Mirip Zucchini, Ini Perbedaan dan Manfaat Timun Jepang

(0)
28 Jan 2020|Azelia Trifiana
Timun jepang cukup populer dikonsumsi sebagai salad, tapi juga lezat diolah menjadi sup, jus, atau acarimun jepang sangat cocok dipanen ketika panjangnya sekitar 10 cm alias masih muda
Timun jepang punya nama lain yaitu Kyuri yang 96% kandungannya adalah air. Berbeda dengan timun dari negara-negara lain, timun jepang memiliki bentuk lebih “langsing” dengan tekstur renyah ketika dikonsumsi.Timun jepang sangat cocok dipanen ketika panjangnya sekitar 10 cm alias masih muda. Pada tahap ini, rasa timun jepang tidak pahit, bahkan cenderung lebih manis ketimbang timun lainnya.

Manfaat timun jepang

Ada beberapa manfaat timun jepang untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah:

1. Sumber nutrisi

Timun jepang mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin A, magnesium, fosfor, mangan, dan asam pantotenat. Tak hanya itu, timun jepang juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan potasium sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

2. Anti-peradangan

Di dalam timun jepang, ada kandungan fisetin yang termasuk dalam flavonoid pencegah peradangan. Manfaat utamanya adalah untuk menjaga kesehatan otak, termasuk menjaga daya ingat serta menjaga sel-sel saraf ketika seseorang menua.

3. Mencegah kanker

Kandungan polifenol dalam timun jepang yang disebut lignan dapat mengurangi risiko mengalami kanker payudara, kanker rahim, hingga kanker prostat. Tentunya, dengan diiringi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

4. Meredakan stres

Dalam timun jepang, ada banyak vitamin B seperti B1, B5, dan B7. Vitamin B dikenal memiliki khasiat menghilangkan rasa cemas berlebih dan melindungi tubuh dari kerusakan yang mungkin timbul ketika seseorang mengalami stres. 

5. Bagus untuk diet

Bagi yang sedang menjalani diet atau sekadar menjaga berat badan, timun jepang bisa menjadi pilihan yang tepat. Timun jepang sangat rendah kalori namun bisa mengenyangkan karena kandungan airnya yang tinggi. Tak hanya itu, timun jepang termasuk dalam serat larut air (soluble fiber) yang bisa membantu mengurangi lemak perut.

Perbedaan timun jepang dan zucchini

Sepintas, bentuk timun jepang sangat mirip dengan zucchini meskipun keduanya berbeda. Perbedaan ini akan terlihat apabila Anda menyentuhnya secara langsung.Beberapa perbedaannya adalah:
  • Timun jepang memiliki tekstur timbul dan dingin saat disentuh, sementara zucchini tidak rata dan cenderung kering
  • Timun jepang termasuk dalam Gourd sementara zucchini dari Cucuribita
  • Dilihat dari tanamannya, akar dari timun jepang bisa naik ke bidang di permukaan tanah sementara zucchini tidak
  • Bunga dari timun jepang tidak bisa dimakan sementara bunga dari zucchini bisa dikonsumsi
  • Timun jepang biasanya diklasifikasikan dalam buah sementara zucchini sayur
  • Timun jepang saat dimasak akan menjadi layu namun teksturnya tetap padat, sementara zucchini bila dimasak akan berubah warna menjadi kecokelatan
  • Rasa timun jepang adalah dingin, renyah, dan banyak air. Sementara zucchini terasa manis dan sedikit pahit di saat bersamaan.
Ketika membeli timun jepang, pilihlah yang tidak terlalu lembek dan kulitnya masih mengkilap. Hindari membeli timun jepang yang sudah memiliki bintik cokelat atau teriris sebelumnya karena itu mengindikasikan timun jepang sudah terlalu matang dan mudah membusuk.Untuk menyimpannya ketika belum diolah, letakkan di lemari pendingin dan pastikan tetap kering. Idealnya, timun jepang segera dikonsumsi setelah dipanen. Timun jepang cukup populer dikonsumsi sebagai salad, tapi juga lezat diolah menjadi sup, jus, atau acar.
makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran
Kikusumi Magazine. https://kikusumimagazine.com/japanese-cucumber/
Diakses 20 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber
Diakses 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait