Obat Kanker Serviks Alami, Benarkah Ampuh?


Pengobatan utama untuk kanker serviks adalah kemoterapi, radiasi, imunoterapi, atau kombinasi ketiganya. Namun, beberapa orang percaya, bahan herbal seperti kunyit, kunyit putih, hingga biji sirsak dapat menjadi obat alami kanker serviks. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

0,0
obat alami kanker serviksBeberapa bahan herbal diklaim berpotensi jadi obat kanker serviks alami
Pengobatan kanker serviks biasanya melibatkan tindakan medis berupa pembedahan, radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi semuanya. Namun, beberapa orang menyebutkan ada bahan-bahan herbal yang dipercaya dapat menjadi obat kanker serviks alami.
Simak penjelasan lebih lanjut tentang obat tradisional kanker serviks berikut ini, benarkah efektif?

Penggunaan bahan herbal sebagai obat alami kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di leher rahim dan bisa menyebar ke area sekitarnya. Umumnya, kanker ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Serupa dengan jenis kanker lainnya, pengobatan kanker serviks yang utama biasanya menggunakan kemoterapi, radiasi, atau kombinasi.Meski demikian, beberapa orang percaya bahwa ada bahan herbal tradisional yang dapat mengobati kanker serviks secara alami.Berikut ini adalah beberapa obat tradisional kanker serviks yang diklaim mampu mengatasi gejalanya.

1. Biji sirsak

Biji sirsak disebut berpotensi sebagai obat alami kanker serviks berkat sifat antikanker yang dimilikinya. Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak biji sirsak mengandung senyawa annoceous acetogenin yang bisa menghambat dan membunuh sel kanker. 

2. Kunyit

Senyawa antikanker dalam kunyit diklaim berpotensi sebagai obat kanker serviks alami
Senyawa antikanker dalam kunyit diklaim berpotensi sebagai obat kanker serviks alami
Bahan herbal lain yang juga disebut dapat mengobati kanker serviks adalah kunyit. Lagi-lagi, ini karena aktivitas antikanker yang dimiliki kunyit.Manfaat kunyit didapat dari kandungan etanol dan kurkumin yang dapat membunuh sel kanker. 

3. Kunyit putih

Kunyit putih, atau juga dikenal dengan temu putih, merupakan salah satu bahan herbal yang diklaim dapat berpotensi menjadi obat alami kanker serviks. Penelitian menunjukkan bahwa temu putih punya sifat antikanker. Selain itu, temu putih juga diketahui memiliki aktivitas sitotoksik paling kuat terhadap sel kanker dibandingkan dengan mahkota dewa dan buah merah. Senyawa sitotoksik yang mampu menghancurkan sel kanker diketahui berasal dari kandungan minyak atsiri, kurkumin, dan kurkumenon dalam temu putih. 

4. Jintan hitam

Jintan hitam (habbatussauda) juga termasuk golongan rempah yang disebut berguna dalam pengobatan herbal kanker serviks. Dikutip dari jurnal Farmaka, jintan hitam bersifat antikanker karena memiliki kandungan senyawa timokuinon. Senyawa ini diketahui dapat membunuh sel kanker dengan mekanisme apoptosis. 

5. Prangos pabularia

Obat kanker serviks alami lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah Prangos pabularia. Tanaman ini berasal dari India.Ekstrak Prangos pabularia mampu melawan sel kanker dengan aktivitas sitotoksik yang dimilikinya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki aktivitas antioksidan yang mampu melawan stres oksidatif.

6. Jamur shitake

Penyebab kanker serviks adalah infeksi human papilloma virus. Nah, jamur shitake disebut memiliki potensi mengobati infeksi yang disebabkan oleh HPV. Dalam sebuah penelitian terbatas yang dikutip oleh Science News, ekstrak jamur shitake mampu mengurangi jumlah virus HPV pada tubuh wanita yang terinfeksi. Beberapa di antara mereka yang mengonsumsi suplemen jamur shitake bahkan dinyatakan bersih dari infeksi virus ini.Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan dalam skala kecil. Terlebih, penelitian juga terbatas pada infeksi HPV, tidak menjelaskan perkembangannya untuk yang telah menjadi sel kanker.Itu sebabnya, diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan keampuhan jamur shitake sebagai obat alami kanker serviks. 

7. Makanan mengandung polifenol

Makanan mengandung polifenol seperti brokoli disebut dapat mengobati kanker serviks secara alami
Makanan mengandung polifenol seperti brokoli disebut dapat mengobati kanker serviks secara alami
Selain bahan-bahan herbal tradisional, beberapa makanan mengandung polifenol juga disebut dapat mengobati kanker serviks secara alami.Polifenol adalah senyawa kimia alami yang memiliki sifat anti-kanker.Polifenol mampu membuat sel kanker serviks lebih peka terhadap kemoterapi dan terapi radiasi. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi terapi dan mengurangi dosis obat kemoterapi. Dengan begitu, efek samping kemoterapi juga dapat berkurang. Flavonoid adalah salah satu jenis polifenol yang diketahui mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.Beberapa makanan sumber flavonoid yang bisa mendukung pengobatan kanker antara lain:
  • Apel
  • Buah beri
  • Bawang putih
  • Teh hijau
  • Anggur
  • Brokoli
  • Kale keriting
Beberapa penelitian berbagai bahan tradisional di atas memang terlihat seolah menjanjikan untuk obat alami kanker serviks. Sayangnya, skala penelitian yang dilakukan masih terbatas.Perlu penelitian yang lebih besar untuk membuktikan keampuhan dan keamanan bahan herbal ini sebagai pengobatan herbal kanker serviks.Anda sebaiknya tidak menghentikan pengobatan kanker yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini dapat menyebabkan sel kanker tidak tertangani dengan baik.

Bisakah kanker serviks sembuh total?

Badan kesehatan dunia atau WHO menyatakan bahwa kanker serviks termasuk kanker paling umum keempat yang terjadi pada wanita. Pada tahun 2018, diperkirakan 570.000 wanita menderita kanker serviks dan 311.000 wanita meninggal karena penyakit ini.Meskipun banyak kasus kematian akibat penyakit ini, kanker serviks bisa sembuh jika terdeteksi sejak dini dan mendapat perawatan yang menyeluruh dari dokter. Pada kasus kanker serviks stadium lanjut, perawatan paliatif dapat dilakukan untuk memaksimalkan kualitas hidup dan mengurangi gejalanya. Mendapatkan vaksinasi HPV dan melakukan skrining secara rutin dapat membantu mencegah kanker serviks atau bahkan menemukannya dalam tahap paling awal, yakni prakanker.Pengobatan kasus prakanker bisa mencegah sebagian besar kasus kanker serviks.

Catatan dari SehatQ

Sampai saat ini, pengobatan kanker serviks yang terbukti aman dan ampuh adalah pengobatan yang direkomendasikan dokter, seperti kemoterapi, radiasi, imunoterapi, atau gabungan ketiganya.Bahan herbal di atas masih membutuhkan penelitian lebih banyak lagi sampai benar-benar aman dinyatakan sebagai obat alami kanker serviks.Deteksi dini kanker serviks dan pengobatan yang tepat bisa meningkatkan angka kesembuhan.Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin menggunakan obat kanker serviks tradisional sebagai tambahan terapi pengobatan Anda. Jika masih ada pertanyaan seputar keampuhan obat kanker serviks alami, Anda juga bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kankerpenyakit rahimkanker servikskemoterapi
WHO. https://www.who.int/health-topics/cervical-cancer#tab=tab_1
Diakses pada 25 Agustus 2021
Science News. https://www.sciencenews.org/article/mushroom-extract-might-eradicate-hpv-infection
Diakses pada 25 Agustus 2021
Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6274328/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/159821#treatment
Diakses pada 25 Agustus 2021
Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/266261536_Penggunaan_Obat_Herbal_pada_Pasien_Kanker_Serviks
Diakses pada 25 Agustus 2021
Farmaka. http://jurnal.unpad.ac.id/farmaka/article/viewFile/17499/pdf
Diakses pada 25 Agustus 2021
Jurnal Kefarmasian Indonesia. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/jki/article/download/2917/1502
Diakses pada 25 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait