5 Obat Biduran Alami untuk Kulit Bebas dari Gatal dan Ruam


Biduran atau urtikaria adalah kondisi gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan berbagai obat biduran alami yang diyakini mampu meredakan gejala. Obat alami biduran, seperti lidah buaya, oatmeal, dan minyak kelapa.

0,0
03 Mar 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat biduran alami bermacam-macamGejala biduran membuat kulit menjadi bentol-bentol dan terasa gatal
Biduran atau urtikaria adalah kondisi gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Penyebabnya pun beragam, termasuk obat-obatan, makanan, infeksi, hingga sengatan serangga. Jika Anda mengalami biduran, coba berbagai obat biduran alami ini di rumah.

Obat biduran alami yang ampuh redakan gejala

Biduran muncul saat tubuh bereaksi terhadap alergen (pemicu alergi) dan melepas histamin dari bawah permukaan kulit. Keberadaan histamin menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di bawah kulit. Akhirnya, timbul benjolan berwarna merah yang disebut biduran.Sebelum mencoba berbagai obat biduran resep dokter, Anda dapat menggunakan obat alami biduran di rumah.Namun, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan biduran dengan bahan alami ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda melakukan tes pada kulit terlebih dahulu agar terhindar dari risiko efek samping yang mungkin ditimbulkan. Berikut adalah berbagai obat biduran alami yang bisa digunakan. 

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu obat biduran alami yang sudah lama dikenal. Oatmeal memiliki senyawa antiradang yang diyakini dapat meredakan gejala biduran. Anda cukup memasukkan 1 ½ cangkir oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air dengan suhu normal. Kemudian, gunakan campuran oatmeal ini untuk mandi. Anda bisa mandi oatmeal selama 15 menit. Pastikan tidak menggaruk kulit yang mengalami biduran saat sedang mengeringkan tubuh dengan handuk. Namun, jangan gunakan obat alami biduran ini jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap oatmeal.

2. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya, obat alami dari banyak penyakit
Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat biduran alami. Manfaat lidah buaya berasal dari senyawa antiradang di dalamnya yang mampu meredakan gejala biduran.Sebelum Anda mengoleskan lidah buaya sebagai obat biduran tradisional ke area kulit yang terdampak, pastikan dulu bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya.Oleskan lidah buaya beberapa kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3. Minyak kelapa

Tahukah Anda jika minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat biduran alami? Manfaat minyak kelapa berasal dari kandungan antiradang dan senyawa analgesik di dalamnya. Dengan demikian, dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan gatal yang disebabkan oleh biduran. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada area kulit yang terinfeksi. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih. 

4. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dikenal mengandung antibakteri dan antiradang yang kuat. Kedua kandungan tersebut yang dikenal dapat mengurangi pembengkakan akibat rasa gatal dan ruam yang muncul sebagai gejala biduran. Untuk menggunakannya, pastikan Anda mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan 1 sendok makan minyak pelarut, seperti minyak jojoba. Aduk merata, kemudian panaskan sebentar. Jika sudah cukup hangat, oleskan campuran ini pada area kulit yang mengalami bentol-bentol dan gatal. Lakukan 1-2 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

5. Air dingin

Kompres
Kompres air dingin bisa bantu hilangkan biduran
Mengompres area kulit yang mengalami biduran dengan es atau air dingin dapat membantu meredakan iritasi dan rasa gatal yang timbul. Cara menggunakan obat biduran alami ini, cukup bungkus beberapa buah es batu dalam handuk atau kain bersih. Kemudian, tempatkan pada area kulit yang mengalami gejala biduran. Bungkus es batu dalam handuk atau kain bersih, kemudian kompreskan ke area biduran di kulit. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan ulangi jika masih gatal.

Cara menghilangkan biduran melalui perawatan di rumah

Pakai pakaian longgar sebagai cara menghilangkan biduran
Gunakan pakaian longgar agar kulit bisa bernapas
Selain menggunakan obat biduran alami, Anda juga bisa melakukan berbagai perawatan rumahan, seperti:

1. Gunakan pakaian yang longgar

Menggunakan pakaian yang longgar merupakan salah satu cara menghilangkan biduran yang bisa dilakukan. Penggunaan pakaian yang longgar bisa membuat kulit yang rentan mengalami biduran dapat bernapas sehingga suhu tubuh tetap sejuk. Jika Anda menggunakan pakaian ketat justru dapat membuat kulit semakin terasa gatal, bahkan iritasi, karena kulit tertekan dengan pakaian yang dikenakan. Hindari pakaian yang dapat menyebabkan gatal atau alergi, seperti wol. Sebaliknya, pilih pakaian dari katun yang mampu menyerap keringat.

2. Hindari penyebab biduran muncul

Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab biduran kambuh. Misalnya apakah karena alergi makanan, debu, udara, obat, stres, gigitan serangga, atau produk perawatan kulit tertentu. Dengan demikian, Anda dapat menghindari pemicunya yang dapat menyebabkan biduran.

Kapan harus ke dokter?

Tingkat keparahan biduran setiap orang berbeda-beda. Jika alternatif obat alami biduran tidak dapat menyembuhkan rasa gatal dan ruam merah yang Anda rasakan, maka Anda perlu menemui dokter. Dokter biasanya akan meresepkan obat biduran, seperti antihistamin (fexofenadine, loratadine, cetirizine, dan diphenhydramine), lotion calamine, steroid, dan omalizumab. Anda juga perlu segera menemui dokter apabila mengalami kondisi di bawah ini. 
  • Gejala biduran yang bertahan berhari-hari
  • Gejala biduran yang semakin buruk
  • Ruam perih dan menimbulkan luka
  • Gejala mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Tenggorokan atau wajah membengkak
  • Sulit bernapas
  • Merasa sesak di dada
Masih punya pertanyaan seputar obat biduran? Tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
urtikariabidurankulit dan kecantikanpenyakit kulitmasalah kulit
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/hives-urticaria-angioedema#1
Diakses pada 3 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/157260#causes
Diakses pada 3 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hives#aloe-vera
Diakses pada 3 Maret 2020
Up To Date. https://www.uptodate.com/contents/hives-urticaria-beyond-the-basics#H16
Diakses pada 3 Maret 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-for-hives/#home-remedies-for-hives
Diakses pada 19 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait