batu bisa menghilangkan jerawat dengan ampuh?Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri pada folikel rambut. Tak ayal jika masalah kulit ini dapat mengganggu penampilan orang yang mengalaminya. Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai upaya sebagai cara menghilangkan jerawat. Mulai dari beragam metode alami hingga perawatan ke dokter kulit. Akan tetapi, American Academy of Dermatology menyarankan untuk menghindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol karena bisa memperburuk kondisi jerawat.Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yang banyak orang lakukan adalah menggunakan es batu. 

Apa manfaat es batu untuk jerawat?

Manfaat es batu untuk jerawat harus dilakukan dengan benar
Es batu bisa menghilangkan jerawat yang sifatnya ringan
Manfaat es batu untuk jerawat seringkali dikaitkan dengan sifat antiradang yang dimilikinya. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, manfaat es batu untuk jerawat adalah sebagai berikut.

1. Meredakan jerawat yang meradang

Salah satu manfaat es batu untuk jerawat adalah meredakan jerawat yang meradang. Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang benjolannya muncul di bawah kulit dan tidak memiliki bintik putih di atasnya. Ini termasuk jenis jerawat pustula, jerawat nodul, jerawat papula, dan jerawat kistik atau jerawat batu. Tak hanya meredakan jerawat yang meradang, es batu juga mampu mengempiskannya. Secara teori, berkurangnya ukuran jerawat secara bertahap lama-kelamaan akan membuat masalah kulit ini menghilang sepenuhnya.

2. Mendorong kotoran naik ke permukaan kulit

Manfaat es batu untuk jerawat berikutnya adalah mendorong kotoran naik ke permukaan kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu ini bisa dilakukan dengan mengompresnya.Dengan ini, nantinya jerawat Anda yang meradang akan memunculkan titik putih di atasnya. Kendati demikian, Anda tetap tidak boleh memencet jerawat saat melakukan langkah kompres es batu. Pasalnya, memencet jerawat malah akan membuat kotoran yang naik menyebar dan berisiko meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan. 

3. Meringankan jerawat yang memerah

Meringankan jerawat yang memerah juga jadi manfaat es batu untuk jerawat sehingga tampilan jerawat bisa tersamarkan. Manfaat es batu untuk jerawat satu ini mampu meringankan rasa nyeri pada jerawat kistik dan nodul karena efek mati rasa yang diberikan untuk sementara.Baca Juga: Manfaat Es Batu untuk Wajah Sebelum Tidur, Sudah Tahu?Akan tetapi, perlu diketahui bahwa manfaat es batu untuk jerawat belum dapat dibuktikan secara ilmiah mengenai keefektifannya. Anda bisa memperoleh manfaat es batu untuk wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kecantikan, seperti membersihkan dan melembapkan wajah. Dengan demikian, Anda perlu menggunakannya secara hati-hati. Alangkah lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cocok tidaknya memperoleh manfaat es batu untuk jerawat. Di samping itu, walaupun manfaat es batu untuk jerawat dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat, kompres hangat ternyata lebih efektif bekerja dengan baik pada jerawat yang meradang

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan es batu?

Manfaat es batu untuk jerawat bisa mengurangi peradangan
Es batu bisa menghilangkan jerawat yang meradang
Pada dasarnya, jerawat tak hanya dapat muncul di wajah, melainkan juga pada area kulit kepala, dada, hingga punggung. Secara umum cara menghilangkan jerawat dengan es batu adalah sebagai berikut. 

1. Bersihkan area kulit 

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu adalah dengan membersihkan area kulit yang berjerawat dengan air suam-suam kuku atau air hangat dan sabun pembersih kandungan ringan terlebih dahulu.Kemudian, keringkan area kulit yang sudah dibersihkan secara perlahan dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk. 

2. Bungkus beberapa buah es batu dalam handuk

Cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu sebaiknya tidak dengan menempelkan es batu langsung pada area permukaan kulit secara langsung. Cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu secara langsung ke permukaan kulit dapat memicu kondisi urtikaria dingin. Kondisi tersebut ditandai dengan gatal-gatal, ruam, bentol, atau pembengkakan. Reaksi kulit tersebut biasanya muncul setelah 2-5 menit terkena paparan dingin.Sebaiknya, cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu adalah bungkus beberapa buah es batu dalam sebuah kain atau waslap bersih. Lalu, tempatkan pada area kulit yang berjerawat. Lakukan langkah tersebut selama 30 detik hingga 1 menit.  

3. Jangan terlalu lama mengompres es batu

Ingat, menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan es batu tidak disarankan terlalu lama atau selama semalaman. Pastikan untuk menyisakan waktu kurang lebih 5 menit di antara setiap semenit kompres es batu. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kerusakan jaringan kulit.  Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan langkah ini pada pagi dan malam hari setelah cuci muka atau mandi. Selain cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu, Anda juga bisa menggantinya dengan sayuran beku untuk meredakan jerawat meradang. 

Perhatikan aturan cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu

Ingin memperoleh es batu untuk menghilangkan jerawat sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Namun, perhatikan aturan cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu berikut ini.

1. Gunakan dalam waktu singkat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aturan cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu sebaiknya dilakukan dalam waktu yang singkat atau tidak terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya radang dingin. Meski radang dingin lebih sering terjadi akibat berada di luar ruangan bersuhu ekstrem, kondisi ini juga bisa terjadi saat menggunakan kompres dingin atau es batu pada kulit dalam jangka waktu yang lama.

2. Bisa dilakukan beberapa kali

Cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu bisa dilakukan beberapa kali. Terutama jika Anda sedang mengalami jerawat yang meradang. Akan tetapi, pastikan ada jeda lima menit setiap kali Anda menempelkan es batu pada jerawat. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan pada kulit. 

3. Cocok untuk jenis jerawat yang tergolong ringan

Cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu cocok dilakukan untuk jenis jerawat yang tergolong ringan. Misalnya, hanya muncul 2-3 buah. Bila Anda memiliki jerawat yang cukup parah dan meradang, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

4. Bisa dikombinasikan dengan kompres hangat

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu dapat bekerja dengan baik bila dikombinasikan bersamaan dengan kompres hangat.Caranya adalah gunakan kompres hangat terlebih dahulu untuk membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. Setelah melakukan kompres hangat selama 5-10 menit, lanjutkan dengan kompres es batu selama 1 menit guna mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ulangi proses ini setiap hari hingga jerawat menghilang. Sebaiknya, hindari cara menggunakan es batu untuk menghilangkan jerawat terlebih dahulu baru diikuti dengan kompres hangat. Sebab, langkah ini justru dapat berisiko merusak kulit.

Catatan dari SehatQ

Jika cara menghilangkan jerawat dengan es batu malah muncul kemerahan yang meluas pada kulit, kulit membengkak, kulit melepuh, kulit mati rasa dalam waktu yang lama, atau ada perubahan warna kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaan kompres es batu dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar es batu untuk menghilangkan jerawat dan keamanan penggunaannya, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQPastikan Anda sudah mengunduhnya di App Store dan Google Play.
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Healthline. https://www.healthline.com/health/ice-on-pimple#How-to-use-it
Diakses pada 10 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/ice-on-pimple#risks
Diakses pada 10 Agustus 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips#tips
Diakses pada 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait