Mulut Bau Bawang Dapat Diatasi dengan 11 Cara Ini

0,0
08 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mulut bau bawang dapat mengganggu penampilan dan turunkan rasa percaya diri.Mulut bau bawang? Jangan khawatir! Ada banyak cara menghilangkannya dengan mudah di rumah.
Bawang merah, putih, hingga bombay merupakan bahan masakan yang sering digunakan. Namun, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, terutama saat mentah, bau bawang yang kurang sedap dapat muncul dan berpotensi mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Kenali berbagai cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

Cara menghilangkan bau bawang yang mudah dilakukan

Bau bawang dapat mengurangi rasa percaya diri Anda
Bau bawang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan percaya diri
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bau bawang dapat bertahan lama di mulut? Sayuran ini mengandung senyawa kimia seperti sulfur yang dapat bertahan selama berjam-jam atau bahkan seharian.Untungnya, ada banyak solusi rumahan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau bawang di mulut. Apa saja?

1. Minum air putih

Minum air putih setelah makan dapat membersihkan sisa-sisa bawang dari lidah dan sela-sela gigi. Tidak hanya itu, air putih juga bisa merangsang produksi air liur di dalam mulut sehingga bakteri penyebab bau mulut dapat dihilangkan.

2. Menyikat gigi

Sebagian besar bakteri penyebab bau mulut dapat bertahan di bawah gusi dan membentuk plak di gigi. Oleh karena itu, sikatlah gigi Anda setelah mengonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti bawang. Dengan begitu, bakteri penyebab bau mulut dan sisa-sisa bawang yang menempel di mulut dapat dihilangkan.Jangan lupa juga untuk menyikat langit-langit mulut dan juga lidah karena sisa makanan bisa terperangkap di sana.

3. Bilas mulut dengan obat kumur

Setelah menyikat gigi sampai bersih, jangan lupa untuk membilas mulut dengan obat kumur. Kalau bisa, carilah obat kumur yang mengandung peppermint karena bahan ini dipercaya dapat menghilangkan bau bawang di mulut.Selain itu, sebuah studi juga membuktikan bahwa berkumur dengan obat kumur yang mengandung klorin dioksida efektif dalam membasmi plak, bakteri dan sisa makanan.

4. Konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah segar setelah makan dapat menghilangkan bau tak sedap seperti bau bawang. Para ahli juga sudah membuktikan, mengonsumsi apel atau selada mentah yang sudah dibersihkan dapat menghilangkan bau bawang secara signifikan.

5. Mengunyah daun herbal

Berbagai daun herbal dinilai ampuh dalam menghilangkan bau bawang di mulut. Contohnya, daun peterseli yang sudah digunakan sejak dahulu untuk menghilangkan bau bawang di mulut. Daun ini dianggap mampu membersihkan langit-langit mulut.Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba daun mint yang sudah terbukti dapat mengurangi bau bawang secara signifikan.

6. Minyak atsiri

Beberapa minyak atsiri, seperti peppermint, myrrh, eucalyptol, hingga rosemary, dinilai ampuh dalam menghilangkan bau mulut. Tidak heran kalau beberapa obat kumur mengandung salah satu di antaranya.Untuk mencobanya di rumah, campurkan satu sendok teh carrier oil (bisa minyak kelapa atau zaitun) dengan satu tetes minyak atsiri lalu berkumurlah. Pastikan minyak atsiri yang digunakan adalah food-grade atau dapat dikonsumsi.Cara ini dipercaya dapat menghilangkan sisa makanan, bakteri, sekaligus bau bawang pada mulut.

7. Cuka apel

Beberapa orang melaporkan bahwa meminum campuran air putih dan satu sendok makan cuka apel sebelum atau sesudah makan dapat menghilangkan bau bawang pada mulut.Namun, metode ini belum disetujui dari sisi medis. Maka dari itu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencobanya.

8. Menyeruput teh hijau

Menyeruput teh hijau setelah makan dapat membantu Anda menghilangkan bau bawang pada mulut. Sebuah penelitian menyatakan, teh hijau lebih efektif dalam mengatasi bau mulut dibandingkan permen karet, daun mint, hingga minyak peterseli. Ditambah lagi, teh ini memiliki manfaat kesehatan untuk mulut.

9. Kunyahlah permen karet

Mengunyah permen karet dengan rasa mint dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, mengunyah permen karet dapat menstimulasi produksi air liur sehingga bakteri dan sisa makanan dapat dibasmi.Menurut American Dental Association, mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

10. Minum susu

Meminum susu setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang dapat mengurangi konsentrasi senyawa sulfur yang sering kali menyebabkan bau mulut. Penelitian membuktikan, susu berlemak tinggi lebih ampuh dalam menghilangkan bau mulut dibandingkan susu tanpa lemak.

11. Minum air perasan lemon

Meskipun rasanya asam, ternyata meminum air perasan lemon dapat menetralisir bau bawang pada mulut. Cobalah untuk menambahkan satu sendok makan air perasan lemon ke dalam air putih.

Catatan dari SehatQ

Meskipun bau bawang dapat mengganggu rasa percaya diri, bawang adalah makanan yang menyehatkan tubuh. Untuk mencegah munculnya bau ini, sebaiknya Anda mengonsumsi bawang sewajarnya sajaJika Anda punya keluhan mengenai kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bau mulutbawang hitambawang putih
Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/321334#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 22 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/get-rid-of-garlic-onion-breath#2.-Brush-and-floss-after-eating-
Diakses pada 22 Desember 2020
Meskipun tooth decay klo d translate artiny kerusakan gigi,tp makna sebenarnya adalah gigi berlubang ya.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait