MPASI Telur Puyuh, Ketahui Segudang Manfaatnya untuk Si Kecil dan Tips Aman Memberikannya


MPASI telur puyuh terbukti bermanfaat untuk kecerdasan bayi. Namun, memberikan telur puyuh untuk makanan bayi harus hati-hati karena kadar kolesterolnya tinggi.

(0)
MPASI telur puyuh berguna untuk kecerdasan bayiMPASI telur puyuh bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan bayi
MPASI telur puyuh bermanfaat untuk mendukung proses tumbuh kembang Si Kecil. Sebab, telur puyuh terbukti kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh buah hati Anda.Terlebih sebagai makanan pertama bayi, bentuk telur yang mungil pun sesuai dengan ukuran mulut bayi yang juga sama kecil. Oleh karena itu, risiko bayi tersedak bisa dikurangi.Lantas, apa saja nutrisi yang ada pada telur puyuh?

Kandungan nutrisi telur puyuh

Dalam 1 butir telur puyuh mentah, ada kalori sebesar 59,7 kkal.Selain itu, inilah nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan MPASI telur untuk bayi 6 bulan:
  • Protein: 1,18 gram
  • Lemak: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 0,037 gram
  • Kalsium: 5,67 mg
  • Zat besi: 0,3 mg
  • Magnesium: 1,17 mg
  • Fosfor: 20,3 mg
  • Kalium: 11,9 mg
  • Natrium: 12,7 mg
  • Selenium: 2,88 mcg
  • Zinc: 0,312 mg
  • Kolin: 23,7 mg
  • Vitamin A: 14 mcg
  • Folat: 5,94 mcg
  • Vitamin B12: 0,142 mg
Selain itu, telur puyuh juga mengandung multivitamin B kompleks, beta-karoten, vitamin D, vitamin K, dan vitamin E.

Manfaat MPASI telur puyuh untuk bayi

Karena kaya akan beragam nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, telur puyuh pun membawa segudang manfaat, seperti:

1. Mendukung perkembangan kognitif

Telur puyuh kaya akan kolin untuk menjaga fungsi kecerdasan
MPASI telur puyuh kaya akan kandungan kolin. Terbukti, dari riset terbitan Nutrients memaparkan, kolin berguna untuk menjaga fungsi saraf otak dan menjaga fungsi kognitif bayi.Selain itu, penelitian ini menemukan kolin pada MPASI telur puyuh berguna meningkatkan daya ingat dan pembelajaran kelak ia dewasa nanti.Kolin juga berguna untuk menjaga koordinasi antara saraf dan otot.

2. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A pada MPASI telur puyuh berguna untuk menjaga kesehatan mata
Anda bisa membantu bayi mendapatkan asupan vitamin A dari memberikan telur puyuh sebagai makanannya.Vitamin A bekerja menjaga jaringan pelindung mata agar tetap lembap sehingga lebih terlindungi dari risiko infeksi. Oleh karena itu, vitamin A mampu mencegah beragam penyakit pada kornea mata, seperti kekeringan (xeroftalmia), luka, hingga jaringan parut pada mata, seperti dipaparkan oleh Community Eye Health Journal.Vitamin A juga terbukti mampu mencegah gangguan penglihatan, seperti rabun senja saat si Kecil besar nanti.WHO pun menganjurkan asupan vitamin A pada bayi usia 5 hingga 59 bulan.

3. Mengurangi risiko anemia

MPASI telur kurangi risiko anemia karena tinggi zat besi
Zat besi pada MPASI telur puyuh berguna untuk memproduksi hemoglobin pada sel darah merah. Fungsi yang sama pun juga didapatkan pada kandungan zinc. Hal ini sempat dipaparkan oleh penelitian dari Therapeutic Apheresis and Dialysis.Manfaat telur puyuh untuk bayi juga tidak lepas dari kandungan folatnya. Penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information memaparkan, folat berfungsi agar sel darah merah lebih cepat matang.Apabila tubuh kekurangan hemoglobin serta tidak cukup mendapatkan asupan zat besi, folat, dan zinc, bayi dapat berisiko mengalami anemia.

4. Menambah energi

MPASI kaya akan selenium dan fosfor untuk menyediakan energi
Manfaat telur puyuh untuk bayi yang jarang diketahui adalah untuk menambah energi. Pasalnya, telur puyuh kaya akan selenium.Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, per satu butir telur puyuh dalam menu MPASI, ibu bisa memenuhi keperluan asupan selenium harian bayi sebesar 28,8 persen. Riset dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences memaparkan, selenium berguna untuk mengubah nutrisi yang ada pada makanan ke dalam bentuk energi. Selain itu, selenium juga membantu proses metabolisme tiroid, dan melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas.MPASI telur puyuh juga tinggi kandungan fosfor yang membantu mengendalikan pengeluaran energi. Penelitian terbitan Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations menemukan, fosfor membantu membakar kalori dalam tubuh. Namun di sisi lain, fosfor juga membantu tubuh memproduksi molekul adenosine triphosphate (ATP).Molekul ini yang menjaga pasokan energi tubuh tetap seimbang dan tidak cepat habis dipakai.

5. Menjaga sistem saraf

Vitamin B12 pada MPASI telur puyuh bantu jaga saraf bayi
Selain kaya akan vitamin A, MPASI telur puyuh juga kaya akan vitamin B12. Bahkan, konsumsi satu telur puyuh mampu memenuhi 9% dari asupan vitamin B12 harian pada bayi.Terbukti, penelitian yang diterbitkan The Lancet Neurology menyampaikan, vitamin B12 maupun folat penting untuk menjaga sistem saraf pusat.Apabila kekurangan vitamin B12, hal ini akan berdampak pada bayi mengalami kejang, otot melemah, lesu, hingga kepala lebih kecil dari ukuran normal (mikrosefalus). Ini pun dipaparkan pada riset dari American Journal of Hematology.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Telur puyuh mampu mengurangi radikal bebas pada tubuh
MPASI Telur puyuh terbukti bekerja sebagai antioksidan dan antiradang. Terbukti, temuan dari Food Science & Nutrition memaparkan bahwa telur puyuh mampu mengurangi radikal bebas pada tubuh.Hal ini berguna untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif. Oleh karena itu, manfaat telur puyuh untuk bayi adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips memberikan MPASI telur puyuh untuk bayi

Batasi asupan MPASI telur puyuh sebanyak 2 hingga 3 butir sehari
Memang, pemberian MPASI telur terbukti bermanfaat untuk kesehatan bayi. Lantas, amankah telur puyuh untuk bayi 6 bulan?Jawabannya, aman asal jumlahnya dibatasi. Perlu diingat, telur puyuh cukup tinggi kolesterol. Dalam satu butirnya bisa mengandung sampai 76 mg kolesterol dan tekstur dari makanannya disesuaikan dengan usia bayi.Banyak anggapan muncul jika kolesterol tidak begitu berdampak pada kesehatan bayi. Namun, tingginya kadar kolesterol sejak dini dapat berisiko meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan stroke ketika dewasa nanti.Maka itu, batasi porsi hariannya. Penelitian dari National Center for Biotechnology Information menganjurkan, bayi hanya boleh mengonsumsi 2-3 butir telur puyuh dalam sehari agar asupan asupan kolesterol hariannya tidak melebihi dari 300 mg.

Resep MPASI telur puyuh

Olahan MPASI telur puyuh baik untuk bayi 6 bulan ke atas
Jika Anda ingin bayi mendapatkan khasiat telur puyuh dengan optimal, pengolahannya pun harus tepat. Hal ini untuk menghindari rusaknya kandungan nutrisi yang bermanfaat.Salah satu inspirasi resep MPASI telur puyuh yang akan menggugah selera Si Kecil adalah kari telur puyuh. Inilah resepnya kari telur puyuh.Siapkan bahan-bahannya:
  • 2-3 butir Telur puyuh
  • 1 Bawang bombay kecil
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • Sejumput ketumbar
  • Sejumput jintan
  • Sejumput bubuk kari
  • 355 ml santan
Ikuti langkah-langkahnya:
  • Rebus telur puyuh hingga air mendidih.
  • Pindahkan telur ke dalam air es, lalu kupas dan belah telur.
  • Cincang bawang putih dan bawang, lalu tumis hingga lembut dan harum dengan minyak kelapa.
  • Tambahkan sejumput ketumbar, jintan, dan bubuk kari.
  • Tuang santan, lalu masukkan telur puyuh rebus.
  • Didihkan santan dengan api kecil selama beberapa menit.
  • Sesuaikan tekstur sesuai umur anak. Kalau masih 6 bulan pastikan teksturnya lunak bisa dengan diblender. 
  • Sajikan dengan bubur atau nasi.

Catatan dari SehatQ

MPASI telur puyuh membawa segudang manfaat untuk bayi. Kandungannya pun berguna untuk membantu tumbuh kembangnya. Bahkan, telur puyuh pun berguna untuk mencegah risiko penyakit tertentu.Namun, pastikan porsinya tetap dibatasi agar manfaat telur puyuh untuk bayi bisa diperoleh dengan maksimal.Sebelum mulai memberikan MPASI baru atau makanan padat lainnya, sebaiknya konsultasikan dulu secara online dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Dokter dapat memberikan saran maupun rujukan terbaik tentang bagaimana cara memulai MPASI untuk bayi.Kunjungi juga Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait kebutuhan MPASI untuk bayi di rumah.
bayi & menyusuitumbuh kembang bayimpasiresep mpasimakanan bayi
United States Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172191/nutrients Diakses pada 19 Januari 2021Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6566660/ Diakses pada 19 Januari 2021Scientific Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4536529/ Diakses pada 19 Januari 2021Community Eye Health Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3936686/ Diakses pada 19 Januari 2021Community Eye Health Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3936685/ Diakses pada 19 Januari 2021World Health Organization. http://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/44664/9789241501767_eng.pdf?sequence=1 Diakses pada 19 Januari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034 Diakses pada 19 Januari 2021National Center for Biotechnology Information/ https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK554487/ Diakses pada 19 Januari 2021Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf Diakses pada 19 Januari 2021Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27731835/ Diakses pada 19 Januari 2021Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK310/ Diakses pada 19 Januari 2021The Lancet Neurology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17052662/ Diakses pada 19 Januari 2021American Journal of Hematology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1692663/ Diakses pada 19 Januari 2021Food Science & Nutrition. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/fsn3.397 Diakses pada 19 Januari 2021Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/cholesterol.html Diakses pada 19 Januari 2021National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK395582/ Diakses pada 19 Januari 2021Solid Starts. https://solidstarts.com/foods/quail-egg/ Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait