Mengenal Minyak Urang Aring dan Manfaatnya untuk Merawat Rambut

(0)
20 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak dari daun urang aring telah dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan rambutMinyak dari daun urang aring telah dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan rambut
Anda mungkin pernah mendengar mengenai urang aring karena bahan ini sering disebut sebagai bahan utama pada sebuah merek sampo terkenal. Selain itu, minyak urang aring telah digunakan sejak lama, bahkan mungkin sejak zaman nenek atau nenek buyut Anda dulu.Minyak urang aring berasal dari tanaman urang aring (Eclipta Albayang tumbuh liar dan banyak ditemukan di sawah.Praktisi pengobatan herbal pun telah melaporkan minyak urang aring untuk kesehatan rambut. Apa saja manfaatnya?

Beragam manfaat minyak urang aring untuk rambut

Walau riset lanjutan masih diperlukan, berikut ini beberapa potensi manfaat minyak urang aring yang telah dikenal untuk menyehatkan rambut:

1. Membantu menjaga pertumbuhan rambut

Studi pada hewan membuktikan bahwa minyak urang aring dapat membantu menumbuhkan rambut. Disebutkan, pengaplikasian minyak urang aring dapat meningkatkan folikel rambut dan lebih efektif dibandingkan dengan obat minoxidil dalam mencegah rambut rontok.
Minyak urang aring
Daun urang aring dipercaya membantu meningkatkan pertumbuhan rambut
Selain itu, minyak urang aring juga mengandung vitamin E, yang dikenal sebagai molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan rambut.Walau studi lanjutan diperlukan, tentunya temuan ini sangat menjanjikan.

2. Membantu memerangi ketombe

Minyak urang-aring telah banyak digunakan untuk memerangi ketombe. Hal ini diyakini karena adanya sifat antimikroba dan antijamur pada minyak ini. Urang aring pun memilik efek antiradang, yang diyakini mampu mengatasi psoriasis dan iritasi lain pada kulit kepala.Selain itu, minyak urang aring membantu meningkatkan sirkulasi di area kulit kepala.

3. Membantu memperlambat timbulnya uban

Laporan secara anekdot atau yang berasal dari masyarakat menyebutkan, minyak urang aring memiliki potensi untuk memperlambat atau mencegah terbentuknya uban. Adanya efek menghitamkan pada minyak ini juga membantu rambut terlihat lebih gelap dan tak terlalu putih.

Manfaat minyak urang aring aring untuk kesehatan tubuh

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, minyak urang aring juga mengantongi beragam manfaat lainnya untuk kesehatan, seperti:

1. Memulihkan peradangan kulit

Sifat antiradang pada minyak urang aring juga bermanfaat untuk menangani peradangan kulit. Mengoleskan minyak ini diyakini mampu menangani masalah seperti psoriasis, dermatitis, dan beberapa jenis jerawat.

2. Mengatasi penurunan daya ingat karena Alzheimer

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics mengungkapkan, minyak urang aring yang dikombinasikan dengan ashwagandha meningkatkan aktivitas mitokondria pada hewan percobaan yang menderita Alzheimer.Tentunya, studi lanjutan diperlukan untuk mengonfirmasi khasiat minyak urang aring ini.

3. Menenangkan pikiran

Minyak urang aring mengandung magnesium. Mineral ini dikenal memiliki khasiat untuk menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati.Selain itu, magnesium juga bermanfaat untuk menangani dan mencegah sakit kepala, dan migrain.

Tips penggunaan minyak urang aring

Untuk mendapatkan manfaat minyak urang aring demi kesehatan rambut, Anda bisa langsung mengoleskannya sedikit ke kulit kepala dan lakukan pijatan-pijatan lembut. Gunakan sampo apabila rambut terasa berminyak.
Minyak urang aring dapat langsung dioleskan ke kulit kepala
Minyak urang aring dapat langsung dioleskan ke kulit kepala
Untuk mengatasi rambut beruban, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh minyak urang aring dan 2 sendok teh minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut dan lakukan pijatan lembut. Jangan lupa membilasnya setelah 1 jam. Anda bisa mengulangi tips ini 2-3 kali dalam seminggu.

Adakah risiko penggunaan minyak urang aring?

Laporan efek samping urang aring masih bersifat anekdotal, bahwa urang aring dapat membuat tubuh kedinginan saat mengonsumsinya. Laporan ini ditujukan untuk konsumsi urang aring sebagai tumbuhan, bukan minyaknya.Walau begitu, apabila ingin menggunakan minyak urang aring, Anda disarankan untuk mengolesnya sedikit ke lengan terlebih dahulu. Apabila tidak muncul reaksi setelah 30 menit, maka minyak urang aring tersebut dipastikan aman untuk digunakan.
rambut rontokkesehatan rambutrambut putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/bhringraj-oil
Diakses pada 20 Januari 2020
The Pennsylvania State University. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.9559&rep=rep1&type=pdf
Diakses pada 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait