7 Minuman Penambah Berat Badan untuk Anda yang Kurus

(0)
27 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Protein shake digolongkan sebagai salah satu minuman penambah berat badanProtein shake merupakan salah satu contoh minuman penambah berat badan
Banyak orang mendambakan berat badan ideal, termasuk bagi orang yang kurus. Jika Anda adalah salah satunya, Anda dapat mencoba minum minuman penambah berat badan yang dipercaya ampuh menaikkan bobot tubuh secara signifikan.Sama seperti kegemukan, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga bisa mendatangnya banyak masalah kesehatan. Orang dengan berat badan kurang dari ideal akan lebih rentan mengalami infertilitas, keterlambatan perkembangan, sistem imun yang lemah, osteoporosis, malnutrisi, hingga terkena komplikasi saat harus menjalani operasi.

Minuman penambah berat badan

Sama halnya dengan menurunkan berat badan, menaikkan angka timbangan pada orang yang terlalu kurus juga tidak mudah. Meski demikian, tetap ada beberapa cara untuk meningkatkan berat badan, salah satunya lewat minuman penambah berat badan berikut ini.
  • Minuman berprotein (protein shake)

Minuman berprotein dapat membantu Anda menaikkan berat badan dengan mudah dan efisien. Anda bisa membuatnya sendiri minuman penambah berat badan ini dalam bentuk smoothie dengan menggunakan buah-buahan.Buah-buahan tersebut juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, misalnya cokelat dan pisang, vanila dan berry, hazelnut dan cokelat, apel dan caramel, dan lain-lain. Minuman smoothie biasanya mengandung 400-600 kalori, plus mengandung protein, mineral, dan vitamin.
  • Susu

Minuman penambah berat badan yang satu ini merupakan sumber lemak, protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan kalsium. Kandungan protein dan lemak dalam susu dipercaya mampu menambah lemak dan otot di dalam tubuh. Minumlah susu satu sampai dua kali sehari, sebelum atau sesudah berolahraga.
  • Minuman yang mengandung sereal

Sereal diperkaya vitamin dan mineral, juga mengandung gula dan karbohidrat yang sangat cocok untuk menaikkan berat badan. Pilih minuman sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan karena memiliki kalori dan karbohidrat yang sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan.
  • Yogurt

Selain menyehatkan saluran cerna, yogurt juga dianggap sebagai minuman penambah berat badan karena mengandung penuh lemak dan protein. Yogurt bisa didapatkan dalam bentuk kemasan minuman dan sangat mudah ditemukan di supermarket hingga minimarket.
  • Minuman bersuplemen

Cara mudah untuk menambah berat badan adalah mengomsumsi minuman bersuplemen yang biasanya dijual di pasaran. Pasalnya, minuman yang satu ini mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan kandungan kalori yang tinggi.Kandungan gula dari minuman tersebut biasanya telah diatur sehingga tidak perlu khawatir dapat meningkatkan risiko diabetes atau penyakit lainnya. Di Indonesia, biasanya minuman ini berbentuk bubuk atau susu.
  • Jus alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak sehat. Tidak seperti buah lainnya, alpukat memiliki padat kalori sehingga dapat membantu Anda menambah berat badan.Dalam satu buah alpukat, terkandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat. Alpukat juga kaya vitamin dan mineral. Nah, Anda bisa membuat jus alpukat sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat ini.
  • Kopi

Minuman penambah berat badan yang satu ini adalah salah satu minuman paling favorit di dunia. Kopi ternyata dapat membantu menambah berat badan karena banyak mengandung kalori, apalagi bila ditambahkan krim di dalamnya.Sebelum meminum minuman penambah berat badan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Pasalnya, minuman tersebut biasanya mengandung kadar lemak tinggi yang memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.Selain mengonsumsi minuman tersebut, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk menambah berat badan. Untuk itu, minuman penambah berat badan ini sebaiknya dikonsumsi berbarengan dengan makanan atau diminum 30 menit setelah makan.Jangan lupa juga untuk tetap aktif berolahraga, terutama olahraga untuk melatih kekuatan. Olahraga bukan hanya dilakukan untuk menguruskan badan, namun juga memastikan kenaikan berat badan yang Anda alami tidak dibarengi dengan meningkatnya risiko penyakit tertentu.
berat badan idealtambah berat badan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518.php
Diakses pads 26 Januari 2020
Healtline. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight
Diakses pads 26 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/440751-drinks-to-help-gain-weight/
Diakses pads 26 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429
Diakses pads 26 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait