Tak Suka Kopi? Coba Seruput Minuman Pengganti Kopi Ini

(0)
01 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minuman pengganti kopi cukup beragam, mulai dari matcha, teh hijau, hingga kombuchaMatcha dapat menjadi alternatif kopi yang juga mengandung kafein
Minum kopi telah menjadi gaya hidup sehat bagi banyak orang. Hanya saja, beberapa tak cocok untuk mengonsumsinya karena dapat meningkatkan detak jantung dan asam lambung, mengganggu tidur, atau membuat cemas. Apakah Anda salah satunya?Jika iya, minuman pengganti kopi berikut bisa Anda coba. Tak hanya bikin rileks atau menyegarkan, nutrisinya juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

6 minuman pengganti kopi yang sarat nutrisi

Entah Anda bukan penggemar kopi, atau hanya ingin mengurangi konsumsi kopi, minuman pengganti kopi ini juga menyehatkan untuk tubuh.

1. Matcha

Matcha berbeda dengan teh hijau biasa. Daun untuk mengolahnya sama, yakni Camellia sinensis. Hanya saja, matcha mengandung kafein yang lebih tinggi. Bahkan, kadang kandungan kafein di matcha ada yang lebih tinggi dibandingkan kopi.Selain itu, matcha juga mengandung konsentrasi molekul antioksidan daun teh hijau yang lebih tinggi. Molekul antioksidan yang dimaksud adalah epigallocatechin gallate (EGCG). Studi menemukan bahwa EGCG berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

2. Susu kunyit

Susu kunyit, atau golden milk, dapat menjadi pilihan minuman pengganti kopi yang bebas kafein. Sesuai namanya, minuman ini berwarna keemasan yang berasal dari kunyit. Selain kunyit, bahan lain dari golden milk yaitu jahe, kayu manis, hingga madu.Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antiperadangan. Tak hanya itu, kurkumin juga dapat bertindak sebagai molekul antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit.

3. Kombucha

Kombucha terbuat dari teh hitam yang difermentasikan. Karena dibuat melalui proses fermentasi, kombucha kaya dengan probiotik atau bakteri baik. Kombucha juga mengandung asam asetat dan molekul antioksidan. Semuanya memiliki peran yang baik bagi kesehatan.
Kombucha pengganti kopi
Kombucha dikenal bermanfaat untuk menjaga sistem imun
Berbagai penelitian pada hewan menemukan, kombucha bermanfat untuk sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, dan mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.Anda lebih disarankan untuk membeli kombucha yang sudah siap minum. Sebab, mengolahnya sendiri memiliki beberapa risiko jika tidak dilakukan dengan benar.

4. Teh hijau

Selain kerabatnya, matcha, teh hijau pun bisa Anda konsumsi sebagai alternatif kopi. Layaknya matcha, teh hijau juga mengandung katekin EGCG yang dapat memiliki efek antioksidan. Dengan efek tersebut, EGCG dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh Anda.Tak sampai di situ, berbagai studi telah menemukan bahwa teh hijau memiliki manfaat sebagai berikut:
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meningkatkan performa fisik
  • Menurunkan risiko berbagai kanker
Teh hijau banyak dijual di supermarket maupun online shop. Namun pastikan Anda memilih teh hijau yang berkualitas.

5. Air lemon

Mencari minuman pengganti kopi sebenarnya tak perlu repot. Anda tinggal membeli lemon, kemudian mengolahnya menjadi air lemon hangat yang mudah dilakukan. Air lemon pun dapat menjadi minuman yang bebas kafein dan kalori, namun menyediakan asupan vitamin C.
Air lemon pengganti kopi
Air lemon dapat memberikan Anda asupan vitamin C
Vitamin C dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, serta berperan dalam sistem imun. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.Untuk menambah variasi rasa, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan lain ke air lemon, seperti timun, daun mint, semangka, dan daun basil.

6. Air kelapa

Air kelapa tidak mengandung kafein, namun dapat membantu memulihkan energi karena kandungan elektrolitnya. Beberapa elektrolit tersebut, termasuk magnesium, kalium, dan natrium. Air kelapa juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori.Beberapa studi pun menemukan bahwa air kelapa memiliki manfaat kesehatan. Manfaat tersebut beragam, mulai dari mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, hingga meningkatkan kesehatan jantung.Air kelapa bisa langsung Anda minum dari buahnya sehingga konsumsi gula tambahan pun dapat dihindari. Jika membeli air kelapa kemasan, Anda disarankan untuk berhati-hati dengan kandungan bahannya, terutama gula tambahan.

Catatan dari SehatQ

Faktanya, beberapa orang memang bukan penggemar kopi, atau tidak cocok untuk minum kopi. Untungnya, pilihan minuman pengganti kopi juga tak sedikit, terutama yang memiliki banyak nutrisi.
makanan sehatmakanan dietnutrisikopizat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/alternatives-to-coffee
Diakses pada 31 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits
Diakses pada 31 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coffee-alternatives
Diakses pada 31 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea
Diakses pada 31 Desember 2019
Web MD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-coffee-alternatives
Diakses pada 31 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait